Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Preschool ?

Orangtua dengan anak usia 2-4 tahun mungkin mulai bertanya tanya. Apakah anaknya akan didaftarkan ke taman bermain atau kelompok bermain (KB) atau playgroup (PG) sekarang atau tahun depan. Sekolah untuk anak usia ini tergolong sebagai pendidikan anak usia dini (PAUD) sehingga tidak ada batasan jelas usia anak sekolah untuk memulainya. Beberapa sekolah bisa menerima anak anak dengan usia 2,5 tahun beberapa sekolah lain tidak memberikan persyaratan umur.

Perkembangan fisik, sosial, emosi anak lebih menentukan kesiapannya untuk memulai KB. Karena mulai belajar di KB berarti anak sudah mulai harus disiplin untuk datang ke sekolah, mengikuti program sekolah yang terstruktur dan belajar dengan anak anak yang lain. Sebagian dari kita merasa bahwa anak sudah cukup siap untuk KB karena kita beranggapan dia sudah bisa melakukan ini dan itu.

Patricia Henderson Shimm, dari Barnard College Center for Toddler Development memberikan panduan untuk melihat kesiapan anak memulai KB.

Apakah dia cukup mandiri?
Dia sudah harus bisa melakukan beberapa hal sendiri, misalnya cuci tangan, makan, minum dan ke toilet. Beberapa KB tidak memperkenankan anak memakai diapers sehingga menuntut anak untuk bisa ke toilet sendiri. Kemandirian anak sangat dituntut bahkan ada juga yang tidak memperkenankan orangtua memberi bantuan selama anak di lingkungan KB.

Apakah dia sudah biasa terpisah dengan orangtuanya?
Anak anak yang ditinggal kedua orangtuanya bekerja biasanya lebih siap mengikuti KB. Dia biasa dirumah sendiri dengan pengasuhnya. Tapi anak anak yang sehari hari diasuh oleh ibu atau bapaknya, akan sedikit kesulitan. Anak anak ini biasanya lebih kolokan. Untuk memulai KB, anak anak ini bisa sedikit sedikit ditinggal orangtuanya. Pertama mungkin harus ditunggu sepanjang ahri. Hari berikutnya ditinggal keluar ruangan beberapa saat lalu kembali. Hari berikutnya bisa ditinggal lebih lama lagi.

Apakah dia sudah bisa mengerjakan sesuatu sendiri?
Sama halnya dengan kemandirian. Di KB diharapkan anak anak sudah bisa mengerjakan semua sendiri, tanpa bantuan dari orang dewasa. Perhatikan, apakah dirumah dia sudah terbiasa menggambar atau bermain sendiri tanpa keikutsertaan orang tua?

Apakah dia siap bermain dengan kelompok?
Anak usia 2-3 tahun umumnya sudah mulai melewati masa pengenalan lingkungan. Setelah melewati masa pengenalan rumah dan keluarga dekatnya, dia mulai bergaul teman temannya di sekitar rumah. Di KB sebagian besar permainan dan pembelajaran dilakukan secara berkelompok, pastikan dia sudah melewati masa ini agar tidak anak tidak mengalami kesulitan di lingkungan barunya.

Apakah dia sudah terbiasa melakukan sesuatu secara teratur?
KB ada pengenalan paling awal dengan sistem sekolah. Di sekolah anak anak harus mengikuti seluruh peraturan yang ada di sekolahnya. Anak mulai diajak untuk berdisiplin dengan jadwal pembelajaran yang sudah ditentukan. Kapan saatnya bermain di luar, bagaimana supaya anak bergiliran menggunakan perosotan, bagaimana ketika teman yang lain atau pembimbing sedang berbicara, bagaimana setiap pagi dia harus berangkat ke KB.

Apakah dia mempunyai cukup stamina?
Kegiatan sehari hari di KB sangat melelahkan, bahkan bagi kita orang tua. Untuk itu anak dituntut untuk memiliki stamina yang cukup untuk ikut serta. Perhatikan juga jadwal tidurnya. Apakah dia terbiasa tidur siang di jam jam aktifitasnya KB? Perhatikan jadwal bangun paginya, apakah dia sudah terbiasa bangun pagi atau baru bangun jam 11 siang?

Mengapa kita ingin agar dia mulai KB?
Ini terkait dengan alasan orang tua untuk memulai KB. Apakah orangtua berpikir agar dia secepatnya ke KB lalu ke TK dan memulai SD lebih awal? Ataukah karena orangtua sudah tidak sanggup dengan ‘kebandelan’ nya dirumah lalu mengirimnya ke KB? Atau orangtua melihat si anak sudah sangat ingin belajar hal hal baru dan menarik yang tidak lagi dia temukan di rumah? Atau orangtua berpikir agar anak lebih berinteraksi dengan anak lain di luar kesehariannya sambil?

Tapi jika kita runut batasan usia sekolah dari SD kita mungkin bisa menemukan formulanya. Jika anak usia 6 tahun diharuskan mulai belajar di SD. Lalu masa belajar di taman kanak kanak (TK) adalah 2 tahun. Dan masa belajar di KB bervariasi antara 1 dan 2 tahun. Maka KB bisa dimulai di umur 2 atau 3 tahun. Di Amerika, sebagian besar orangtua memulai preschool di usia 3 tahun lalu memulai TK di usia 5 tahun.(ir/wp)

artikel lain:
Ulasan Tayangan TV Untuk Balita
Mainan Untuk Anak 2 Tahun
TV Untuk Balita Anda

About these ads

15 responses to “Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Preschool ?

  1. Anak bungsu saya mulai TK kelas 2,5 tahun. Ibu guru cuma pesan, jangan dipaksa jika sewaktu-waktu mogok, biarkan saja. Ternyata anak saya tak pernah mogok…cuma suka menangis, dan kalau menangis terus mengompol. Jadi selalu dibawakan baju lengkap disimpan di kloter. Karena sering menangis, dan terus ngompol, diancam bu Guru, kalau dia nangis lagi akan disuruh ngepel lantai pake baju sendiri…ehh lha kok terus ga pernah nangis lagi.

    Karena masih terlalu muda, akhirnya si bungsu TK nya 3 tahun…dan dia nyaman2 aja…Jadi tak masalah mulai masuk sekolah umur 2,5 tahun, awalnya si mbak tangannya harus terlihat di jendela..lama2 setelah punya teman, dia udah berani ikut jemputan sendiri.

    • Kasus anakku (NIndy, 3 thn) hampir mirip sama mbak. Tapi anakku agak lebih bandel. Dia tidak takut dengan ancaman.
      Baru 3 minggu dia masuk preschool. Untuk banyak hal dia sudah sangat mandiri, hanya untuk ke toilet, ini yg jadi masalah.
      Jika di rumah, dia tidak pernah mengompol lagi, tapi entah kenapa jika disekolah sering sekali kebobolan. Sampai pusing aku dibuatnya.
      Dia selalu say sorry, dan janji kalo pipis di toilet, tapi sayangnya cuma sekedar janji.
      Cara apalagi ya yg harus saya tempuh? Gurunya pun bilang sudah seringkali menawarkan, tapi Nindy selalu menolak dan nangis, apakah karena terlalu asyik main ya? Aku sedang bingung, apakah harus konsultasi ke dokter atau psikolog, atau ada cara lain?
      Tolong share sarannya ya mbak. Terima kasih…

  2. Waaah, sampe di ancem bu Gurunya. Tapi kadang memang ancaman ampuh juga.

    Iya nih, Bu’. Yang agak merepotkan kalo anak kita lahirnya nanggung, akhir tahun sedangkan masa sekolah dimulai tengah tahun. Kedua anak saya lahir bulan akhir tahun, yang gampang anak bung Oktav kemarin. Enaknya gimana ya? Lebih muda setengah tahun atau lebih tua setengah taun?

  3. Ping-balik: Jenis Program Preschool « Indra Riawan

  4. Ping-balik: Memilih Taman Kanak Kanak « Indra Riawan

  5. Apakah anak usia 5 tahun tidak terlambat untuk masuk TK??? karena anak saya sekarang usia nya 4 tahun belum mau sekolah…. padahal saya sudah mengenalkan dan membawa dia ke TK yang mungkin dia sukai. Jadi rencana saya lebih baik di tahun depan saja mulai masuk TK nya??? tetapi teman – teman dan saudara banyak yg menyarankan tahun ini dia sebaiknya masuk sekolah??? gimana ya???

  6. Mungkin bisa mulai tahun ini, sehingga nanti bisa ke sd pada umur 6th. Beberapa SD (terutama yang negeri) mensyaratkan umur setidaknya 6th.
    Bisa juga dimulai tahun depan tapi langsung ke tk-b. Beberapa sekolah memungkinkan loncat kelas.

  7. Kalau memilih play group, yang berbasis agama atau umum ? Karena menurut pendapat saya nilai-nilai agama harus ditanamkan sejak dini ???

  8. Anak saya umur 3 tahun,masuk press school 6 bulan,selama mengikuti press school anak saya tidak mau dikala gurunya mengajak dia belajar entah itu mewarnai,menempel,hanya saja bernyanyi dan menari selalu ikut,itupun klo belajar mewarnai kadang dia mau kadang tidak/moody sering dia teriak karna dia ingin bermain puzzle atau apapun..sehingga acapkali pihak sekolah mempunyai penilaian anak saya berbeda dengan tmn seumurannya..bahkan anak saya di beri penilaian “autis”.
    sy mau tny apakah anak saya blm siap untuk sekolah?sekedar info tmpt sekolahnya itu ruangannya terbatas sekali.tidak ada kegiatan out door setelah belajar,sehingga menurut saya anak saya jenuh,apalagi anak saya aktif sekali..saya jg mu tanya kritetia & fasilitas seperti apa sekolah yg baik?mengingat sekolah anak sy tidak ad fasilitas out door.thx..

  9. kalau anak sy uda ingin sekolah, karena dia dirumah cuma sendirian, ingin berteman, sekarang dia berusia 3,5 thn. Dia sudah bisa ke toilet sendirian klu dirumah, dan sekarang lagi coba mulai lihat-lihat sekolahan, menurut teman-teman saya lagi tanggung, atau tunggu tahun depan, lsg msk Tk. Cuma yg saya ragukan apakah lsg masuk TK, bisa menyesuaikan diri dengan pelajarannya, teman, dan lingkungannya ? gimana sarannya ? thx.

  10. Ada akun twitternya mas? tks

  11. anak saya 3,5 tahun udah TPA sejak umur 2 tahun,awalnya nangis jika ditinggal tapi ga lama dah bisa enjoy, sekarang kumat lagi kalo mau sekolah banyak bgt alasanya, mana pusing, ngantuk, bawa mobil dll,tiap dianter hrs nangis dulu,tapi kalo jam pulang malah ga mau pulang,bingung??kadang kasihan,,tapi bgman aq n suami kerja..

  12. Ping-balik: kapan batita r balita sekolah ? « bunbunaBunda

  13. saya copy tulisana u blog saya, ya mas….thx

  14. anak saya laki-laki berumur 4 thn, sdh masuk TK A, awal masuk sampai sekarang sptnya belum ada perubahan, ga mau mandi , malas pake baju sekolah, masih nangis2 bgtu ditinggal..tapi gurunya bilang dia bs enjoy kl udh main sama tmn2nya.. gmn yaa..kl ditinggal pengasuh anak saya ga sanggup jaga 2 anak.. krn sy masih punya baby..(duh pusing jg…)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s