Bendera Merah Putih

Sebagai negara merdeka, Indonesia mempunyai lambang, bendera dan lagu kebangsaan. Garuda Pancasila adalah lambang negara, bendera Merah Putih adalah bendera negara, dan Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan. Bendera negara diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Pemerintah no 40 tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia. Dalam PP ini disebutkan bahwa bendera merah putih dapat dibuat dengan berbagai ukuran dengan rasio lebar dan panjang adalah 2:3. Warna dan putih dibagi dengan sama lebar. Ukuran bendera disesuaikan dengan ukuran bangunan, rumah, halaman secara proporsional. Bendera dibuat dari bahan yang kuat dan tidak luntur.

Bendera merah putih hanya boleh dikibarkan sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. Bendera harus diturunkan dan disimpan ketika menjelang malam. Bendera tidak boleh dikibarkan terus menerus siang-malam, kecuali ditetapkan secara khusus oleh pemerintah.

Bendera dipasang pada tiang yang kokoh. Tiang tidak diikatkan pada tiang lampu, tiang listrik atau pohon. Tiang di harus berada di bagian depan bangunan atau rumah. Tiang tepat di tengah halaman atau di sisi kanan bangunan.

Bendera tidak diperbolehkan menyentuh tanah, air dan benda lain. Jika bendera jatuh atau terlepas dari tiangnya harus segera di ambil dan dicuci dengan air bersih. Ketika hujan turun, bendera harus diturunkan dan disimpan untuk dipasang lagi ketika hujan sudah reda. Bendera yang terikat di tiang juga tidak diperbolehkan bersentuhan dengan pohon, umbul umbul atau yang lain.

Di bendera merah putih harus bersih. Tidak diperbolehkan menulis huruf, kalimat, angka, gambar atau tanda lain di bendera.

Memang banyak aturan untuk mengibarkan bendera. Tapi, aturan ini tidak ada nilainya dibanding dengan perjuangan yang dulu dilakukan pejuang kemerdekaan. Selamat Hari Kemerdekaan.(ir/wp)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s