Jenis Program Preschool

Ada banyak tipe preschool. Ada yang fokus pada kemandirian anak ada pula yang sangat terstruktur dan rutin. Tipe tipe ini bukan suatu harga mati, karena anak bisa bersekolah di tipe apapun asalkan dia senang. Tujuan anak bergabung dengan preschool adalah agar dia bisa menghabiskan waktunnya dengan teman temannya sambil belajar.

Amerika
Di Amerika, ada beberapa tipe preschool. Yang populer diantaranya Montessori, High/Scope, Waldorf, Bank Street.

Montessori Program
Program montessori mengajarkan pada anak pentingnya semua mahkluk hidup. Selain belajar membaca, bahasa, dan matematika anak anak juga akan belajar tentang budaya, binatang, tumbuhan. Para guru, disebut sebagai guide (pembimbing), percaya bahwa tiap anak mempunyai cara sendiri untuk belajar. Anak anak dapat bertanya jika mereka memerlukan bantuan atau mereka belum siap. Orang tua juga dilibatkan secara aktif aktif.

Kurikulum Montessori memfokuskan pada 5 poin yaitu:

  • Kehidupan praktis, anak akan belajar bagaimana mengikat sepatu, menyiapkan makan/minum, mandi sendiri.
  • Kesiapan indera, anak akan dilatih untuk menggunakan ke lima panca inderanya.
  • Bahasa dan seni, anak akan digiatkan untuk menunjukkan ekspresinya secara lisan, mengenali huruf sebagai awal pembelajaran membaca, tata bahasa dan menulis tangan.
  • Matematika, anak akan belajar tentang angka sebagai dasar belajar berhitung dan ilmu ukur.
  • Budaya, anak diajak untuk belajar tentang negara lagi, sejarahnya, binatangnya, seninya.

Montessori cocok untuk anak yang ingin merasakan lingkungan belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Anak dengan masalah psikologi atau masalah belajar juga cocok belajar disini.

Montessori ada di Pondok Indah Montessori (751.1220), Kelapa Gading (453.3771), Ceria Montessori Simprug (722.1369), Jakarta Montessori Kemang (719.5408), Jayakarta Montessori Kemang (719.4907), Rainbow Montessori Cilandak (751.0401), Addision Montessori Bangka (719.4267), Kreativita Montessori Kemang (744.5061), Kreativita Montessori Jagakarsa (727.2162), Twinkle Stars Cipete (750.1799), Jakarta International Montessori Ciputat (741.1222), Lakeside Montessori Cibubur (8774.5999).

High/Scope Appoarch
High/Scope mendasarkan pada teori bahwa anak memerlukan keterlibatan aktif antara orang, materi, ide, dan kejadian sehingga memungkinkan anak anak dan guru belajar bersama. Anak dapat memilih sendiri materi dan aktifitas sesuai dengan minat dan tujuan masing masing. Guru dilatih agar dapat mendukung anak untuk mengambil keputusan dan mandiri. Komputer dan program komputer juga sering digunakan dalam pembelajaran.

Kurikulum high/scope mengenali ada 58 poin yang harus dimiliki anak yang dikelompokan menjadi 10 grup yaitu:

  • Kreatifitas: meniru, pengenalan.
  • Bahasa: berbicara, menjelaskan, bercerita.
  • Inisiatif dan hubungan sosial: mengambil keputusan, penyelesaian masalah, membangun hubungan.
  • Gerakan: berlari, menari.
  • Musik: menyanyi, memainkan alat musik.
  • Menggolongkan: menggambarkan, mencocokan.
  • Mengurutkan: mengatur dalam urutan.
  • Angka: berhitung.
  • Konsep ruang: mengisi, mengosongkan.
  • Konsep waktu: mulai, berhenti.

High/scope sesuai untuk anak yang membutuhkan perhatian secara individu. Anak yang perkembangannya terlambat dan kesulitan dalam belajar juga cocok disini.

Di Jakarta, High/Scope ada di TB Simatupang (7591.7888), Bintaro (7486.4640), Pluit (669.3140), Kuningan (939.2528), Kelapa Gading (4586.0927), Senayan City (7278.1501), Alfa Indah(584.0861). Ada juga di Bali (416.469), Bandung (421.3180), Medan (455.3265).

Waldorf Approach
Program Waldorf meyakini bahwa manusia dibuat dari tiga aspek yaitu: semangat, jiwa dan tubuh. Anak didorong untuk ikut dalam permainan kreatif yang merangsang penggunaan 5 indera. Suasana belajar dibuat agar anak merasa nyaman dan seperti dirumah sendiri. Anak dapat menggambar, mewarnai, menyanyi, membuat patung lilin, membuat kue, bermain peran sebagai orangtua atau tokoh lain.

Waldorf lebih berorientasi ke kelompok, anak yang patuh dan menyukai ritme yang berulang cocok bersekolah disini.

Bank Street Approach
Metode Bank Street adalah pendidikan yang fokus pada anak. Guru disini dilatih untuk memaksimalkan perkembangan fisik, emosi, kognitif dan hubungan sosial. Anak dipercaya sebagai pribadi yang active learner, explorer, experimenter, artist. Bank Street fokus pada 5 poin ilmu sosial yaitu: antropologi, sejarah, sosial politik, ekonomi, geografi. Anak biasanya bermain dengan mainan dan materi yang bisa melatih imajinasi mereka misalnya, block, air, tanah liat, puzzle. Mereka dapat memilih untuk bermain sendiri atau dalam kelompok.

Indonesia
Di Indonesia sendiri, pengelompokan model preschool tidak dilakukan. Beberapa menggunakan konsep alam, ada juga yang mengadopsi kurikulum global atau internasional, ada juga yang islami. Tapi konsep dasarnya sendiri tidak ada. Menurut RUU Pendidikan Anak Usia Dini (RUU PAUD), PAUD secara formal dapat dilakukan oleh Taman Kanak Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) sedangkan secara nonformal dilakukan oleh Taman Penitipan Anak (TPA) dan kelompok Bermain (KB).

TK dan RA untuk anak usian 4-6 tahun yang difokuskan pada perkembangan anak dan kesiapan anak untuk bersekolah. Selain itu, khusus di RA akan mulai diberikan pengajaran agama Islam dibawah supervisi depag. TK dan RA dilakukan 2 jam setiap hari.

KB disediakan untuk anak usia 2-6 tahun yang difokuskan pada perkembangan emosi dan mental dengan permainan permainan yang mendidik. KB dilakukan 2 jam dengan pertemuan minimal 3 kali seminggu.

TPA disediakan untuk anak usia 3 bulan – 6 tahun yang difokuskan pada perawatan anak anak yang ditniggal orangtuanya bekerja yang memberikan juga stimulasi untuk perkembangan emosi dan mental. TPA dilakukan 8-10 jam setiap hari.(ir/wp)

Artikel lain:
Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Preschool?
Ulasan Tayangan TV Untuk Balita
beingMOM – Info Sekolah di Jakarta

Iklan

14 responses to “Jenis Program Preschool

  1. I’m very interested and concern all about Early Childhood Education, especially Montessori approach. Would you please write deeper about Montessorian?
    Thank you.

  2. I’m sorry. I could give you a brief information only. For more deep articles about Montessori you can visit to their website (montessori.org).

    Would you pleased share your knowledge in early education? As a daddy, I’ve concern in this subject too.

  3. Please note that Jakarta Montessori School moved to Jagakarsa in August 2005. Our new phone number is 021 727 2162.

    Thanks

  4. Thank you for your information, Carol. Hope this help other parents.

  5. Hi…
    ada yang bisa kasih info daftar preschool internasional dab berbasis Islam di wilayah jakarta timur dan sekitarnya ( bekasi, pondok gede, pondok bambu, pondok kelapa, pondok kopi)

  6. bisa kasih info preschool di daerah kuningan dekat dengan taman rasuna ngga ya? karena saya tidak tahu yang dekat dengan wilayah itu apalagi selain highscope.thank u.

  7. Materi yang menarik mas.

  8. Anak sampeyan sih belum sekolah. Tunggu 3th lagi, mumet wis pokok-e.

  9. ini informasi yang sedang banyak dicari dan digali oleh praktisi pendidikan

  10. Ping-balik: Memilih Taman Kanak Kanak « Indra Riawan

  11. Meskipun tulisan lama, baru berguna buat saya sekarang. Thanks ya mas… anak saya sekarang di Cabe Rawit dan term depan mau saya pindahkan ke highscope, tapi saya masih ragu dengan sistem-nya yang tidak biasa.
    Baca ini jadi ada pencerahan.

  12. Ping-balik: Keinginan yang tak terbendung…… « Serba Serbi Keluarga Dharmawan

  13. i’m interested in mentosory program can u explaine how to teach reading children under 5 year ago .thankz for your atention

  14. Kemang has another Montessori school, located at Jl. Benda.The name is Bintang Montessori. For more information, please visit their website http://www.bintang-montessori.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s