Membaca Nomor Polisi Kendaraan Jakarta

Kendaraan Di Jakarta umunya menggunakan format

B-JKKK-XY

Blok JKKK adalah kombinasi angka 0-9 dalam berbagai variasi. Suffix XY adalah kombinasi huruf a-z dalam berbagai variasi.

JKKK

  • Satu Digit (B1 – B9)
    Digunakan oleh kendaraan dinas jajaran kepala daerah DKI Jakarta, dari Gubernur , Kepala DPRD , Kepala Kejaksaan beserta istri. Pada periode 2004 – 2005, B-1 dan B-2 pernah digunakan sebagai tanda mobil dinas presiden dan wakil presiden. Tapi kemudian pada tahun 2006, mobil dinas presiden kembali menggunakan RI-1, RI-2 dan RI-3, RI-4.
  • Dua Digit (B10 – B99)
    Blok dua digit dengan tanpa suffix digunakan oleh kendaraan dinas menteri.
  • JKKK Tiga Digit (B100 – B999)
    Digunakan oleh kendaraan sipil yang ingin mendapat nomor pilihan. Pemilihan nomor ini biasanya terkait nomor cantik atau kombinasi yang bisa dibaca, misalnya selebriti Indra Bekti memilih BEGTI(B-367-I), atau kata BIG-GUY (B-166-UY). Kombinasi nomor ini bisa dipesan ke Samsat dengan membayar sejumlah uang.
  • Empat Digit, Dengan Awalan 4, 5, 6
    Digunakan untuk menandai kendaraan bermotor roda dua. Tapi ada juga motor yang yang menggunakan awalan 7. Dulu ada rencana untuk memindahkan motor berawalan 7 (B-7NNN-**) ke berawalan 6 dengan menambah satu karakter lagi di suffix (B-6NNN-N**) tapi dijalan masih sering kita jumpai motor dengan awalan 7.
  • Empat Digit, Dengan Awalan 7
    Blok (B-7KKK-**) dialokasikan untuk kendaraan bis sedang maupun bis besar, baik berpelat hitam, kuning, maupun merah. Dari Isuzu Elf, kopaja, sampai PPD menggunakan alokasi ini. Hanya saja, masih ada motor dan kendaraan kecil pribadi yang menggunakan blok ini.
  • Empat Digit, Dengan Awalan 9
    Blok (B-9KKK-**) ini dialokasikan untuk kendaraan pickup dan truk kecil, sedang, maupun besar baik menggunakan pelat hitam, kuning maupun merah. Dari Suzuki Carry PU, Ford Ranger, Hummer, Truk, Tronton, sampai kontainer menggunakan blok ini.
  • Empat Digit, Dengan Awalan 1, 2, 3, 8
    Blok (B-[1,2,3,8]KKK-**) digunakan oleh kendaraan pribadi. Tapi ada juga kendaraan pribadi yang menggunakan awalan 7 (B-7KKK-**).

XY
Adalah kombinasi dari huruf A-Z yang terdiri dari 1, 2, atau bahkan 3 huruf. Kendaraan umumnya menggunakan kombinasi 2 huruf. Untuk motor yang tahun STNK nya setelah tahun 2003, umumnya menggunakan kombinasi 3 huruf.

Kombinasi ini digunakan sebagai kode lokasi/asal kendaraan. Misalnya daerah Depok dan sekitarnya menggunakan suffix U*, atau daerah Tangerang menggunakan *C.

Tapi ada juga yang digunakan untuk pengkodean, misalnya *Q dipakai untuk kendaraan dinas baik berpelat merah maupun hitam.

Suffix B* juga digunakan untuk keperluan khusus.
BS digunakan untuk kendaraan pejabat sipil, atau mantan pejabat sipil.
BP digunakan untuk kendaraan pejabat atau petugas kepolisian.
BD digunakan untuk kendaraan petinggi, atau keperluan angkatan darat.
BL digunakan untuk kendaraan petinggi, atau keperluan angkatan laut.
BU digunakan untuk kendaraan petinggi, atau keperluan angkatan udara.
BH digunakan untuk kendaraan petinggi, atau keperluan departemen hankam.

Masih ada satu blok lagi yang tidak menggunakan aturan JKKK-XY. Tapi menggunakan format KKKKK-KK, yakni menggunakan 5 kombinasi angka ditambah dengan 2 kombinasi angka lagi. Dua angka terakhir ditulis lebih kecil dan agak naik. Blok ini digunakan oleh kendaraan lembaga internasional yang ada di Jakarta.

 

Tags:

Iklan

42 responses to “Membaca Nomor Polisi Kendaraan Jakarta

  1. mas, kalo di jalan saya perhatiin kadang ada plat mobil ngga ada seri belakangnya (suffix XY) nya itu masuk jenis mana ya?

    • nimbrung gan, plat seri khusus seperti yg temen2 liat biasanya bersifat sementara aje tuh, blh dibilang pinjam pake ke korp lantas. memang sbenarnya nomor plat polisi hanya sbagai tanda register kendaraan saat jalan maupun saat byr pajak. kalau ada yg mau plat khusus sesuai nmr yg disukai insyalloh kami bisa bantu sepanjang gak merubah ketentuan dasar. Contoh B 154 , atau L 154

  2. Iya, saya sering liat juga tuh. Cuman belum tau, blok tanpa suffix ini dipakai sama siapa.

  3. Ping-balik: Berganti Nomor Polisi « Indra Riawan

  4. Ping-balik: Membaca Nomor Registrasi Gerbong Kereta « Indra Riawan

  5. kalau pada kendaran dinas, satu huruf yang bersama Q apakah menandakan dari instansi mana?
    thanks

  6. Rasanya, tidak. Jika digunakan untuk informasi instansi asal, hanya akan tersedia 24. Sedangkan jumlah lembaga pemerintah (departmen dan non departemen) bisa lebih dari itu. Jika kita lihat daftar kendaraan yang dimiliki DPU, juga tidak menunjukkan hal itu.

  7. so tsau lo yee ……………………………..hehe he he he he he

  8. heheh
    infonya boleh juga

    besok-besok liatin flat nomor mobil orang deh..

  9. BS digunakan untuk kendaraan pejabat sipil, atau mantan pejabat sipil.
    Kalau sekarang Nomor plat Pejabat-pejabat satu persatu ganti huruf dari BS ke RFS, kalau boleh saya tau apa arti singkatan RFS itu???

  10. Oh udah jadi RFS, ya. Baru tahu. Thanks.

  11. mas mu nanya, nomor mobil “B 2424 DY” itu daerah mana ya?? yang punya mobil tu dah nipu saya senin kemaren, hiks…. 900 ribu….

  12. ralat.. bukan nipu, tapi minjem uang, ampe sekarang blom dibalikin.. nomornya masih aktif, tapi gak pernah mau balas sms..

  13. Ada lagi mas nomor bodong

  14. Di tempat aku banyak mobil hasil curian ketangkep trus disewain deh dan pakai nomor bodong, aman aman saja

  15. mau tanya donk,, ada yang tahu nggak B 1287 RFS itu punya siap.. or… untuk melacaknya gmn yah? ada yang tahu nggak?

    thanks before

  16. mau tanya donk,, ada yang
    tahu nggak B 1287 RFS itu
    punya siap.. or … untuk
    melacaknya gmn yah? ada
    yang tahu nggak?
    thanks before

    Ane gak tau gan. Yg ane tau B 1002 RFS. Itu punya Dirjen ane, Pak Thomas Sugijata. Kalo RFS dan 4 digit diawali angka 1 itu yg jelas punya pejabat gan. Ati2 aja jgn sampe nabrak mobil yg make nopol begituan gan..wkwkwk..

  17. BS digunakan untuk
    kendaraan pejabat sipil,
    atau mantan pejabat sipil.
    Kalau sekarang Nomor plat
    Pejabat-pejabat satu persatu
    ganti huruf dari BS ke RFS,
    kalau boleh saya tau apa
    arti singkatan RFS itu???

    Itu singkatan dari Reformasi Sipil gan.
    –CMIIW–

  18. blum tentu rfs siapa aja bisa miliki ?

  19. mau pejabat atau bukan salah tetep ditindak kok?

  20. rfs,rfq,rfn,rfv,rfa sipil,rfp,polisi,rfd,ad,rfu,au,rfl,al.kalau berminat plat rfv saya akan bantu?

  21. tidak ada yg kebal hukum ngak mau ditilang,jagan melangar ya??

  22. jagan mentang2 pakai plat no pilihan bebas dijln seenaknya sudah tidak berlaku siapapun yg salah pasti ditindak,tidak ada pengecuali termasuk plat dines ? memang tidak ditilang tapi plat dines bersangkutan dicatat dan diterus kan keinstansi bersangkutan untuk ditindak oknum petugasnya ???

  23. setau gua hukum lalin masih berlaku besar kecil ( orang besar lepas orang kecil di tangkap) namanya indonesia Gan

  24. Ping-balik: Membaca Nomor Polisi Kendaraan Jakarta « Wong168's Blog

  25. RFS = Reformasi Sekneg
    dulu BS = Bantuan Sekneg
    yang pake BS ampe skrg msh lumayan banyak gua liad di jalan dan tetep mao di dalam mbl sndr aj yg nyetir 3 in 1 tetep tebas tuh
    hahaha
    sekedar info aje
    skrg pada berpindah dulu yang depany huruf B smua cth BM=bantuan militer, BP=bantuan polisi, berganti jadi BP=RFP, BD= RFD, dl
    mao siapapun yang menggunakan atribut ataupun tidak tetap aj mao aman di jalan taati peraturan bkn taat karena tkt dhukum
    peaceee gan

  26. saya pernah lihat mobil plat akhirnya RFS tapi didalamnya keluarga etnis tionghoa (maaf, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap etnis tionghoa)… sepertinya belum ada pejabat tingkat pusat dari etnis tionghoa setahu saya… ada apa gerangan?? apakah sebuah bentuk penghargaan terhadap mitra bisnis??

  27. B.6385,RAS (ini plat gw..tangggal lahir dan nick name)

    Hemmm sekarang saya sering melihat plat mobik dan motor ada tambahan seperti Emblem kecil di plat mobil berlambang seperti plat Angakatan Darat..apa itu legal atau bagaimana yaa ?? ada yang seri angka nya 002…lambangnya seperti AD..dan mobil sipil pun sekrang sudah banyak menggunakan lambang instansi pemerintah sperti Polri, AL, bahkan Perbakin..bagaimana ini…???

  28. denger2 BS sekarang uda diganti menjadi RFS

  29. boss, sering liat ada yg kode belakangnya cm ‘X’ doang itu model apa ya? misal B xxxx X, keren tuh

  30. gan..kalau pakai plat tambahan TNI-AD/AL/AU atau POLRI maupun PERBAKIN ya sah2 aja. selama tidak merubah Nomor POlisi tersebut. Plat nomer tersebut kan didapat khusus, tidak dijual sembarangan…

  31. plat no RFY dri instansi mna sih? kok bawa mobilnya ugal2an,, udah nyalip dari kiri pas pintu tol rawamangun B 1298 RFY.

  32. iya parah, saran saya, hati2 sama yang plat2 gituan (RF_). mendingan ngalah. Kalau diladenin, rugi waktu, rugi biaya. Biar saja mereka menemukan balasan di tempat lain

  33. rfs rahasia fasilitas sipil

  34. gan…plat no B 3120 BTH atas nama siapa ya….motor nya cbr merah….istrinya dah bawa duit kantor tuhhhhh….

  35. sekarang udah byk yg RFS, RFP,FRD dll.
    Yang benar2 asli adalah contoh B 1234 RFS (setau saya hanya RFS yg warna mobilnya bebas sisanya Hitam atau Abu-abu, biru AL atau AU dan berlaku setahun saja, kalau depannya kepala 2 contoh B 2218 RFS itu bisa dibeli bahkan yang 3 nomer lebih murah contoh B 335 RFS dulu tahun 2012 saya beli 3,5 – 4jt.
    Semoga membantu.

  36. kalo B 8**** X artinya apa?

  37. Kalau RFY itu setau saya biasa dipakai sama mobil pengawalan Pasukan Pengamanan Presiden atau Polisi Militer. CMIIW

  38. oh pantesan ane pernah di pintu tol
    keluar taman mini di pepet plat RFY gak maw ngantri… untung skill ane lumayan tinggi jdi ane giring doski masuk pintu e tol … wkwkw jdi maju mundur doski gak punya etol wkwkw… tpi lain kali mending ngalah lah ane dri pada dri pada gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s