Dijual Cepat, Butuh Modal, Sebuah Bank

Setelah sukses jualan murah bank bank besar tahun lalu, pemerintah kali ini mengobral bank bank kecil. Jika beberapa tahun lalu barang dagangannya adalah bank bank dengan aset besar targetnya penjualan kali ini adalah bank bank kecil dengan modal kurang dari 80 JIDR.

Pemerintah melalui kerangka kerja Arsitektur Perbankan Indonesia (API) mulai merapikan bisnis perbankan dengan pengetatan aturan pemodalan sebuah bank dan kepemilikan tunggal atas bank. Melalui pengetatan modal disetor, pemerintah mengharuskan sebuah bank memiliki modal setidaknya 80 MIDR pada akhir 2007 dan selajutnya menjadi 100 MIDR pada akhir tahun 2010.

Sebenarnya harapan pemerintah adalah terjadinya merger diantara bank bank kecil agar menjadi bank yang lebih besar. Harapannya hanya ada 50-80 bank yang beroperasi di indonesia pada tahun 2010. Apadaya, karena repotnya menyatukan budaya dari masing masing bank dan juga ego sentris masing masing pemilik, akhirnya yang terjadi adalah obral dagangan atas bank bank kecil ini. Para pemilik bank kecil umumnya adalah generasi pertama atau ke-2 dari bisnis keluarga yang masih berpikiran ego masing masing. Yang berpikir, ketika mereka tidak menguasai sebuah bank maka mereka kehilangan segala galanya.

Akibatnya, harapan pemerintah atas merger antar bank ini tidak tercapai. Yang terjadi justeru akuisisi oleh bank dari luar negeri. Gelombang akuisisi ini dimulai dengan pembelian bank haga dan hagakita dari grup Djarum oleh Rabobank. Diikuti oleh pembelian bank Indomonex oleh Bank of India. Lalu pembelian ICBC (Industrial and Commercial Bank of China) atas bank halim Surabaya. Kabar terakhir dari bank swadesi yang akan di akuisisi oleh sebuah bank dari India. Dan kabar dari bank ANK (Artha Niaga Kencana, tbk) yang akan dibeli oleh bank commonwealth dari australia.

Gelombang akuisisi ini akan berlanjut sampai dengan akhir 2007 dan sampai akhir 2010. Sehingga barangkali, suatu hari nanti kita akan lihat iklan yang bunyinya “Dijual cepat, butuh modal, sebuah bank masih beroperasi dengan 5 cabang online. Hubungi pemilik langsung”

Iklan

4 responses to “Dijual Cepat, Butuh Modal, Sebuah Bank

  1. Ping-balik: Merger Dan Akuisisi Terus Berlanjut « Catatan Kecil

  2. Mencari sebuah Bank untuk dibeli

  3. Saya punya info untuk sebuah Bank yang di over kepada pihak lain.
    Hubungi kami di ” k.djengah@yahoo.co.id
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s