Mainan Untuk Anak 2 Tahun

Umur 2 tahun merupakan masa tarik-menarik bagi balita, antara kebutuhannya untuk mandiri (independen) dan keinginannya untuk tetap dibantu. Pada masa ini imajinasinya sudah mulai nampak. Dengan memberikan mainan yang tepat orang tua dapat membantunya untuk mengembangkan kemampuan fisik, emosi dan imajinasinya.

Berikut beberapa jenis mainan yang dapat dipilih untuk anak usia 2 tahun:

Sepeda
Anak seumuran 2 tahun masih senang bermain dengan sepeda sepedaan seperti trike (sepeda roda tiga) atau sepeda roda empat. Memainkan pedalnya (baik dikayuh sendiri ataupun di dorong) masih cukup mengasikkan bagi mereka.

Bola
Bola merupakan mainan kesukaan semua anak. Pada usia ini mereka mulai bisa menendang melempar bahkan menangkap bola. Kenalkan mereka permainan seperti sepakbola atau bolabasket dengan membuat miniaturnya dirumah.

Menggambar
Seiring dengan berkembangnya imajinasi, menggambar semakin menjadi favorit pada anak usia ini. Beberapa anak sudah bisa membuat bentuk geometri, menulis huruf dan angka. Pada usia ini mereka mulai kenal dengan warna dan bentuk, bantulah mereka untuk belajar menulis dan menggambar lebih baik dengan membuatkan dotted-letter dan kertas mewarnai.

Tabuhan
Anak anak mulai suka menyanyi, menari, tepuk tangan, berputar (layaknya balet) bahkan berteriak dengan iringan musik atau suara. Mereka akan bereksperimen dengan memukul semua benda yang ada disekitarnya, jadi jangan heran jika mereka suka memukul piring atau mangkok ketika makan. Lebih baik jika orang tua menyediakan miniatur band misalnya gitar, drum, suling, kencreng sambil mengenalkan mereka aneka alat musik.

Berdandan
Anak usia ini mulai suka gonta ganti baju. Apalagi mereke sudah bisa menjangkau pakaiannya di lemari. Atau mereka mulai pilih pilih pakaian sebelum memakainya. Ada kalanya mereka mempunyai baju favorit yang hanya boleh di pakai-cuci dan pakai lagi. Beberapa anak perempuan mulai suka ikutan ibunya didepan cermin, sambil menyakan untuk apa itu. Bahkan sekali kali meminjam alat rias untuk sekedar pengin merasakan.

Memasak
Beberapa anak perempuan mulai suka ikutan memasak bersama ibunya didapur. Sekedar menjadi penonton atau ikutan mengaduk aduk adonan kue. Bagi mereka, memasak merupakan permainan yang mengasikkan. Orang tua dapat menyediakan mainan memasak mini lengkap dengan kompor, panci, piring, gelas dan sendok agar mereka juga berimajinasi dengan dapur mereka sendiri.

Lego
Lego masih tetap mainan favorit anak. Dengan lego mereka bisa memainkan imajinasinya untuk membuat bis, mobil, rumah atau apapun yang mereka inginkan. Setelah jadi pun, mereka masih akan memainkannya lagi lengkap dengan efek suara yang ada.

Puzzle
Beberapa anak sudah bisa menyusun puzzle, meski hanya 4 atau 6 keping. Mulai belajar membuka botol berulir. Bahkan beberapa anak mulai penasaran bagaimana cara membalik kaosnya agar dia tidak salah sewaktu memakainya.(ir/wp)

Tags: ,

About these ads

15 responses to “Mainan Untuk Anak 2 Tahun

  1. Ping-balik: Pijat Bayi « Indra Riawan

  2. Sy mau beli LEGO dgn harga yg murah.
    Tlg infonya,thx

  3. Wah kalo yang murah saya tidak tahu. Tapi saya beberapa kali beli di tukang toko mainan sih banyak juga produk cina.
    Atau kalo di Jakarta bisa coba ke Pasar Gembrong atau Pasar Asemka.

  4. boleh dibilang hampir semua produk mainan/buku yang beredar sekarang ini made in cina walaupun lisensi dari US or eropa dan harganya memang lebih murah. even beli di UK pun made in-nya cina jg.
    yang penting pengawasan kita sbg ortu ketika anak2 bermain aja spy terhindar dr hal2 yg bahaya (ex: mungkin ada permukaan mainan yang masih kasar yg bisa bikin luka barutan utk anak).

  5. Hello….

    Kalau kita mau kasih mainan tuk anak balita, sebaiknya kita kasih mainan edukatif dari kayu.
    Kenapa kayu? karena tidak mudah pecah dan tidak berbahaya. Tapi jangan lupa, kita harus pilih mainan yang menggunakan cat non toxic.

    Mainan yang beredar gak semua kok produksi China.
    Saya produksi dan jualan mainan edukatif untuk anak balita. Nama mereknya Omocha toys.

    Barang-barang produksi Omochatoys sudah dijual oleh distributor hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ada juga peluang usaha lho :)

  6. ankq 2 thn, sdh bs brhtung 1 smp 10, menyanyikn lagu, mgenali warna. cuman mau pipis n beol blm pintar, sll kencing ato beol d celana. pdhal sll diajari n sy ngasih contoh. apakah memang susah ngajarin hal2 tsb ?

  7. @hera… g’ juga tuch,,, anakku juga 2 th.. tapi kalo mo pipis and beol dah pinter kok.. dah ngomong… langsung copot celana masuk WC… waktu pake popok sie gitu… tapi pas popok dilepas… Alhamdulillah,,, pinter..

  8. Iya, Alhamdulillah anakku umur 17 bulan udah mengerti klo mau pipis atau bab, dia nangis en narik2 ibunya ke toilet.. He3.. Tp tiap anak pny variasi individu masing2, percaya selama pengajaran itu terus diberikan, insya Allah sesuai usianya kemampuannya akan bertambah..

  9. maasih infonya,sangat bermanfaat sekali bagi saya …….

  10. ANAK SAYA DAH PINTAR KL PIPIS OR PUP DAH BISA NGOMONG SENDIRI

  11. sekarang aku bisa merawatnya kembali waluu banyak pekerjaan???!

  12. saya tertarik dengan tulisan ” …antara kebutuhannya untuk mandiri (independen) dan keinginannya untuk tetap dibantu.”

    Bener banget, saya merasakannya juga pada anak saya, Arya, 26 mos. Kadang mandirinya keluar (mau maem sendiri, pipis n beol bilang, ambil air putih sendiri), kadang kalo kumat capernya mau ngambil sendok aja pake tereak.. kadang tantrum juga hehe.. tapi serulah punya anak kecil tuh.. anaknya belajar, kita juga belajar jadi orang tua :)

  13. THANKS yah infox macam2 permainan buat anak 2th ke atas sangat berguna buat sy yg baru py anak satu

  14. siang, sy mau bertanya,,, anak saya skr sudah 2 th 5 bln, dan skr dia baru bicara ”papa”mama” aja… gmn cara nya biar anak saya cpt bisa bicara..

    Trima kasih…

    • sering-sering dilatih untuk bicara, bisa juga di berikan lagu anak2 supaya merangsang anak mengikuti lirik lagu, kalau belum bisa juga, mungkin bisa mengikuti terapi bicara, teman saya anaknya kesulitan bicara padahal usianya hampir 3 tahun, skrg ikut terapi dan sudah ada peningkatan kosakatanya. thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s