Sidang Tilang

Tanggal 19 Juni kemarin akhirnya saya sidang tilang di pengadilan. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terletak di jalan Gajah Mada no 9. Berada diantara gedung Pelni dan gedung Plaza Gajahmada, tepat bersebelahan dengan Bank Niaga.

Seorang calo datang menawarkan diri untuk membantu menyelesaikan tilang saya. Rupanya mereka sudah sangat paham jika pengunjung pengadilan hari Selasa adalah khusus untuk tilang. Merekapun langsung pergi ketika saya menolak bantuannya. Setidaknya calo disini lebih sopan dan tidak seagresif di Samsat Daan Mogot. Memang nampak ada beberapa orang yang sedang menegosiasi harga di area parkir. Selewat pintu gerbang, keadaan lebih tenang. Yang ada hanya petugas berseragam depkumham dan orang orang yang akan sidang tilang, calo sudah tidak nampak lagi disini.

Pintu masuk untuk umum ada disebelah kiri gedung. Seseorang mengatakan sidang tilang di lantai 2 ketika melihat saya nampak mondar mandir. Jangan harap bisa menemukan informasi apapun yang akan membantu pengunjung disini. Di lantai 2 sudah ramai orang padahal waktu baru menunjukkan pukul 8 pagi. Setelah menungu beberapa saat dan bertukar cerita dengan pengunjung lain, saya mengerti apa yang harus dilakukan. Sekali lagi jangan harap menemukan informasi tentang apapun disini. Tidak ada papan pengumuman atau papan informasi, yang ada hanya bangku disepanjang lorong dan 2 buah meja warna hijau di ujung kiri.

Setengah jam menunggu, akhirnya beberapa petugas berseragam membawa naik tas travel bag yang berisi bukti tilang dan slip tilang warna biru. Banyak sekali sidang untuk hari ini, tidak kurang 3 buah tas ukuran besar penuh dengan surat tilang. Seorang petugas mengumumkan agar surat tilang dikumpulkan sesuai dengan kesatuan asal polisi yang menindak. Jika tilang dilakukan oleh polisi dari Polda Metro Jaya dikumpulkan di meja sebelah. Dan tilang yang dilakukan oleh polisi dari Polres Jakarta Pusat dikumpulkan di meja satunya. Informasi kesatuan asal bisa dilihat di bagian kiri atas surat tilang.

Sidang akan dilakukan di 2 ruang sidang berbeda sesuai dengan pengelompokan tadi. Setelah mengumpulkan slip tilang, pengunjung bisa duduk di dalam ruangan atau di lorong sambil menunggu petugas mencari bukti tilang dan slip biru sesuai dengan slip merah yang kita berikan. Jika bukti tilang dan slip biru tidak ditemukan, kita harus mengambil ke kesatuan asal polisi yang menilang. Kita harus mengurus sendiri ke Polres atau ke Ditlantas Polda Metro Jaya yang di Pancoran.

Satu jam kemudian, petugas memindahkan beberapa gepok surat tilang ke ruang sidang. Untuk memudahkan proses, kumpulan surat tilang tadi di kelompokkan berdasarkan jenis SIM/STNK untuk motor, mobil atau angkutan umum. Tak lama berselang seorang hakim ketua datang bersama seorang hakim anggota dan 2 orang petugas. Seorang petugas memanggil nama pengendara yang akan disidang, sementara petugas satunya menerima pembayaran uang denda. Sidang dimulai sekitar pukul 9.30.

Petugas memanggil 5 orang untuk maju dan duduk di kursi (pesakitan ?). Hakim ketua bertanya ke pengendara satu per satu tentang kesalahan yang dilakukan. Jika pengendara menerima salah, hakim langsung menjatuhkan denda sebesar 25 ribu plus biaya sidang 2 ribu. Tapi untuk pengojek hakim menurunkan dendanya menjadi 20 ribu. Tapi kenapa dendanya lebih besar dari hasil kajian MTI yang hanya 15 ribu, apakah MTI belum update atau pengadilan juga bermain?. Beberapa pengendara langsung menerima salah dan proses sidang tidak lebih dari 2 menit. Hakim yang memimpin sidangnya cukup kooperatif dan simpatik.

Sampai pada giliran saya untuk maju ke kursi. Ditanya kesalahan yang saya lakukan. Saya ceritakan kronologinya, bahwa saya melihat lampu pengatur ke kiri mati dan sayapun berbelok langsung kekiri. Lalu hakim bertanya alasan polisi mengeluarkan surat tilang. Saya bilang, bahwa memang ada lampu kedua tapi lampu ini tidak mengarah ke jalur kedatangan saya sehingga saya tidak melihat. Pak Hakim mengatakan, sebaiknya saya lebih hati hati dan memperhatikan semua lampu yang ada sehingga tidak ada lampu pengatur yang terlewat. Akhirnya sayapun diputus 25 ribu juga.

Saya keluar ruang sidang untuk membayar denda. Sekitar jam 10 kurang saya sudah meninggalkan pengadilan. Proses sidang memang hanya 2 menit tapi menunggunya bisa 2 jam.(ir/wp)

Artikel lain
Tilang
Berkendara Tanpa Surat Surat Karena Tilang

32 responses to “Sidang Tilang

  1. wah..wah.. infonya menarik sekali mas. bener tuh mas soal minimnya info di pengadilan teman saya minggu lalu kena tilang dan utk cari gedung pengadilannya aja katanya udah ribet. belum lg didalemnya ga ada bantuan info sama sekali. wah ribet juga kalo gitu. tp setelah baca postingan mas indra setidaknya dah ada gambaran nih kalau nanti sekiranya mengalami juga (moga2 sih jangan ) he.he.he.

  2. Tapi lain pengadilan beda prosedur, pak. Seorang pengendara bercerita kalo di pengadilan jakarta timur yang di Pulomas malah lebih sederhana. Datang ke loket tilang. Kasih slip merah ke petugas. Petugas cariin bukti tilangnya didalam, kalau sudah ketemu petugas akan kasih sambil sebut biaya dendanya. Bayar denda. Selesai. Tidak pakai sidang dan ketemu hakim.

  3. Saya baru besok akan menghadiri sidang. Setelah baca ini, saya jadi lebih tau.

    Nah setelah bayar denda, ambil SIM di mana mas?

    Terima kasih.

  4. Langsung ditempat kita bayar dendanya. Setelah kita bayar, petugas langsung kasih SIM nya. Senang rasanya, bisa membantu.

  5. Makasih ya infornya. Mas, tilangnya motor ya. Kl mobil dendanya berapa?
    aku sidang tilang juga selasa minggu depan.

  6. Waah kalo mobil saya kurang tahu. Karena sidangnya dikelompokin per satuan penindak (polda atau polres) trus dikelompokin lagi per motor-mobil.
    Yang pasti sih nggak akan semahal ‘sidang di jalan’, jadi jangan takut untuk datang :D

  7. ky yang di jakarta timur lebih enak,gk ribet ribet.lgs keloket bayar denda sesuai dengan yg biasa didenda.gampang ko…itu disusah susahin mas supaya ada celah buat petugas.Padahal dendanya kan kl motor rata2 25rb..thanks

  8. mau tanya, gue ada sidang tilang di pengadilan tengerang hari jumat ini tgl 25 juli 2008… selain gue ngga tau tempatnya, gue juga kemungkinan besar ngga bisa dateng mengingat tenggat kerjaan gue & lokasi yg jauh (kantor di tendean, pengadilan di tangerang)… nah, kira2 bisa ngga ya sidangnya di jadwal ulang?
    trus, ada yg tau tempat pengadilan sim di tangerang itu letaknya dimana ya?

    thanks in advance…

  9. PN Tangerang saya kurang paham, mungkin bisa dicari di google atau wikimapia. Jika tidak bisa datang, kita bisa atang pada hari setelah sidang. Langsung membayar denda dan ditukar dengan sim. Biasanya disediakan loket khusus untuk yang sudah lewat hari sidang.

  10. nanya dong, loket tilang pengadilan jakarta pusat letak persisnya dimana ya ? mengingat banyak org bilang ga ada tanda apapun di setiap PN.. biar gak ling lung bgt gitu… Thanks

  11. Kalo ruang sidangnya ada di lt 2. Dari pintu masuk gajah mada belok kiri naik tangga ke lantai 2. Ruang sidang biasanya menempati yang sebelah kiri tangga.

  12. Thanks bgt lho infonya.. aku baru mau sidang minggu depan ;)

    katanya kalo gak bisa dateng sidang trs ngambil SIM nya hari lain, musti ke kejaksaan ya ? bener gak sih tu ?
    kok ya ribet bener kayanya…

  13. Salam kenal. Saya kena tilang td malam di Pangkalpinang (Prov. Kep. Babel). Saya ditilang karena tidak bisa menunjukkan SIM & saya memang belum mempunyai SIM. Jadi STNK Motor saya ditahan. Begini Mas, sebelum menghadiri sidang apakah saya harus bikin SIM?

  14. Hari ini gw sidang tilang di pengadilan negeri tangerang, gw coba berbagi buat temen2 kalau seandainya kena tilang dan ikut sidang di pengadilan tinggi tangerang caranya :
    1. kita kasih surat tilang kita ke bagian petugas di depan pintu pengadilan biasanya sudah di siapkan kotak untuk dikumpulkan per wilayah misalnya wilayah kabupaten atau wilayah polres di surat tilang biasanya ada stempelnya yg menunjukan hal tersebut.
    2. setelah itu surat2 akan diambil petugas untuk disamakan oleh petugas PN dengan surat yg diambil polisi dan kemudian kita akan dipanggil dan masuk ruang sidang.
    3. untuk proses ini saya tunggu sampai 2 jam dan sidang +- 1 menit saja setelah itu kita naik kelantai 2 untuk bayar denda tilang yg telah di bacakan hakim jadi kita siapkan uang pas kalau saya 25000 denda tilang + 500 biaya sidang.Untuk jumlah ruang sidang ada 3 buah berdasarkan wilayah jadi ga terlalu lama ngantri dan calo juga sedikit karena prosedur yg sederhana mungkin yg lama selama verifikasi dokumen oleh pegawai PN.
    4. setelah bayar kita akan diberikan SIM/STNK atau pay and carry.
    5.Apabila anda tidak hadir pada saat hari sidang anda bisa wakilkan dengan orang lain dengan membawa KTP dan fotocopynya saja atau anda bilang saja ke hakim itu milik anda sendiri soalnya hakim ga begitu detail perhatikan foto orangnya yg di perhatikan cuma nama dan alamatnya saja.
    6. Apabila anda tidak bisa hadir pada hari sidang dan anda tidak wakilkan dengan orang lain maka anda harus mengambilnya di kejaksaan negeri gedungnya cuma bersebelahan dengan PN tangerang.

    Tips dari saya :
    kalau anda mao ditilang sama polisi yah ud suruh tilang aj karena pengurusanya mudah hanya butuh waktu +- 2 jam saja tp kalau cara nego dengan polisi di TKP lebih murah dari denda yg anda langgar yah sudah damai saja tapi cara ini tidak direkomendasikan .

  15. Thank’s infonya, Mulyadi.

    Benar, sudah nggak waktunya lagi sidang di jalan atau nyuap polisi. It’s your mistake, take the risk.

  16. makasih mas atas tulisan mas.. saya jg kena tilang, setidaknya memberi pencerahan sebelum sidang jam 9.00 hari ini..

  17. Saya baru kena tilang, masuk jalur cepat hehehe..
    Polisi nya dah keburu gondok sama saya karena berusaha kabur :p sampe² dia ga mau “damai”.
    Sampe rumah lsg buka google, key word “sidang tilang” eh nemu blog ini.
    ngebantu banget.. thx berat pak, kebetulan saya juga bakal disidang di PN Jakpus.

    Tau “murah” kayak gini besok² kl kena tilang (semoga ga pernah lagi :D) saya ga mau “damai” sama Polisi, maklum masih pengangguran jadi waktu yg terluang banyak. Soalnya pernah ken sama “BM” minta 50rb, nego boleh nego jadi 35rb. Sekarang baru ngerasa mahal juga 35rb. :))

  18. mas, terima kasih banget yah… sudah dibuat blog ini.. barusan sidang tilang…

    ternyata pas ngumpulin kertas merah juga tetep diproyekin…

  19. hari ini Juma’t tgl 22 mei 09 , saya sidang di PN Jak Pus dalam surat tilang tertera jam 13.00. Jam 13.30 sampai di PN Jak Pus.
    Langsung ajah naik ke lantai 2 dan benar tidak ada petunjuk sama sekali, dengan pd-nya tanya kiri kanan bagaimana dan ditaruh dimana surat tilang.
    ternyata surat tilang diserahkan ke bapak-bapak yang keluar masuk dari pintu paling ujung sebelah kanan dari tangga naik.
    jam 14.00 ada bapak-bapak keluar dari pintu tersebut dengan membawa berkas langsung dikerumuni oleh orang-orang & mulailah dipanggil satu persatu.
    Ternyata semua dipukul rata Rp. 50 rb untuk motor & Rb. 100 rb untuk mobil,
    Seharunya sih saya kena Rp.20 rb menurut tabel. Jadi tabel yang beredar SK Pengadilan Tinggi DKI Jakarta no.697 tentang uang titipan tidak berlaku sama sekali .
    Disana tidak bisa protes karena yang tunggu udah banyak. Ups Nama saya terpanggil pindah deh uang 50 rb dengan SIM C
    jam 14.30 by-by PN Jak Pus

  20. wah..
    infonya sangat bagus pak..
    kebetulan ade saya baru aja kena tilang..
    dan tanggal 3 nanti harus sidang..
    makasih pak..

  21. pak klu pengadilan negeri jakarta timur sblh mana ya dan patokannya dari perempatan coca-cola sebelah mana soalnya di tulis daerah pulomas,trims atas bantuannya

  22. tanggal 14 nyidang di bekasi gw..
    klo ga ada sim sama plat nomor kena brp ya ?

  23. wahh bagus bgt gan info’y, tp gw kena sidang di PN jak-sel, pelanggarannya nerobos lampu merah, kira2 berapa biayanya ya gan? tolong dibales, thanks.

  24. Mas, saya juga kena tilang…harusnya sidang jumat kemaren tgl 30 juli di PN jln. Gajah Mada itu…tapi saya ga bisa datang, trus katanya harus ambil di kejaksaan ya?? nah, ada yg tau alamat kejaksaan daerah itu ga ?? apa ada loket khusus?? thx before

  25. heheheh, sama donk buat riko, gw juga kena tilang. Gw juga harus ke pengadilan jak pusat, jal merpati, kemayoran, dekat jalan angkasa dekat prj, sekitaran itu, gw juga belom kesana…………….barusan tadi pagi kesana, eh ternyata udah pindah ke kejaksaan……..^_^ (senasib……………hiks..hiks…^_^)

  26. Makasih infonya pak….saya bersiap sidang nih tgl 8 sept , moga2 bisa hadir, jadi gak perlu ke kejaksaan :)

    Jadi bener dong ya kabar2 biaya tilang di PN jak pus ini lebih mahal ….hiks :(

  27. thanks atas infonya..
    gw mau nanya nih, gw baru kali ini kena tilang gara2 ga nyalain lampu di siang hari, hehehehe
    gw di kasih slip biru, d sana tertera pembayaran melalui bank BRI pondok indah sebesar 100.000 rupiah..n d suruh ikut sidang tanggal 26 september kmaren di pengadilan jaksel [jl. ampera raya], sampe sekarang gw belum bayar n ga ikut sidang..
    kira2 gw mesti ngapain ya??gw mesti kmana dulu nih??
    thanks atas solusinya..

    masih begonih, pertama kali kena tilang soalnya..

  28. thanks atas infonya..
    gw mau nanya nih, gw baru kali ini kena tilang gara2 ga nyalain lampu di siang hari, hehehehe
    gw di kasih slip biru, d sana tertera pembayaran melalui bank BRI pondok indah sebesar 100.000 rupiah..n d suruh ikut sidang tanggal 26 NOVEMBER 2011 di pengadilan jaksel [jl. ampera raya], sampe sekarang gw belum bayar n ga ikut sidang..
    kira2 gw mesti ngapain ya??gw mesti kmana dulu nih??
    thanks atas solusinya..

    masih begonih, pertama kali kena tilang soalnya..

  29. makasih infonya, saya sidang tanggal 18 feb 2011, biayanya masih segitu ga ya? do’akan aku ya!

  30. Nice info,.. hari ini saya kena tilang,.. tempatnya sama,.. di Gajah Mada.

    Habis baca ini, saya jadi punya gambaran apa yang harus saya lakukan,… terima kasih,..

  31. tadinya dapat surat tilang hampir pingsan karena rasa takut yg berlebihan, tapi setelah baca info disini jadi agak lega ternyata pengalaman teman2 semuanya sangat membantu buat saya yang baru mau menghadiri ke pengadilan hehehehehe sekali lagi terimakasih banyak ya

Berikan Balasan

