Buah Gowok

Tergantung di gerobak tukang sayur yang lewat tadi pagi, saya pikir buah ini adalah Juwet atau Jambu Solo karena warnanya yang ungu tua. Ternyata bukan, penjual menyebutnya sebagai ‘Wowok’.

Buah GowokSaya cari di Internet, ternyata buah ini cukup populer (ah saya ini orang ndeso yang ndesit). Buah ini tersebar di beberapa daerah dengan penyebutan masing masing. Misalnya, ada yang menyebut sebagai Gowok. Orang Betawi menamainya dengan Gohok. Di Sunda dikenal sebagai Kupa Beunyeur dan di Jawa disebut sebagai Gowok Dompyang. Lha, penjual tadi menyebut sebagai ‘Wowok’, bahasa manapula ini?

Menilik bentuknya yang bulat agak lonjong buah ini mirip dengan Jambu Solo. Buahnya menempel pada tangkai hijau persis sama dengan Juwet. Ukurannya yang sebesar Duku. Kulitnya yang kaku berwarna ungu tua, atau merah ketika masih muda. Dagingnya berwarna putih terasa kenyal mirip manggis dengan rasa yang asem(sepet) dan seger karena menyimpan banyak air. Biji kecil dan lonjong tersimpan di tengah.

Belahan buah Gowok

Paman Tyo yang nggak suka gombal pernah bilang, buah ini berkaitan dengan sebuah praktek erotika remaja pria oleh wanita dewasa, nah lho.(ir/wp)

20 responses to “Buah Gowok

  1. Gowok kalo yang manis banget enak. Satang sebagian besar yang saya tahu kecut. :)
    Soal pergowokan, ohohohoho… :)

  2. sepertinya pernah lihat buah ini dipasar tapi saya belum pernah tau buah ini…dari luar kayak manggis dari dalam kayak sirsak…tebaklah buah apa itu….

  3. Walah, Paman ternyata mampir ke sini. Kemarin nemunya yang masih mrampo, jadi sepet semua :(

    btw, pindah rumah lagi?selamat untuk AR-net nya.

  4. Buah ini banyak di pasar, beberapa malah jadi bahan untuk rujak buah.
    Kalo nemu buah aneh lagi, di poto aja bu. Buat koleksi buah nusantara.

  5. waahhh kangeng sama buah ini, udah lama bengeeet ga nemu lg,klo di sunda mah namanya kupa, meskipun kecut tp setelahnya enak di lidah…

  6. Ass.salam kenal semua,,,,
    Kalau ada yang perlu bibit pohon Jambu gowok silahkan hubungi saya ya,,,
    Saya menyediakan bibitnya harga Rp.10.000/pohon
    Lumayan buat koleksi tanaman buah di rumah
    Terima kasih

    Akin Tohari(085245244975)

  7. retno djoko harsoyo

    ini yg lg saya cari..buah kesukaan di masa kecil..bertahun-tahun kepengen menikmati kembali..tapi di surabaya sdh tdk ada yg menjual lagi..dimana ya saya bisa mendapatkannya..

  8. hiks hiks.. saya sudah ga pernah makan buah ini sejak SD, hilang dari pasaran, yang paling saya takutkan karena ini buah favorit saya jaman SD, jgn sampe ntar pas hamil ngidam pengin makan dompyong, kasian yang nyariin….

  9. Kebetulan mbak nurul saya sekarang lagi ngidam pengen banget makan buah gowok / dompyong, susah banget nyarinya, dimana ya daerah yg masih menanam pohon buah tersebut ?

  10. Ada yang tahu, apa ya, kandungam buah gowok ini? serta apa nama latinnya?

  11. Aku makan buah ini kurang lebih 20 tahun yang lalu,dan kini sudah punah di kampungku.

  12. Saya sudah lama gak pernah dapat buah gowok ini. Di Semarang dimana ya

  13. Di tukang rujak Bebeg mash ada tuh

  14. Syukur Alhamdulillah kalau buah ini masih banyak, saya sudah lama sekali gak nemu. Klu di Solo di daerah mana ya?trims

  15. wah jd ingat masa SD dl sering makan buah gowok, menteng, dan kokosan. Tp skrg koq nggak pernah menemukan lg ketiga buah tersebut. Mudah2an masih ada yg membudayakannya.

  16. Kalo ada yang punya buah gowok ini saya mau membeli nya tolong hubungi di 083867266410 kalo ada yang punya buah tersebut.
    secepatnya..
    imbalan sewajarnya nanti bisa saya berikan,,,
    terimakasihhhh

  17. Assalamualaikum….salam semua…
    p.Akin tohari…saya mau konfirmasi mengenai gohok yg anda kirim…kenapa kecil dan warnanya agak masam begitu ya…apa memang bibitnya berbuah kecil begitu..tapi seyahu hidup saya gohok buahnya tidak kecil begitu dan rasanya masih melekat dilidah saya sampai sekarang,tks

  18. dmna ya saya bisa mendapatkan buah ini?? tolong infonya donk

Tinggalkan Balasan

