Jenis Lisensi Pilot

Seperti halnya profesi lain, pilot juga mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum lisensi pilot terdiri dari PPL, CPL, ATPL.

PPL (Private Pilot License)
PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar (non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam terbang.

CPL (Commercial Pilot License)
Pemegang lisensi CPL diperkenankan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang (berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru (sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang.

ATPL (Airline Transport Pilot License)
ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang.

Selain lisensi, seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME, IR, dan rating untuk tipe pesawat.

Kualifikasi ME (Multi Engine) diperlukan jika pilot akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda. Kualifikasi IR (Instrument Rating) diperlukan pada penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule). Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan VFR(Visual Flight Rule), pilot bisa mengandalkan gunung, danau, sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya.

Masih ada Type Rating, yaitu kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600) harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng meski seri 737-200.

Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.

Postingan ini didedikasikan untuk pilot dan kru pesawat Adam Air KI-574 yang hilang sejak 1 Januari 2007.

80 responses to “Jenis Lisensi Pilot

  1. ATPL juga ada didunia kedokteran lho, kakak saya kemarin ambil sertifikasi itu biar bisa kerja di rumah sakit. hiks sedih juga, didunia kesehatan bahkan segalanya dikomersilkan, dari obat, proses pendidikannya, hingga dah menjadi dokter pun..

  2. Saya ingin bertanya dimana tempat pendidikan yang bagus untuk memenuhi syarat-syarat menjadi pilot komersial seperti tersebut diatas

    Terima kasih

    • Anda harus sekolah penerbangan terlebih dahulu untuk menjadi pilot. Baru nanti anda akan mendapatkan lisensi, mulai dari yang terendah ke tertinggi secara bertahap sesuai banyaknya jam terbang yang anda peroleh. Sekolah penerbangan Negeri yang bagus contohnya seperti di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Tangerang

  3. Kalo di Indonesia bisa di tanya ke STPI (dulu namanya PLP) di Curug, atau yang swasta di Deraya Flying School dan Alfa Flying Club keduanya di bandara Halim. Sayang saya nggak ada nomor telepon kontaknya.

    Kalo mana yang bagus, saya nggak bisa jawab. Mungkin pertanyaannya bisa diteruskan ke temen temen di indoFlyer.net. Disana banyak penerbang dan peminat dunia penerbangan

  4. apa boleh diterima kalau latihannya dijalankan dg mana flying club sampai capai 200jam dan baru kekelas untuk ground class and sit for CPL exam.Boleh jadi murah.

  5. Kalo di Indonesia, tidak bisa. Musti sit in the class then flight with instructor. Kalo di Malaysia bukannya lebih murah, Moktar?

  6. maksudnya dapatkan PPL lalu keep on logging sampai 200hrs then sit the cpl written exam then attend ground for the atpl.less expenses on accomudation and other living expenses.i was inform that di philippine lebih murah contohnya twin engine-us$180/per hr.

  7. gw, mo masuk skul pnb swasta aja sih kayak deraya or alfa, nah gw mo tau bayangan biayanya, g mana? trus kalo di malaysia dimana ada skulnya?

  8. Kalo yang di Halim. biayanya sekitar USD 100 per jam terbang. Jadi untuk Private lcs butuh sekitar 6000 USD.

    Di malaysia bisa dibaca di Malaysia Flying School (MFS), Elite Flying Club, ESB Flying Club, atau di Sabah Flying Club

  9. Di Malaysia ada 4 flying school.Maksudnya syllbusnya boleh sampai ke peringkat Frozen ATPL.Flying Club ada 14.Flying club hanya boleh ajar sampai PPL sedang flying school sampai dapat CPL/IR on single and twin engine.Ongkosnya lebih kurang RM 180,000.ke F ATPL.Mohon bantuan kalau boleh minta alamat perhubungan sekolah penerbangan di sana sampai CPL/IR on single and twin engine.Ada kawan yang mau latihan di Indonesia.Dengar dengar type rating untuk DHC6 atau F27 murah?Bagaimana B737-200?Kost ATPL di Indonesia berapa?Nampak subjects ATPL disana sama dengan d Malaysia.Thank you.

  10. Berapa ya kost keseluruhan CPL/IR di sekolah Deraya atau Alfah ya? Ada kawan kawan yang minat untuk latihan di Indonesia.Tolong ya!!!

  11. Moktar, maaf tidak bisa kasih informasinya. Tapi bisa coba kontak
    Alfa
    di nomor telp +62-21.8097241
    email info@alfaflyingschool.com
    website Alfa
    Deraya
    di nomor telp +62-21.8093627
    email admderaya@deraya.co.id
    website Deraya

  12. south africa merupakan satu tempat pengajian Pilot dari ppl ke atpl.murah dan lumayan.contoh progress flying school.dan banyak lagi.good luck guys..

  13. Razali:
    Bisa dibagi nggak pengalamannya di South Africa. Berapa training fee nya, living cost nya dan pengalaman lainnya. Disini ada Moktar yang sedang mencari lisensi ATPL.

  14. maaf, saya pengen tanya…
    untuk saat ini classified untuk pilot gmn ya???
    saya pengen ikut taHUN depan
    dan dmn tempat pelatihan yang baik
    truz prospeknya gmn y???
    biayanya juga boleh

  15. Siang mas, saya lg mau cari CPL nih mas, bisa kasih tahu dimana dan syarat2nya? Makasih banyak mas.

  16. Hi, I am living in Indonesia and am trying to find private pilot license training in Jakarta that has instruction available in English. Can you assist?

  17. Pak. . .
    gmana sih persyaratan untuk menjadi pilot??
    apakah lulus sma bisa langsung daftar???
    gmana pendaftaran nya???

    kalo boleh tahu berapa biayanya??

  18. selamat siang mas,

    aq mau tanya dung..
    saya bener2 mau menjdi seorang pilot profesional

    saya ignin sex mnjadi pilot.

    dmna tempat yang menurut mas bagus?
    trus klo deraya flying school bagus g?

    trus persyartan menjadi seorang pilot tu apa mas?
    tlong kirim ke email saya ya mas ..
    sayasangat menanti kabar dari mas.

  19. mas tolong kirim ke email aq ya..

    niit_sanusi@yahoo.com

  20. Halo mas,..
    Mau nanya nich, Selain d malaysia dan Indonesia sekolah Penerbangan yang ada lagi d negara mn?
    Yang paling murah biaya hidupnya, abisnya Aq dari Papua. Makasih sebelumnya informasinya.

  21. Hai,…….
    Nau nanya nich, selain di Indonesia dan malaysia, d negara mn yang ada sekolah penerbangan paling murah dan berkualitas.

    Tolong kirim balik ke mailku y
    Sebelumnya makasih y,……..

  22. Sore boleh tw kbrnya yarlis ngak??
    Skrng dia terbang dimana y??
    Sukses y buat AFS!!
    Turut prihatin jg u/musibahnya. .

  23. mas, apa benar Alfa penerbangan yang di HALIM sudah di groundit?

  24. Wah, kalo berita itu malah baru denger. Tapi belum bisa dikonfirmasi.

  25. saya mau promosi flying school saya yg berada di malaysia tepatnya kota bharu, kelantan.
    kalau ada yg berminat untuk belajar pilot mungkin bisa menghubungi saya

  26. ada ga ya sekolah penerbangan untuk jadi pilot comersial yang murah..??? en kalo ada tolong hubungin saya (021) 7867968
    en kalo bisa di cicil uang sekolahnnya…???

  27. mas indra kalo sekolah pilot biayannya bisadi cicil ga ya….????

  28. Mas Indra, bagus loh informasinya, kalau boleh saya ikut sharing yaaa…Saat ini kebutuhan penerbang diseluruh dunia sangat tinggi, dari data yang disampaikan IATA, kebutuhan pilot dalam 20 tahun kedepan mencapai 26000 pilot per tahunnya. Sedangkan asia tenggara sendiri membutuhkan lebih kurang 1600an pilot pertahunnya. Jadi memeang profesi pilot dalam kurun (katakanlah) 10 tahun kedepan masih sangat menjanjikan.

  29. Sedikit Info buat teman teman yang berminat memilih profesi Pilot sebagai karir, Deraya flying school dan ALFA masih beroperasi kok, biayanya relatif murah untuk ukuran harga bensin saat ini yaaa…berkisar antara 44,000 s/s 45,000 USD untuk CPL/ME/IR….namun ada juga siswa siswa penerbang yang memilih untuk menyelesaikan hanya sampai CPL atau istilahnya CPL gundul, lalu menyerahkan ME dan IR nya untuk dibiayai oleh perusahaan penerbang yang mau memperkerjakannya…lumayan tuh bisa hemat.

  30. Yang jadi permasalahan dalam penerbangan di indonesia adalah kurangnya tenaga pengajar (instruktur) terbang. Karena semua penerbang lebih memilih berkarir di Airlines dengan penghasilan yang jauh lebih baik. Menjadikan proses belajar mengajar menjadi molor dan kelamaan…karena si sekolah ybs terus terusan ditinggal tenaga pengajarnya yang bergabung dengan airline tadi….

  31. Cyclone, terimakasih informasi dan datadatanya. Berarti pasar pilot masih terbuka luas.

  32. mas kl mo cari cpl mahal ga?

  33. pa kira2 berapa lama untuk mendapatkan ATPL?

  34. mas tolong bantuiin,buat cari dana sekolah pilot,please sekali lg ya mas

  35. Mas klo sekolah pilot di luar negri yg murah di mana??? apa nama skulx??
    balas ke e-mail ya,,aku tunggu lho….
    Dienz_r@yahoo.com

  36. halo salam kenal. Tulisannya bagus. Informatif.

    admin, http://www.ilmuterbang.com

  37. mas.,.,.
    tolong kasi tau saya mas ..,.
    syarat-syarat menjadi pilot itu sebenarnya apa-apa aja?
    tlng bls ya mas.,
    balasnya ke halaman ini aja biar semua yang baca jadi tau mas..,.,.,thanks

  38. DaFtar sekolah penerbang/pilot baru di indonesia >>>
    1. Merpati Pilot school, home base Juanda Airport Surabaya, Pesawat C-172 sebanyak 5 unit jumlah siswa 20 per-angkatan. info lebih lanjut kantor pusat Merpati kemayoran lantai 11.

    2.Aviation Academy, home base Selaparang Airport Lombok. Pesawat Liberty – 22 sebanyak 2 unit, Cirrus 2 unit. info lebih lanjut dateng aja ke Terminal building lantai 2 Halim Airport.

    3. Susi flying school , home base Nusa Wiru Airport, Pangandaran, Ciamis Pesawat DA-40 ( single engine ) dan DA -42 ( ME ) info lebih lanjut dateng aja ke Halim Terminal Building Lantai 2

  39. Saya ingin menginformasikan…untuk menjadi seorang penerbang di Indonesia dalam artian yang gratis atau dibiayai airline biasanya akan ketat dalam perekrutannya…(lebih susah)

    Sedangkan untuk perekrutan di sekolah penerbang yang bayar,biasanya persyaratan tidak ribet… yang diutamakan adalah

    1.)biaya sekolah.
    2.) Bahasa inggris & Kalkulasi matematik yg bgs
    serta medical check yg diadakan Dephub.

    3.)Tidak takutnya siswa akan ketinggian serta tanggapnya siswa menangani masalah yang diberikan instruktur (alt test) itupun bila persyaratan diatas telah dipenuhi.

    Untuk biaya di deraya Flying school sekarang 1 jam terbang 120$..biasanya sampai CPL
    255 jam terbang 255 x 120 $..???? itupun blum termasuk ground school jadi hanya cost jam terbang kita saja…..
    Yang menjadi masalah sekolah pilot di indo..

    1)lebih banyak siswa yang belajar drpd pesawat latih dan instrukturnya.jadi siswa akan menempuh waktu yang lama untuk bisa solo flight ataupun cross country.

    2.) karena banyaknya pesawat VIP or VVIP di Halim P,kadang2 ada pembatasan terbang atau mengantri untuk take off dan landing…Halim
    ATC ussually said goverment runway flight rules

    Sebagai tambahan…sekolah di PLP curug skarang STPI curugpun tidak Gratis…walaupun memang lebih murah dari sekolah pilot swasta..

  40. Kalo yg gratis ya di yogya, sekbang au atau penerbad di semarang, AL di juanda atau Polri Pd Cabe.

  41. denger2 sekarang sekolah penerbang pada naik semua….mulai dollar yang naek & harga avgas juga naek. fffiiiuuhh!!

  42. saya mau tanya, diman asaya bisa sekolah penerbangan, yang swasta juga gak masalah, apa syarat2 nya, dan brapa biaya yg perlu di keluarkan…..
    tolong ya,,,,

  43. tolong di jawab donk…dimana saya bisa sekolah pilot? dan brapa biaya yang di keluarkan…
    saya sudah pengen buat sekolah pilot. balas ke alamat email saya aja: wawantraivi@yahoo.com
    yolong ya,,,,,,,,,,,,,

  44. MERPATI PILOT SCHOOL sudah dapat operated 13 mei ini …
    di harapkan bagi teman2 yang mau join dengan MPS di persilahkan menhubungi MERPATI TRAINING CENTER di jakarta atau di surabaya..
    keuntungan MPS :
    1.FASILITAS yang memadai
    2.WAKTU training yang cepat
    3.INSTRUKTUR yang berpengalaman

    thanks
    -shane_

  45. hi mas…..qu mw nanya nih…syarat menjadi s’org pilot ap ya mas?
    krn sy pingnn s’kli u menjadi seorg pilot.

    apakah lulus SMA bs langsung melanjutkan k school penerbngn atw tdk?…(a_a)

    dan dmn tempat yg bagus, utuk sekolah penerbangan?
    dlm negri dmn? luar negri dmn?…
    balasnya di alat email ni y : (^_^)
    fr3d_93@yahoo.com

    thanks b’ 4 ….

  46. brapa batasan umur klu mau msk jd pnerbang….???apa aja syratx…??

  47. Mas…..
    Sekolah Pilot Swasta yang bagus Di Luar negeri apa aja????

  48. Mas Aku Ingin Menjadi Pilot
    Ajarin Aku Donk ..
    Di emailku agung_cornelius@yahoo.com
    Plizzz ni cita2 Ku

  49. mau nanya nie ??????????????? sekolah penerbangan yang bagus (sederajat sma) itu di mana sie dan sekolahnya di mana ?????????? mohon di jawab

  50. saya mau tanya prospek pilot bagi yg berumur 42 , saya sudah menyelesaikan ppl tahun 96 jam terbang 226 pada waktu itu saya juga tinggal cek cpl tapi tidak saya lakukan karena krismon, kalau bisa sama biaya u/ cpl + ir kalau bisa e mail ke saya, thx.

  51. saya…ingin sekali masuk sekolah penerbangan..kalo boleh tw flying school d indonesia yg bagus..itu dimana yya…

  52. Sekedar informasi tentang dunia penerbangan:

    1. Saat ini untuk dapat diterima di airlines posisi co-pilot/first officer harus dibawah 30 tahun untuk Garuda, sedangkan untuk airlines swasta lebih 4o tahun juga masih bisa diterima yang penting memenuhi syarat kecakapan dan kesehatan.

    2. Untuk yang berminat sekolah penerbang ada beberapa sekolah yang ada Indonesia: Halim – Deraya & Alfa Flying School di Halim, Curug – STPI(negeri), Aeroflyer, Nusa Flying International, Bali -Bali International Flying Academy(BIFA)

    3. Dan yang di luar negeri ada banyak lagi

    4. Harga masing-masing flying school cukup beragam.

    5. Dalam mencari informasi jangan hanya menanyakan masalah harga, tapi tanyakan item apa saja yang mencakup dalam biaya dan berapa lama pendidikannya. Jangan sampai ditengah jalan ada biaya2 lain yang muncul dan diluar perhitungan awal, terutama bagi yang di luar negeri. Bagi yang di dalam negeri coba tanyakan lama pendidikan dan coba cari informasi tersebut dari siswa2 yang ada, jadi pilihannya murah tapi lama atau agak mahal tapi lebih cepat. Hal ini penting karena penerbang menyangkut momen yang tepat dan tidak ketinggalan kesempatan.

    6. Bagi yang akan sekolah di luar negeri ada baiknya menanyakan kurikulum dan kwalitas sekolah tersebut ke DSKU, jangan sampai anda sekolah dengan biaya mahal dan ketika kembali dan harus endorse ternyata banyak yang tidak di akui, sehingga anda harus menambah biaya kursus lagi di Indonesia supaya licence anda bisa diakui.

    Terakhir yang paling penting, keinginan menjadi penerbang adalah karena kita ingin menjadi penerbang, bukan karena gengsi atau disuruh orang tua.

    Good luck and “Ready for Take Off”

  53. Anto, terimakasih infonya yang sangat detil.

  54. Apa bener panjang kaki harus min.100cm buat cowo sbg syarat jd pilot?

  55. Bisakah saya bergabung di sekolah pilot yang anda miliki.Berapa besar biaya yang harus saya keluarkan.saya mempunyai keinginan mengemudikan pesawat publik.Jikalau saya bisa bergabung,anda bisa telpon no saya & ini no saya 081260642402

  56. ingin sekali saya sekolah pilot mas
    tolong ya mas hubungi saya kalau ada kabar
    ini no saya mas 081260642402
    terima kasih mas

  57. Mohon info,
    Sekolah pilot di Filipina ” Aviatour Flying School”, apakah diakui di Indonesia ? Sebab kok relatif murah …USD 33.000 !! , termasuk asrama.

  58. kalau sekolah pilot di surabaya itu dimana saja ya?
    kalau tau tolong e-mail ke gunadi_l@yahoo.co.id

  59. kalau sekolah pilot di surabaya itu dimana saja ya??
    kalau tau tolong e-mail ke gunadi_l@yahoo.co.id

  60. terlambatkan saya yg berumur 32 tahun untuk menjadi seorang pilot….????

    please advise…………

  61. mas kalau nusa flying internasional itu yg dibali alamat nya dimana ya?
    kirim email aku ya

  62. Klo di sby sih denger” merpati flying school ato apa gtu di juanda
    Untuk biayanya merpati flying school kira” brapa yaa?
    Thanks

  63. Klo di sby sih denger” merpati flying school ato apa gtu di juanda
    Untuk biayanya merpati flying school kira” brapa yaa?
    Setelah lulus bisa pindah ke garuda ga?
    Thanks

    • Menurut saya, jika anda sekolah di sekolah penerbangan swasta biaya yang anda butuhkan tidak sedikit. Lebih baik anda sekolah di sekolah penerbangan Negeri, seperti di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Tangerang.
      Biasanya sekolah penerbangan Negeri bekerja sama dengan maskapai penerbangan di Indonesia, jadi akan lebih terjamin.

  64. halo Mas…saya mau melanjutkan sekolah saya untuk menjadi PIlot. saya berasla dari Papua.
    tpi saya msh bingung untuk msuk dmn. Untuk sekolah penerbangan di Indonesia sendiri antara Deraya, Alfa, n STPI Curug mn yg bgus dan bisa langsung mendapatkan CPL/IR dgn harga murah???
    harap info baliknya mas!
    ke emailku fr3d_93@yahoo.com
    atu k No.HPku 0857-9623-4493
    trimakasih…banyak Mas! bantuan mas sangat berarti untuk masa depan saya Nanti 🙂

  65. Bagus yang mana…. agar cepat menjadi pilot?

    Terima Kasih

  66. Bagus yang mana…. agar cepat menjadi pilot?
    cita-cita saya ingin menjadi pilot!

    Terima Kasih

  67. saya sangat ingin sekali jadi pilot, apakah umur saya 36 thn bisa menjadi pilot?dan sekolah pilot yang murah dimana ya..? saya selama ini belajar pilot menggunakan Flight simulator di komputer, jadi setidaknya saya sudah mengerti basic take off dan landing pesawat. saya selama ini mencari beasiswa agar cita-2 saya terwujud..

    ditunggu kabar + saran..

    Albert – 0815.1988.3838

  68. Saya punya 2 cita2 di waktu kecil, saya ingin menjadi pilot atau kapten kapal. Ketika tamat SMU saya dulu bingung ketika harus memutuskan untuk menjadi pilot atau pelaut, antara sekolah di STPI curug atau STIP marunda/PIP semarang yg mana satu atap dibawah dept.perhubungan. Akhirnya saya memilih sekolah di PIP semarang dan menjadi seorang perwira pelayaran hingga sekarang, berlayar dibawah bendera Belanda. Umur saya 24 tahun sekarang saya menikmati pekerjaan saya terbang ke kapal membawanya menjelajahi luas dunia n menjamahi kota2 indahnya. Saya bekerja dg durasi 3 bulan dan 2 bulan liburan dirumah dg gaji pertama waktu saya baru lulus dan menjabat sebagai junior officer adalah 3000 Euro/month atau skitar 46 juta. Tanpa mengesampingkan rasa syukur atas rahmat nikmat yg saya peroleh terkadang masih saja terbesit difikiran saya untuk meraih cita2 kecil saya yg satunya..menjadi seorang pilot. Untuk pilot licence bisakah saya gunakan di luar negri seperti nautical licence yg saya miliki sekarang ini??.. Lalu berapa gaji rata2 seseorang yg baru lulus dr sekolah penerbangan..?? Lalu jabatan apa yg pertama disandangnya di pesawat mengingat di kapal ada kapten,chief officer, 2nd officer, 3rd officer untuk bernavigasi. Berapa lama waktu yg harus di tempuh untuk bs dapat comercial pilot licence mulai dr nol dan berapakah biaya akademik n prakteknya??.. Dan berapa lama dia harus pergi dari rumah dalam masa tugasnya??..Trimaksih dan mohon petunjuknya.

  69. Saya ingin sekali jadi pilot… Umur saya 33 thn. Apakah sekolah pilot bs disambi kerja. Btw biayanya yg cukup mahal. Untung2 Ada yg sponsorin… Skr sih sy kerja di perusahan penerbangan charter. Sy sbg FOO. Tlg diberi info Dan sarannya ke email sy achi_aviastar@ymail.com. Trima ksh

  70. kalau mau masuk pilot. apa harus jurusan IPA ya.
    apakah IPS bisa ?

  71. saya ingin mendaftar lisensi mek pesawat terbang, bagaimana caranya dan biayanya serta contoh lisensi yang resmi…. Tks

  72. nice info mas.. 🙂
    Sy lulus sma tahun ini, dan brncna melanjutkan ke stpi curug jurusan pnerbang,tp trhalang biaya yg mahal. Kemampuan org tua sy d bwh 100 jt hingga lulus, sy dgr2 di stpi biaya hingga lulus tdk lebih dari 60 jt? dan ap bila ada beasiswa di swasta, bagaimana caranya?
    Mohon penjelasannya mas d email : yogaramadhani38@yahoo.co.id

  73. Ping-balik: Ingin jadi Pilot di Airline Ternama? Ini Caranya | Time to Have Fun

Tinggalkan Balasan ke rahman al farisyi Batalkan balasan