Batik

Batik2008 adalah tahun kebangkitan batik. Hampir semua orang memakai kain batik atau bermotif batik tahun ini. Dari artis, ibu ibu arisan, sampai pejabat semua berbatik. Pusat perdagangan internasional (ITC) yang biasa dipenuhi pakaian produk taiwan (kalau tidak mau menyebut barang china) kali ini serentak berganti barang dagangan menjadi batik.

Saya sendiri mengenal batik sudah dari kecil. Nenek saya masih berkain panjang (jarik/jarit) sebelum akhirnya berganti baju panjang. Ibu saya menggendong anak anaknya dengan kain panjang bermotik batik. Belakangan istri saya juga lebih senang menggendong dengan kain panjang dibanding dengan gendongan moderen, yang hanya terbuat dari kain dilipat, atau baby carrier, yang mirip anak kanguru.

Tapi secara intensif, perkenalan saya dengan batik baru terjadi sekitar tahun 2002. Ketika itu saya dan istri sedang di pameran kerajinan dan menemukan sepotong kemeja batik yang bercorak muda. Sejak saat itu saya selalu kepincut dengan kemeja batik. Saya juga mulai memakai batik setiap jumat, kebetulan perusahaan menerapkan aturan casual friday.

Awalnya, banyak rekan kerja menyindir, “Mo kondangan, ndra?” atau “Selamat pagi, pak er-te”. Saya jawab dengan senyuman dan gumam dalam hati “I’m Indonesian. And this is my clothes“. Tapi Jumat kemarin, tanpa ada yang mengomando, hampir separuh pekerja di kantor berbatik.

Saat ini ada banyak corak batik dikenal baik yang sudah dikenal luas maupun corak yang baru. Ada corak yang berkesan formal, banyak pula yang santai. Bahkan anak saya juga mulai menyukai batik.

Semoga semangat berbatik ini bukan saja sebagai bentuk perlawanan atas pengakuan batik oleh pihak lain. Tapi murni karena semangat mencintai budaya sendiri. Berikutnya, songket, tenun ikat dan kain tradisional lain juga harus mendapat perlakuan yang sama dengan batik. Karena inilah kain/tekstil Indonesia. Berapa banyak baju batik yang anda punya?(ir/wp)

Tinggalkan Balasan

