Lowongan Untuk Menjadi Penerbang Militer

Koran Kompas Senin, 30 April lalu memasang iklan rekrutmen untuk penerbang militer. Melalui program Sekbang , TNI akan merekrut lulusan SMA/MA untuk dididik menjadi penerbang militer. Dulu program ini dikenal dengan nama IDP (Ikatan Dinas Pendek) lalu berganti menjadi Sekbang PSDP (Sekolah Penerbang Prajurit Sukarela Dinas Pendek). Awalnya program ini diselenggarakan oleh TNI AU untuk memenuhi kebutuhan pilot di internal TNI AU. Seiring kebutuhan penerbang dari angkatan lain (TNI AL, TNI AU dan POLRI), akhirnya program IDP diubah menjadi Sekbang PSDP dan dikendalikan langsung oleh Mabes TNI.

Program Sekbang PSDP adalah jalur pasti menjadi pilot militer. Lulusan dari program ini akan ditugaskan ke dinas penerbangan di masing masing angkatan. Hanya saja, lulusan dari program ini tidak bisa mengisi posisi pilot tempur TNI AU. Karena pilot tempur hanya akan diisi oleh lulusan dari AAU. Program PSDP hanya mendidik pilot untuk pesawat angkut (A-class) dan helikopter (H-class).

Syarat untuk bergabung dengan program ini adalah lulusan SMU/MA jurusan IPA. Dengan nilai kelulusan 6,5 dan tidak ada nilai kurang dari 6. Program ini terbuka bagi semua lulusan 2003 sampai dengan 2007. Syarat umur 18 sampai dengan 23 tahun dengan tinggi badang setidaknya 163 cm dan panjang kaki 100 cm. Pendaftaran dapat dilakukan diseluruh Ajendam di daerah masing masing dari bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2007.

Program ini akan berlangsung di lanud Adi Sucipto, Jogjakarta dan dilanjutkan di dinas penerbangan angakatan masing masing. Setelah lulus, perwira PSDP harus menjalani ikatan dinas selama 10 tahun. Setelah masa ikatan dinas selesai, perwira PSDP dapat melanjutkan karir militer atau memilih keluar dari dinas militer. Perwira lulusan PSDP yang tidak melanjutkan dinas militernya banyak ditunggu oleh perusahaan sipil yang mengoperasikan helikopter karena memang sekbang satu satunya pendidikan helikopter di Indonesia.

Saat ini kebutuhan pilot helikopter sipil di Indonesia sedang tinggi, karena minimnya lulusan pilot dengan kualifikasi helikopter. Sedangkan gaji pilot helikopter juga tidak rendah, berkisar USD 2000 – 4000 sebulan. Jadi, jika harus lewat jalur militer untuk menjadi pilot helikopter, kenapa tidak?(ir/wp)

52 responses to “Lowongan Untuk Menjadi Penerbang Militer

  1. takut ketinggian mas…
    ga mau jadi pilot… ;-)

  2. Tapi angka 2 ribu nya masih bikin takut nggak? Agak nyesel juga tau informasi ini baru taun segini, secara umur sudah lewat jauh :((

  3. WAh,bagi2 infonya donk mas?
    i really wanna be a pilot

  4. Ini kan udah dibagi. Udah daftar belum? Disini sudah ada beberapa artikel tentang kedirgantaraan. Dan saya masih ada beberapa lagi, tapi belum diupload.

  5. cariin kerja pilot cpl fixed wing buat gw donk, klo ada infonnya ne mas

  6. mas syarat2x nya pa wae?????????????????????????????????????????????????

  7. hmm.. lulusan nya ntar bisa jadi pilot pesawat komersil juga ga yah ? semacam boeing gitu ..trus kalo bisa apa ga overlap ama jebolan STP Curug (yg punya dephub) ?

  8. coy:
    standar persyaratan tentara, tapi ada yang khusus:
    * tinggi min 163cm dengan panjang kaki min 98cm.
    * tidak berkacamata

  9. osinaga:
    Harusnya sih bisa. Jam terbangnya di dinas tentara berapa trus ngambil sertifikasi Boeing. Tapi saya belum dapet informasi lebih jauh lagi.

    Lulusan STP khusus buat melayani kebutuhan pilot di dephub. Jadi mereka bawa pesawat sipil saja. Nah kebutuhan pilot militer di isi dari PSDP sama AAU.

  10. Ass,,
    mas mo tanya syarat pendaftarannya apa aja, & daftarnya paling lambat kapan?
    & klo dah diterima nanti kerjanya gimana & untuk prospek masa depannya gimana, menjamin hidup bahagia gak ?

  11. di website nya Sekbang belum update, masih pake brosur untuk tahun 2006. Biar jelas datang saja ke Ajendam (Ajudan Jenderal Daerah Militer), kalo di Jakarta di daerah Uki.

    Kalo tanya kerjanya gimana, yang pasti sih di dinas militer setidaknya 10 tahun. Setelah itu terserah mo diterusin jadi tentara apa mau gabung ke perusahaan sipil.

  12. mas2 alamtnya dmn?hari gini cari kerjaan susah,boleh tuh gw coba???
    infonya ya pls!!!

  13. 1.Mengapa untuk jadi Penerbang Militer hanya dari lulusan SMU/MA?mengapa dari STM tidak ada?
    2.Progam ini selama pendidikan ditarik biaya/tidak?

  14. Informasi jadwal rekrutmen dari TNI-AD
    1. Pendaftaran : Minggu I Mei s.d Minggu IV Juli 2007
    2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu I Agustus s.d Minggu II September 2007
    3. Sidang Panitia Daerah : Minggu II September 2007
    4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu III September s.d Minggu III Oktober 2007.
    5. Sidang Panitia Pusat : Minggu IV Oktober 2007
    6. Buka Pendidikan : Minggi IV Oktober 2007
    Pendaftaran dapat dilakukan di:
    Ajendam I/BB Jl. Singgasana No.1 Medan
    Ajendam II/SWJ Jl. Urip Sumoharjo Palembang
    Ajendam III/SLW Jl. Boscha Bandung
    Ajendam IV/Dip Jl. Watugong Semarang
    Ajenrem 084/BJ Jl. Krembangan Barat Surabaya
    Ajendam VI/Tpr Jl. Jenderal Sudirman Balikpapan
    Ajendam VII/Wrb Jl. Garuda No.2 Makasar
    Ajendam IX/Udy Jl. PB. Sudirman Denpasar
    Ajendam XVI/Ptm Jl. A. Yani No. 1 Ambon
    Ajendam XVII/Trikora Jl. Diponegoro Jayapura
    Ajendam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo Jakarta Timur
    Ajendam IM Jl. A. Yani Banda Aceh

  15. Aswin:
    2. Tidak dipungut biaya, seluruh fasilitas tersedia secara cuma cuma/gratis.

  16. wah saya ketinggalan info nih tuk jg penerbang
    klo ada info yg lain tp yg bebas biaya ^_^
    please sent ke mail saya or update tiap hari disini aja……
    thx

  17. saya pengen sekali menjadi penerbang, tapi saya tidak tahu seluk beluk tentang Karbol AAU ataupun sekolah2 yang sejenisnya..saya mohon informasinya..?

  18. Artikel tentang penerbangan bisa dibaca dari majalah Angkasa. Artikel online di internet juga bisa banyak ditemukan. Misalnya di forum indoFLyer.net

  19. Jadi penerbang militer mau banget.

    cita-cita nggak kesampean, Om.

    Gigi udah bolong, mata keburu silindris. capek deh.

    sedih, uy. hayang ceurik..

    tapi kalo tentang kedirgantaraan mah alhamdulillah cukup banyak tau.

  20. Nggak usah ceurik. Hobi dirgantara juga mengasikkan, kan. Ada flight simulator, ada pesawat terbang RC (remote control). Kalo mau lebih berat ada glider, paralayang.

  21. hiiiii……aq jhon,, aku mau nanyak syarat_syarat buat jadi pilot apap aja yaaa? tlong di balas yaaa thanks…;

  22. Gue Lulusan ppl dari fLying school swasta di jakarta,sekarang gue lagi cari perusahaan yang mau bayarin cpl sama rating gue Dengan Perjanjian yang dibuat oleh perusahaan tersebut kalau ada bisa info ya mas,thanks bgt……..

  23. mlm pak…

    sy mw nny persyaratan yg lengkap msk psdp ap n apakah lulusan sarjana bs mendaftar jd psdp??

    mksh..

  24. siang p.komandan
    saya mau tanya kalo perempuan mau masukPSDP bisa g???satau saya soalnya ada yang cewek dari PSDP angkatan 73!syart dan ketentuan nya gimana??

  25. tahun 2008 ada gak?
    cz aku baru lulus tahun 2008

  26. siang mas,
    menurut info yang saya dapat dari adik saya yang ikut test pilot di STPI curug, penerimaan tarunanya dibatasi 30 orang ya, tapi sebelumnya untuk angkatan 2007/2008 dibutuhkan 60 orang taruna. dan yang 30 orang itu dikhususskan untuk instruktur di stpi, gimana sih stpi itu?

  27. mas ada info nggak tentang penerimaan wamil TNI dari S1, syaratnya apa saja sih?

  28. Jumlah taruna yang diterima biasanya tergantung kebutuhan.

  29. Untuk peneriamaan sekbang tahun 2008 sudah dibuka mulai hari ini.

  30. tinggi kurang tpi tetep daftar jayalah indonesia

  31. ass mas….saya psdp 22 sekbang 75
    saya hanya memberi support aja bagi u yg mo masuk psdp dijamin ga akan nyesel..soalnya selain u dicetak menjadi seorang perwira juga dgn kualifikasi seorang penerbang.THE SKY IS VERY FAR BUT NO ROOM TO MAKE MISTAKE

  32. mas…
    gmn setelah lulus sekbang psdp, apa kita tetep punya pangkat. dan apa bisa sampe Pati???
    tapi sayangnya ga jadi pilot tempur…/sob.
    thx.. atas infonya.

  33. saya danang, saya sekarang kuliah di Sekolah Tinggi Penerbangan AVIASI. mas, kalo ada berita tentang penerbangan. bisa kirimkan ke email saya di
    danangpujiyanto@yahoo.co.id
    lowongan juga boleh ko…
    thanks y mas….

  34. bossssss tlng tempat pendaftaran dan syarat detail di kasih ngerti biar bs gabung!!!!!!!!!!!thank

  35. WHY boss lulusan STM kategorinya gak masuk sketan???gmna kepiye ko’ bs gtu boss???

  36. Mlm semuanya … sy lulusan sekbangPSDP 20 angkt-71 … sy juga cuma ngasi info aja. pendidikan di sekbang itu g uenak tp uwenaq bgt ,,,, he2 free lagi. sy lu2s taun 06 n ditempatkan dinas di Angkatan Laut n insyaallah bulan 10 taun ini udah naek pangkat lettu. sy jurusan heli n bersyukur bgt dapat heli krn klo uda keluar dr militer g susah cri kerja di heli sipil, gajinya juga tuinggi bgt. di biak aja ad yg nawarin dgn gaji 11.000 usd. bagi yg berminat g usah mikir2 . oke

  37. Mas Arya, makasih sharingnya. Jadi, kenapa masih ragu sekolah di sekbang?

  38. Mas, kLo sAya mSiH klaS 1 stm, saYa pEngEn BangEt JaDI PILOT taPI pilot tEmpuR. MAsaLAhnyA saYa SEkoLah buKAn JUrusAn IPA apalagi PENERBANGAN jadI apa SayA MasiH PunYA keSEmpatan YAh… TOlonG kaSIh peNjelasaN MuMpung MasiH mUda……
    KiRimnYa LeWAt E-maIL sayA aja DI : rama378@gmail.com

  39. salm knal mas
    beruntung sy dapt ksempatn buka halaman mas
    saya harun,sekarang sedang kuliah di f-mipa ugm jurusan ilmu komputer,usia skrg 19 dn lulus insya allah 2012 (mugkn d kisaran usia 22-23) apa ad kmugknnan mas steleh lulus s1 dgn usia sgitu masih bisa di terima di psdp
    maaf mas jadi penerbang udh impian sjk tk
    mohon bimbingn ,info n tdk kbrtn kirim info mgnai pndftrn pnerbng k email saya
    terima kasih

    harun

  40. Saya Alumnus PSDP 22 Sekbang 75.
    Bagi yang berminat mau jadi Perwira Penerbang TNI silahkan daftar. Informasi cari saja di http://www.tni.com. Dijamin gratis. Jadi jangan takut saingan sama anak jenderal atau siapa pun. Kalau kau punya kualitas daftar saja. Kapan lagi jadi PILOT man.

  41. Mau nanya nih misal nya kalo udah habis masa dinas pendek nya bisa ngedaftar jadi pilot maskapai penerbangan sipil kaya garuda gto ga?

  42. mas mau nanya nich, koq untuk tahun 2010 ini di bandung tidak membuka pendaftaran sekbang PSDP lagi sich ??. Jadi alternatif kalo mau mendaftar ke daerah mana yach ??

    thx be4..

  43. yah, ga bs ya penerbang tempur yg backgroundny bocah kampus alias mahasiswa kuliah?

  44. Mas saya daftar psdp ni sekarang yg saya mau tanya psdp tahun 2010 diambil brapa orang yah. . .

  45. bagi info ny donk
    aku mau jdi pilot
    info ny buat kota palembanh yahh

  46. saya mau ambil s1 di ui dulu nich. masa g bs s1 jd pilot tempur? pdhl di us air force mlh minimal s1.

  47. sya mau mendaftarkn diri..
    kapan di mulainya….

  48. kingkong45 benar lho. Di Amerika sana ad sekolah buat mahasiswa yg sdh lulus s1, namany Officer Training School. dari situ kita bisa ‘apply’ jadi pilot tempur. malahan batasan usia maksimumny sekitar 27 ato 28 tahun. Pake kacamata di USAF sbagai pilot tempur juga bisa loh, cuma saja ad batasan ukuran min buat rabun jauh.
    Knapa di TNI AU tidak ad program seperti itu?

  49. Mending jadi Penerbang Paramotor…alat terbang nya bisa kejangkau untuk membelinya…kan sama sama pilot .

  50. Aku ingin jd figter pilot

  51. pilot this myb dreams

  52. maaf ..sbenernya wanita bsa jdi pilot apa nggak si?
    dan mohon bagi infonyanya yaa?

Tinggalkan Balasan

