Efisiensi Di Teller Bank Permata

Teller adalah jajaran terdepan perusahaan di bidang keuangan dan perbankan. Transaksi tunai banyak terjadi di sini, mulai dari setoran, tarikan, transfer. Sejak awal tahun 2007 ini ada yang baru di teller Bank Permata.

Pada saat melakukan setoran tunai, kita tidak perlu lagi mengisi formulir setoran seperti biasanya. Kita langsung datang ke teller, sebut nomor rekening, setelah teller mengatakan nama pemilik rekening kita sebutkan nilai yang disetor. Selanjutnya teller akan memberikan nota transaksi. Jika seluruh informasi sudah benar nasabah tinggal menyatakan persetujuannya dengan menandatangani nota itu sambil menyerahkan uangnya. Teller akan mencetak nota yang sama sekali lagi, menandatangani dan menyerahkan nota yang kedua kepada nasabah.

Banyak sekali penghematan yang dilakukan dengan perubahan ini. Bank Permata tidak perlu mencetak formulir setoran yang biasanya seukuran kertas A5 itupun masih harus rangkap 2-3 lembar. Kertas kertas ini cukup diganti dengan kertas nota yang biasa kita dapatkan dari supermarket. Bank Permata juga tidak perlu menyediakan passbook yang harganya bisa mencapai 10-12 juta rupiah per unit tapi cukup diganti dengan POS printer yang berharga 2-4 juta rupiah. Untuk buku tabungan, tabungan Permata memang tidak menggunakan buku tabungan tapi menggunakan rekening koran yang dikirim ke alamat nasabah setiap bulan.

Nasabah tidak perlu lagi mengisi formulir setoran misalnya, nomor rekening, nilai transaksi, tandatangan sebagai tanda persetejuan. Bahkan tidak jarang berisi data yang redundan, misalnya cabang transaksi, tanggal transaksi, nama pemilik rekening, jenis matauang, jenis setoran, jenis rekening, jenis transaksi atau terbilang dari nominal transaksi. Dengan tidak mengisi formulir setoran, nasabah sudah menghemat waktu 3-4 menit untuk melakukan transaksi.

Jika menggunakan formulir setoran, kemungkinan kesalahan pada pembacaan tulisan formulir setoran maka pada model yang tidak menggunakan formulir ini kemungkinan kesalahan terjadi pada pengejaan nomor rekening dan penyebutan nominal. Pada nasabah yang cadel akan kesulitan harus menyebut nominal 876.000 (terbilang: delapan ratus tujuh puluh enam ribu rupiah).

Dimasa seperti sekarang, dimana nilai spread (rentang selisih) bunga pinjaman dan tabungan tidak terlalu jauh, diperlukan inovasi inovasi agar tetap bertahan di persaingan bisnis perbankan.(ir/wp)

7 responses to “Efisiensi Di Teller Bank Permata

  1. Ping-balik: Orang-orang Terkaya Indonesia dan Masa Depan Kita » Nofie Iman

  2. Ping-balik: Orang-orang Terkaya Indonesia dan Masa Depan Kita « ZULFIKRI’s Webblog

  3. Ping-balik: Orang-orang Terkaya Indonesia dan Masa Depan Kita « Tentangekonomi’s Weblog

  4. Ping-balik: Bisnis ala Temasek dan Singapura « DTEL NGALAM

  5. Ping-balik: My Blog » Blog Archive » Lg day dreaming gimana jadi kaya

  6. Ping-balik: Ratna Mahmudah’s Blog » Blog Archive » orang kaya …

  7. Ping-balik: sekilas JADUL Sandi dan Soerjadjaja « Adaro, saham gw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s