Lowongan Perwira Polisi

Koran Kompas Kamis minggu lalu memasang iklan rekrutmen untuk perwira polisi. Yang agak beda dari rekrutmen polisi sebelumnya adalah syarat pendidikan. Tahun ini Akademi Kepolisian hanya akan menerima sarjana lulusan S1 dan S2. Selain itu, akpol juga menerima bintara polisi untuk mendaftar jadi perwaira asalkan mempunyai ijasah S1 atau S2. Ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dimana akpol hanya menerima lulusan SMA untuk dididik selama 4 tahun agar menjadi perwira polisi.

Akpol menjanjikan bahwa lulusannya dari jalur S1 dan S2 ini akan tetap dapat menjadi kepala kesatuan wilayah (kapolsek, kapolres, kapolwil, kapolda) dan jabatan strategis lain.

Proses pendaftaran dimulai tanggal 18 April sampai dengan 25 Mei 2007. Proses pendidikan dimulai tanggal 1 Agustus 2007 di Akpol, Semarang. Akpol mensyaratkan IPK 2,5 untuk lulusan S1 dan 2,75 untuk lulusan S2. Usia maksimum pedaftar dari umum adalah 25 tahun untuk S1 dan 27 tahun untuk S2. Sedangkan anggota polisi yang ingin mendaftar maksimal berusia 26 tahun untuk S1 dan 28 tahun untuk S2.

Ini mungkin usaha polisi untuk menjadi lebih baik. Dengan cara ini polisi bisa mendapatkan perwira dengan pendidikan lebih baik. Selain itu anggaran pendidikan polisi untuk mendidik anggotanya dapat dikurangi. Karena polisi tidak lagi membiayai proses pendidikan keahlian yang terkait pekerjaan. Karena masysrakat sendiri yang membiayai biaya pendidikan di jalur S1 dan S2 nya. Jadi lembaga hanya akan memberikan pendidikan dasar kepolisian dan pendidikan kejuruan sesuai dengan minat siswanya.

Dulu pernah ada pemikiran untuk hanya menerima minimal S1 untuk tingkat perwira. Sedangkan untuk tingkat bintara minimal D3. Dan bagi lulusan SMA hanya bisa bergabung menjadi agen agen polisi di tingkat tamtama. Mungkin cara polisi merekrut anggotanya bisa ditiru oleh Depdagri sehingga keberadaan sekolah asisten bupati itu tidak diperlukan lagi. Rasanya para asisten bupati bisa direkrut dari perguruan tinggi yang juga banyak meluluskan Sarjana Ilmu Pemerintahan.(ir/wp)

14 responses to “Lowongan Perwira Polisi

  1. terobosan yang bagus. impactnya mudah2an polri akan lebih baik karna background pendidikannya lebih beragam sehingga wawasannya jg lebih luas. kalo selama ini kan lulus Akpol ambil S1 (umumnya Drs.) di PTIK jadi ilmu homogen dan itu-itu saja. Jadi ga heran kalo perwira polri dijamin 95% pasti ada gelar Drs. nya 🙂 o ya kalo gitu usul PTIK dihapus aja sekalian kan input perwiranya dah pada S1/S2 smua tuh .. lumayan menghemat anggaran polri biar ga nyari2 “sampingan” lagi🙂

  2. Harapannya sih begitu. Polisi berubah menjadi lebih baik.

    Kalo PTIK, kalo nggak salah, emang sekolah lanjutannya AKPOL. Denger denger sih menjadi syarat naek pangkat ke AKP (setara Mayor TNI). Jadi keberadaannya setengah memaksa.

  3. Baguslah ada terobosan seperti itu. Saya sangat mendukung. Kalo perlu ada yang S3 shg semakin berkualitas (tentunya, ya ambil yang bagus dong !).
    Salut kepada Kapolri yang memprakarsai ide tsb walaupun saya yakin yang tidak terima dengan gebrakan tsb pasti tidak sedikit pula. Sebanyak orang yang suka, sebanyak itu pula yang tidak suka.
    Tetap maju terus! Selama niat itu baik pasti akan berjalan dengan baik pula.

  4. Ping-balik: (masih) tentang ipdn « Oktavianus Sinaga

  5. Tidak ada hubungan antara pendidikan dengan kualitas deh pak. Siap grak!

  6. Akpol baru. kedepannya gmana..senior, junior sudah pasti hilang. orang seperti mereka yang mantan mahasiswa sudah terbiasa hidup bebas tanpa aturan. jadinya susah diatur..diatur aja susah apalagi disuruh hormat ma senior..Pass..

  7. bagus lah..tapi kalau bisa batas umur ditambah minimal untuk s1 28 atau 30, tanpa mengurangi seleksi porsi fisik, jadi pengalaman dan kedewasaan nantinya ikut berperan dalam kesatuan.

  8. setuju tp kl bs utk mendaftar akpol tes buta warnanya dihilangkan,,krn bkn krn buta warna trus seseorang jd tdk bs masuk & hrs digeser bgitu saja..tq

  9. tlong bapak kapolri berantas kasus suap dilingkungan kepolisian…….karena di lembaga ini dinilai baxk melakukan kecurangan di dalam proses penerimaan polisi

  10. knp see pak..tamatan SMA tdk bs menjadi anggota polisi lg,,,knp jg harus di hapus di ganti dengan yng sarjana khan bnyk orang yng gak bs ngelanjutin sekolah ke jenjeng yng lbh tinggi lg,,, tp ada keinginan menjadi POLISI,,
    TOLONG pak di beri kesempatan buat tamatan SMA tuk bs menjadi POLISI….thanks

  11. kapan pak ada penerimaan perwira polisi sumber sarjana 2010….???

  12. Saya ingin bertanya apakah PPSS, Akan membuka pendaftaraanya pada bulan oktober 2010?selanjutnya apakah Lulusan SARJANA HUKUM banyak di butuhkan pada pendaaftaran PPSS, TAHUN INI?

  13. yang saya mau tanyakan kapan peroses ppss di selenggarakan pada tanun 2010 ini? dan sarjanah pertanian di butuhkan tidak? tolong bls komentar saya pak? terima kasih.

  14. Mikum.
    Pak, mw tanya :
    1. Kapan penerimaan PPSS 2011 ?
    2. Apakah ada penerimaan PPSS untuk gelar sarjana S. Hi ?
    3. Kalo tahun ini PPSS belum menerima S. Hi, saya minta penjelasannya ?
    Trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s