Ulasan Tayangan TV Untuk Balita

Ditengah membanjirnya tayangan televisi, memilih tayangan yang cocok untuk konsumsi anak akan sangat memakan waktu. Ada tayangan yang memang didesain untuk anak, tapi ada juga tayangan yang dikategorikan sebagai tayangan anak tapi tidak cocok untuk anak anak.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang pembatasan tontonan tv bagi anak. Berikut akan diulas sedikit tentang beberapa tayangan tv yang cocok untuk anak. Tayangan yang dipilih adalah yang disiarkan melalui jaringan tv nasional.

Dora the Explorer
Dora The ExplorerDora adalah serial produksi Nickelodeon paling populer di Indonesia. Selain ceritan yang menarik, pernak pernik berbau Dora banyak dijumpai di pasaran juga semakin membuat Dora populer.

Karakter Dora adalah seorang gadis yang memakai ransel yang berisi peralatan dan ditemani monyet bernama Boots. Dalam setiap episode Dora dan Boots akan berjalan dari satu lokasi ke lokasi lain dengan bantuan peta untuk menyelesaikan suatu masalah. Disini anak diajak untuk belajar navigasi, menyeberang sungai, mendaki gunung untuk ke suatu tujuan. Setelah sampai ditujuan, Dora dan Boots akan menari dan bernyanyi “We did it, we did it !”. Di akhir cerita, Dora akan beratanya “Bagian mana yang kamu sukai ?”. Ini akan membiasakan akan untuk mereview aktifitasnya.

Dora mengajarkan bahasa, kreativitas, budaya. Dora diceritakan dapat berbahasa Inggris, Spanyol dan tinggal di Amerika Selatan. Dora sering kali mengajak untuk belajar misalnya tentang bentuk segitiga, lingkaran atau warna.

Tidak jarang Dora berinteraksi dengan penonton tv. Kadang dia mengucapkan suatu kata dan meminta penonton untuk mengulangnya. Atau mengajak penontonnya untk menangkap bola, ini akan melatih anak untuk beraktifitas.

Dora ditayangkan di GlobalTV setiap Senin – Jumat jam 04.30, 07.30 dan 15.00, sedangkan untuk Sabtu – Minggu tayang jam 08.00.

Go, Diego, Go
Go, Diego! Go!Diego adalah saudara sepupu Dora, tapi di Indonesia Diego kurang populer. Pada beberapa episode mereka saling berkunjung dan bermain bersama karena memang sama sama diproduksi oleh Nickelodeon.

Tokoh Diego diceritakan sebagai seorang pecinta binatang yang tinggal di hutan Amerika Selatan. Dalam setiap episode nya, Diego harus menyelamatkan berbagai jenis binatang. Diego sering mengajak penontonnya untuk meneriakan suara binatang dan belajar tentang perilaku binatang. Di akhir episode, Diego akan memberikan pertanyaan trivia seputar binatang yang diselamatkan. Setelah semua pertanyaan dijawab Diego akan mencetak foto sebenarnya binatang itu dan menyimpannya di album.

Diego ditayangkan di GlobalTV setiap Sabtu – Minggu jam 07.30.

Franklin
FranklinFranklin adalah tayangan paling cocok untuk menanamkan pendidikan etika dan tata nilai kepada anak. Tayangan produksi oleh Nelvana Limited ini mengajarkan anak menghormati orang lain, menjadi kalah, belajar dengan guru di sekolah.

Franklin adalah seekor anak kura kura yang sedang mencari jatidiri. Franklin tinggal di sebuah kampung bersama kedua orang tua, adik dan teman teman binatang lainnya. Franklin selalu belajar dari setiap hal yang ada. Franklin juga bukan anak yang selalu benar, bahkan sering kali dia berbuat salah. Tapi dari setiap kesalahan dia mampu memperbaiki diri dan belajar.

Franklin ditayangkan di Lativi setiap hari jam 04.30.

Lazy Town
Lazy TownLazy town adalah tayangan yang mengajak anak untuk selalu aktif, makan makanan sehat, dan berolahraga. Tayangan produksi Truenorth Productions ini menampilkan tokoh manusia pinky-little-girl Stephanie, pahlawan super Sportacus dan si jahat Robbie Rotten. Ada juga tokoh boneka teman teman Stephanie dan keluarganya.

Diceritakan Stephanie pindah ke kota Lazy Town bersama pamannya yang menjadi walikota. Seperti namanya, anak anak kota ini sangat malas beraktifitas. Lihatlah Pixel yang setiap hari hanya menghabiskan waktu maen game dan ngoprek komputer lalu si Zigi yang hobi makan permen atau si Dixie yang kaya dan hanya main sendirian dirumah.

Tapi sejak kedatangan Stephanie, kota ini menjadi lebih hidup karena Stephanie selalu mengajak teman temannya untuk hidup lebih sehat. Jika sedang menghadapi masalah dari Robbie Rotten, Stephanie cukup mengirim surat ke Sportacus yang tinggal di balon udara untuk datang membantu.

Dalam setiap episode, akan ada gerakan akrobat dan tarian Sportacus dan Stephanie. Juga ajakan untuk selalu makan buah, menggosok gigi dan tidak makan permen.

Lazy Town ditayangkan di GlobalTV setiap Senin – Jumat jam 08.00.

Blue’s Clue
Blue's CluesBlue’s Clue menceritakan tokoh manusia Steve yang tinggal didunia animasi bersama anjingnya Blue yang tidak pernah berbicara tapi menggunakan petunjuk untuk menyampaikan sesuatu.

Tayangan ini mengajak penonton untuk membantu Steve menyelesaikan teka teki yang diberikan oleh Blue. Setiap episode, Blue ingin melakukan sesuatu atau menginginkan sesuatu. Dia memberi petunjuk berwarna biru di barang barang yang berhubungan dengan keinginannya. Setiap kali menemukan petunjuk, Steve akan menulis di ‘buku catatan’. Setelah terkumpul 3 petunjuk, Steve akan merangkai petunjuk petunjuk menjadi sebuah cerita tentang apa yang ingin disampaikan oleh Blue.

Blue ditayangkan di GlobalTV setiap Senin – Jumat jam 05.00.

Little Bear
Little BearLittle Bear adalah tayangan produksi Nelvana Limited menceritakan seekor beruang kecil yang tinggal bersama orang tua dan teman temanya di hutan. Orang tua beruang membiarkan beruang kecil bermain dan berpetualang bersama teman temannya di hutan. Kehidupan di hutan ini sangat tenang, bahkan anak anak binatang dapat bermain sepuas mereka.

Beruang kecil selalu mampu berbagi dengan teman teman. Mereka tetap bermain bersama walaupun seringkali berbeda pendapat. Little Bear mengajarkan kejujuran dan kasih sayang.

Little Bear ditayangkan di Space Toon TV Setiap hari jam 17.15, hanya saja beberapa kali berubah jam tayang. Space Toon adalah TV lokal yang siarannya khusus anak anak, sementara ini baru ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Garut dan akan menyusul di Medan, Malang.

Dan terakhir, selalu dampingi anak anda ketika menonton televisi. Mereka masih belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Kewajiban kita lah untuk menjelaskan kepada mereka.(ir/wp)

Iklan

7 responses to “Ulasan Tayangan TV Untuk Balita

  1. Tayangan Tv yang mendidik anak-anak sangat diharapkan tapi mengenai pembelajaran agama/membaca Alqur’an masih kurang di tayangan Tv …. kalau bisa di tambah dong !!! Durasi penayangan pembelajaran mengenai agama…!!!

  2. wah info bagus nih buat para calon bapak/ibu 🙂 secara saya tontonan nya ga jauh2 dari bola dan pelem mulai sekarang kudu mulai jd pemerhati tayangan anak2 🙂 tx mas indra sekalian ijin saya link di blogroll saya ya.

  3. Ping-balik: Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Preschool ? « Indra Riawan, Sebuah Catatan Kecil

  4. wahhh..thanks banget buat info tayangan TV untuk balita.
    memang, sebagai orang tua harus mulai memilah-milah tayangan tv untuk anak, apalagi sekarang banyak tayangan yang menggambarkan kekerasan, atau cuma untuk happing fun doang, sedangkan segi pendidikannya minim banget.

  5. Ping-balik: Iklan Dan Anak « Indra Riawan

  6. itu pak yang bagus lagi.. Pororo the Little Pinguin.. made ini Korea tapi baguss deh.. animasinya lucu.. dialognya sederhana dan pelan, banyak lagu2nya lagi.. lagunya bisa 3kali dalam tiap episode.. seruuu.. favoritnya anak saya nih.. dulu ditayangin di Antv..

    Trus lagi upin upin tuh pak.. bagus jugaa… (saya juga seneng hehe).. dialognya melayu sekali tapi nilai2 nya yg ada di film animasi ini sungguh baguus.. dengan adat melayu yg kuat animasi ini jadi favorit putra saya (arya, 26 mos)

  7. wah,adalgi yg ketinggalan 2 nih yaitu serial anak2 trbaru:
    >Masha and the bear:ceritanya bgus bnget,tayang di ANTV senin/sabtu pagi(09-10),ini mnceritakan tntang anak lucu,mungil,riang gembira yg pake jilbab(tpi bkn muslim)yg ditemani beruang”bear”.info lengkapnya liat di in.wikipedia.com/masha and the bear/
    >Doraemon:ini nih yg membantu anak2 agar saling membantu tman,tpi jngan dicontoh sifat giant>jayen<,yea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s