OEM vs OLP

Menentukan jenis lisensi mustinya bukanlah pekerjaan yang susah dan merepotkan. Akan lain ceritanya ketika vendor keukeuh dengan pendapat dia. Pemutihan terhadap perangkat yang belum dilisensi hanya bisa dilakukan dengan OLP, karena OEM hanya untuk perangkat yang dibeli baru. Itupun terbatas dengan vendor yang bekerjasama dengan MSFT saja, komputer rakitan rasanya nggak bisa di OEM-in (emang toko punya kerjasama dengan MSFT? paling kerjasama dagang dowang).

Biar ada pencerahan akhirnya nelepon ke call center msft di 5151. Dijawab sama bule KL (karena basa indonesia dia medok banget, nggak ngerti basa prokem lagi) bahwa OEM hanya untuk komputer baru, dan komputer lama musti pake OLP. OK, selesai.

Ternyata si vendor gak mau kalah. Katanya, dari reseller bilang bahwa XP OLP tidak dijual di indonesia, jadi musti pake OEM. Agak nggak masuk akal sih, masak OLP gak dijual di indonesia sih? sedangkan kemarin waktu beli 2003 server bisa tuh OLP. Sesi telepon teleponan diulang lagi deh. Kali ini mulai dari reseller. Emang sih seluruh reseler OLP mengatakan XP OLP tidak dijual di indonesia, kecuali versi xp upgrade (tambah aneh). Terakhir nelepon lagi ke 5151. Kali ini dijawab cewek dari indonesia (enak sih, ngomongnya nggak kagok) tapi jawaban dia menyangkal temen dia sendiri pada panggilan sebelumnya (mereka mencatat no telp kita, jadi tau kemarin udah nelepon belum, ato ngobrolin apaan). Si cewek ini bilang, emang bener XP OLP tidak dijual di indonesia. Di indonesia hanya di jual XP OLP versi upgrade. Ampun deh, microsoft sendiri nggak satu bahasa diantara telesupport mereka.

Mungkin strategi pasar juga, jadi XP sengaja di matikan agar orang cenderung memilih vista yang lebih baru (dan duitnya lebih banyak). Caranya, orang nggak di kasih xp yang olp (xp oem dan upgrade tetep tersedia). sambil trus gembar gembor tentang vista.

Ini hasil sesi telpon telponan:

  • OEM
    License menempel ke perangkat.
    Pembelian bisa satuan.
    License tidak bisa transfer ke perangkat lain.
    Microsoft tidak menjamin (garansi), garansi dari vendor perangkat.
    Pembelian harus disertai perangkat (setidaknya mouse ?!?!?, kata sistech. Asik kan, beli mouse 20rb dapet license 120usd).
    Bukti license berupa stiker.

  • OLP
    Minimal pembelian 5 license.
    Renewal tiap 3th, jika pembelian etrmasuk Software Assurance.
    Windows xp olp yang dijual di indo hanya versi upgrade, jadi musti punya license terdahulu.
    Bukti license berupa sertifikat, media cd dibeli terpisah.

Jika masih belum jelas silakan telepon (nomor jakarta):
msft – 5155151
atau langsung ke reseller indonesia:
sistech – 380.7668/350.5668 (olp, oem)
ecs – 585.7416/5845550 (olp, oem)
astrindo – 6121331/30 (oem)
terra – 626.6780 (oem).(ir.wp)

 

Tags: ,

Iklan

6 responses to “OEM vs OLP

  1. hehe.. udah sekian lama baru liat article ini.
    betul banget.. para reseller dan orang microsoft pun bingung soal license ini.
    masing2 ngomongnya beda2.. (waktu dulu g telp 2 kali ke microsoft dan cek harga dan omongan 3 vendor reseller)
    jadi bingung yang bener license yang mana.
    jadi kayanya beli license atau kaga, kalu di sidik polisi bakal kena jg d. Lah yang jualan aja bingung yang mana yang sah licensenya.

    contoh laen lagi : ada yang bilang beli licensenya harus sama cd installernya (kan di jual terpisah tuh), ada yang bilang cd installernya boleh pake bajakan aja, yang penting dah purchase licensenya.

    yang laennya lagi : masing2 product banyak banget versinya (g tanya ke 3 vendor, dapat penawaran office dengan harga bervariasi, yang katanya beda karena perbedaan version/product no yang ditawarkan)

    emang parah. mau license yang sah aja bingung.

  2. iya, microsoft emang keluaran versi software nya banyak untuk produk yang sama. Mungkin strategi jualan dia juga, kalo nggak bisa beli yang mahal dikasih yang versi agak murah dengan dikurangi ini-itu nya.

    Kalo pedagang sering gw liat mereka kurang ngeh juga beginian. Kita yang musti cari tahu dulu, biar nggak dikibulin sama yang jualan. Prinsip mereka kan asal barang laku, lain lain urusan yang beli.

  3. Jadi kalau XP Home gmn?
    FPP Mahal. utk di OLP dan GGWA dan GGK ga ada.
    Tapi kita kekeh mau XP home.

    Jadi satu2 nya alternatif ya beli OEM.
    BETUL!?

  4. Udah, ganti aja Linux Ubuntu……. Gitu aja Kok repott….

  5. untuk OLP yang dijual dengan harga promo oleh wrnet indonesia sebagai gantinya warnet Legos adalah sertifikatnya windows 7 pro tetapi bisa di downgrade ke win xp pro atau ke win Vista< dengan cara membeli media cd installer untuk mengistall ke masing2 PC di warnet dan cd installer tersebut ada 3 pilihan yaitu : wind 7 pro, win XP Pro dan Win Vista. dan minimum pembeliannya adalah 5 lisencie…..semoga informasi ini bisa berguna terima kasih…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s