Aman Ketika Badai

Minggu minggu ini mulai masuk ke musim hujan meski curah hujan di Jakarta belum tinggi, baru pada intensitas gerimis saja. Tapi BMG memperkirakan bulan Januari – Februari Jakarta akan di landa badai. Nah, hal apa saja yang perlu kita lakukan agar tetap aman ketika hujan badai datang. Berikut artikel yang disadur bebas tanpa ijin dari HowStuffWork .

 

  1. Berlindung, Jika badai datang ketika sedang di luar bangunan segera cari tempat berlindung. Tempat berlindung bisa di dalam bangunan atau didalam mobil. Jangan berlindung dibawah pohon, pohon (terutama yang tinggi) dapat mengundang petir. Mobil juga dapat dijadikan tempat yang berlindung dari petir, karena (kalau seandainya mobil anda tersambar petir) listrik akan mengalir melalui bodi mobil, jadi sejauh anda tidak memegang permukaan luarnya anda akan aman dari sengatan listrik.
  2. Jika terpaksa berdiri bebas tanpa perlindungan, usahakan untuk merapatkan kedua kaki dan membungkuk serendah mungkin ke tanah tanpa menyentuh tanah. Jangan pernah tiduran ditanah ketika petir datang didekat anda, karena akan ada kemungkinan aliran listrik dari pusat sambaran ke badan anda.
  3. Jangan gunakan telepon rumah, Jika terpaksa menelepon gunakan ponsel atau telepon cordless. Telepon rumah yang menggunakan kabel berpotensi mengalirkan listrik ketika petir menyambar kabel/tiang telepon yang ada di dekat rumah. Aturan ini juga berlaku pada peralatan rumah. Jika petir menyambar kabel litrik yang mengalir ke rumah anda, seluruh peralatan elektronik yang tersambung ke listrik mendapatkan beban berlebihan yang berasal dari petir yang mengakibatkan peralatan menjadi rusak.(ir@wp)

One response to “Aman Ketika Badai

  1. ah, masa .. ? ;D ;D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s