Menghitung Tinggi Anak Berdasarkan Tinggi Orang Tua

Ada sebuah rumus ngasal yang mengatakan bahwa, tinggi seorang anak ketika dewasa di tentukan oleh rata rata tinggi kedua orangnya. Tentu saja ini teori asal asalan karena tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh rangsang dari luar, latihan fisik, maupun asupan kalsium pembentuk tulangnya. Karena ternyata genetika kedua orangtua hanya mempengaruhi 70% pertumbuhan seorang anak.

Menurut teori ini, tinggi badan seorang anak laki laki ketika dewasa adalah rata rata tinggi kedua orangtuanya ditambah 7 senti. Atau ditulis dengan rumus matematika:

((tinggi badan ayah + tinggi badan ibu)/2) + 7.

Sedangkan tinggi seorang anak perempuan ketika dewasa adalah rata rata tinggi kedua orangtuanya dikurang 7 senti. Dapat ditulis menjadi:

((tinggi badan ayah + tinggi badan ibu)/2) – 7.

Untuk mendapatkan gambara rentangnya masih harus dikurang dan ditambah 10 senti untuk anak laki laki, dan 8,5 senti untuk anak perempuan.(ir/wp)

6 responses to “Menghitung Tinggi Anak Berdasarkan Tinggi Orang Tua

  1. Yaa, iseng iseng berhadiah aja. Sapa sih yang bisa tau kira kira entar kita bakal seberapa gede. Tapi lumayan lah buat prediksi. Jadi Advaya bakalan seberapa gede, Mas ?

  2. Iya nih, rumus yang ngasal.

  3. Teori baru?

    Biasanya kalau pemeriksaan rutin ke dokter anak, ada panduan gambarnya, dan dokter mencoret dan memperkirakan tinggi anak nantinya berapa. Saat itu, berdasar teori tsb (saya lupa tapi seperti kurva huruf S), anak sulung saya diperkirakan tingginya sekitar 169 s/d 172 dan memang benar.

  4. masa? saya sekarang 165cm.. waktu jejeran sama bapak saya, saya lebih tinggi. (ayah dan ibu kandung saya hampir sama tinggi cm beda 1-2 cm)..

    @bu Edratna..mungkin ngikut kurva normal bu (halah inget pelajaran statistik hehe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s