Mahalnya Biaya Pendidikan (Anak Usia Dini)

Bulan Juli ini adalah saat orang tua dipusingkan dengan pembayaran sekolah. Kesibukan di tingkat PG dan TK tidak kalah memusingkan. Pembayaran sekolah untuk tingkat ini bervariasi dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Yayasan Pendidikan Islam Ruhama yang terletak di jl Taruma Negara, Cireundeu, Pondok Cabe memiliki sekolah dari tingkat TK hingga SMU. Biaya pembayaran pertama di TK Ruhama adalah 900 ribu. Iuran bulanan sebesar 150 ribu.

Rausan Fikr baru menempati gedung baru milik sendiri yang berada tepat di belakang perumahan Bukit Moderen, Pondok Cabe. Pembayaran pertama untuk kelas Taman Bermain (atau playgroup – PG) sebesar 2,5 juta rupiah. Dengan iuran bulanan 150 ribu rupiah.

Yayasan Pendidikan Al Fath yang berada di jalan raya Cireundeu, Pondok Cabe termasuk sekolah elit di daerah selatan. Sekolah yang dilengkapi fasilitas kolam renang ini kabarnya mematok 13 juta rupiah untuk pembayaran pertama.

Memang jika dibandingkan dengan sekolah yang lebih terkenal, apalagi sekolah internasional, angka angka ini sangatlah kecil. High/Scope yang berada di jl TB Simatupang, kabarnya mematok harga 40 juta rupiah untuk tingkat TK. Tapi apakah angka jutaan rupiah ini layak untuk sekolah setingkat TK atau PG? Benarkah anak kita akan mendapatkan yang lebih baik? Atau jangan jangan yayasan hanya menjadikan orang tua murid TK atau PG sebagai sapi perahan yang akan membayar berapa saja untuk pendidikan anak mereka?

Tulisan ini memang hanya didasarkan pada obrolan minggu sore di taman depan rumah. Bukan dari hasil penelitian berbulan bulan atau survei lapangan. Apalagi cakupannya hanya sekolah sekolah disekitar lingkungan saya saja.(ir/wp)

29 responses to “Mahalnya Biaya Pendidikan (Anak Usia Dini)

  1. 40 juta? hmm..mending buat DP rumah atuh.. ato beli tanah🙂

  2. iya neh, 40 juta buat anak TK. Ini mah setara bayar masuk di perguruan tinggi (FKG ?). ampun deh

  3. Ping-balik: Biaya Pendidikan Tinggi (Juga) Mahal « Indra Riawan

  4. 40 jt mendingan beli starlet second.., iya sy jg pusing cari tk isalam yg berkualitas tp dg hrg terjangkau, di pdk cabe sepertinya agak sulittt!! bisa tlg kash info tk islam di sekitar pdk cabe kbtln sy tinggal di wismamas

  5. Wah, orang wisma, tetanggaan kita.😀 . Beberapa TK islam yang jadi favorit di wismamas antara lain Rausan Fikr, Al Hikmah, Al Fath, Ruhama.

    • Walaupun dah postingan lama tapi ikut nimbrung ya…Iya nih lagi bingung mau nasukin anak di play grup.. anak saya juni besok 3 tahun.. kebetulan saya tinggal di wismamas juga lagi bingungn antara al hikmah, rausan dan anak alam.. bagus mana ya

  6. 40jt?Utk tk?Gmana dg sd,smp dan smu nantinya ya.Kalo hsl menjamin gpp.Tp smua trgantung capability anak dan lingkungan kluarga yg mdukung program skolah.Bgaimanapun dan dmanapun skolahnya.Kalo msh da yg bgus dan murah knapa g ya

  7. Mengingat itu smua sy prihatin.Gmn dg anak2 pintar yg kurang mampu y.Ktertarikan dg dunia pndidikan sy tuangkan dg buka les b.Ing murah utk anak tk dan sd.Skalian promosi y pak indra he3..

  8. Kbetulan saya tgl di jl.Sd inpres pisangan berdekatan dg ruhama.Hub.021-93173914 bila trtarik les b.Ing.Trmkasih pak indra

  9. boleh tau alamatnya dimana untuk TK Al Hikmah pondok Cabe,tolong diinformasikan
    trimaksh

  10. TK Alhikmah ada di belakang UT. Dari arah bandara, ketemu Universitas Terbuka. Setelah UT ada STIMIK Mandiri. Masuk dari gang sebelah kanan STIMIK Mandiri. Ikuti terus sampai ketemu SD Terpadu Al Hikmah.

  11. 40 jeti ???? itu sekadar buat ajang gengsi para ortu, para pengajar/pendidik disekolah itu, ato kepala sekolahnya sendiri biar dikenal masyarakat luas sebagai ajang pergengsian… bisa sekolah mahal berarti anak akan lebih baik dan bermutu… benarkah ???

  12. ass.wr.wb
    bisa tau no telpon TKIT alhikmah Pd cabe tidak ya, rencana saya akan pindah ke daerah wisma mas ni Isya 4JJI..

  13. halah…bikin sekolah sendiri aja….

  14. Ping-balik: Memilih Taman Kanak Kanak « Indra Riawan

  15. 40 juta…..enaknya di apain ya? buat beli mobil second bisa tuh….

  16. ada yg tau biaya perbulan Al-Fath gak yach??..

    tks moms and dads

  17. Sekolah itu investasi masa depan, tetapi kalo mahal, mendingan buat invest usaha & dikembangkan, ajari anak & terusin deh oleh anak kita==> jadi pengusaha dan lebih baik dari pada jadi karyawan.

  18. Just Info…
    AT TIBYAN, Citanduy, Pondok Cabe.
    Sekolah ini termasuk baru, karena baru angkatan pertama. Misinya adalah membentuk anak yang sholeh, cinta alquran dan berahlak mulia.
    Kurikulum diknas dan keislaman yang dikemas dengan metode pembelajaran sistem sentra yaitu sistem belajar yang menanamkan konsep berbagai pengetahuan yang terkait dengan lingkungan anak melalui bermain. Fun dan tidak ada paksaan. Guru hanya fasilitator.
    Kelas nya terbuka dan dekat dengan outboundnya.
    Waktu belajar 7 – 11.30 wib..
    Pembiayaan:
    1. Formulir dan observasi siswa 250 rb
    2. Pengembangan fasilitas 1,8 jt
    3. Seragam 3 stel 375 rb
    4. Peralatan siswa satu tahun 1,2 jt
    5. SPP dan catering 355 rb
    6. Kegiatan siswa selama satu tahun Rp 2.350.000
    Total Rp 6.330.000
    Jk tidak masuk di tahun ajaran baru,bisa bayar setengahnya.semua sudah mencakupi uang kegiatan seperti komputer,renang,melukis dan cooking class.
    Pokoke terima beres..

    Nah jika dari letak, lokasi, metode dan harga…kelihatannya saya akan memilih AT Tibyan. Murid terawasi karena masih sedikit. Sekolah ini masih baru jadi masih bagus bagusnya mematangkan konsep.

  19. Saya bisa dapat info utk sekolah at tibyan dari mana ya ? ada alamatnya gak ? kalo boleh saya perlu cepat nih. Tks.

  20. Iya nih…
    SMP NEGERI Juga ampun mahalnya…
    Pake dana pembangunan dan SPPnya.
    di SMP N 17 tangsel, kelas 3 skarang ini SPP nya 175.000,- ???? Ngak ada pemberitahuan ke orang tua jika SPPnya naik dari 135.000,-. Apa fungsi KOMITE SEKOLAH???? Ngk pada mikir, susahnya zaman skarang.
    Tapi kalau kita protes nih…. ntar bilangnnya… yah jangan salahkan kami kalau bangkunya rusah, mejanya patah, pulangnya lebih awal.. dsb… terkesan ngancam…

  21. kehipan itu dimulai dari orang yang cerdas.bukan dari uang….

  22. enak beli CBR dapat 3

  23. Bisa dpt no telpon RUhama dan At Tibyan?

    • hehehe.. jd tertarik ikutan nimbrung di thereed nih ^-^..kebetulan sya tinggal d daerh pd cabe dan sya jg salah 1 guru d SDN di daerh Tangerang Selatan.Sjk 3th llu anak sya skolah d SD IT AL Hikmah Pd Cabe..Biaya sekolah di sekolah ini untuk ukuran SD IT termasuk yg termurah di wilayah Tangerang Selatan, klo di lihat dr lulusan2ny sekolah ini akademik dan agamany dpt nilai 9,krn lulus sdh wajib hatam Al Qur’an dan juz 30, untuk biaya masuk putra 6,100 putriny 6,175(sudah termasuk seragam,buku 1 semester) SPP perbulan 300rb, untuk ekskul antara 50 – 60rb tergantung ekskulny, untuk biaya persemester antara 750rb – 1,150 trgantung jmlh buku yg di ganti pd smster brikutny, di sini jg ada antar jemput yg d sediakan jika ada yang ingin menggunakan antar jemput, biaya antar jemput berkisar 150rb – 300rb trgangtung jauh dktny..o iya th ajaran ini bnyak yg minat masuk d sni smpai2 cm ada 1 gelombang sja utk PSBny.
      Klo untuk TK d daerah Pondok Cabe ada TK IT ATT Toyibah tempatny di dalam Perumahan Pelita Kencana, disini biaya nya murah tapi prestasi dan kwalitas pendidiknya sdh tidak d ragukan lgi..keluar dari TK ini anak2 minimal sdh hafal bacaan surah pendek, bbrp surah panjang dan praktek sholat..

  24. Masukin anak-anak TK nya ke kursus baca,tulis,hitung Bimba AIUEO di komp.Taman Harmoni, Pd.Cabe (antara Univ.Terbuka dan perempatan Gaplek) aja. Ijazah kursus calistung di Bimba ini bisa dipakai utk mendaftar ke SD. Saat masuk SD pun anak sdh lancar baca-tulis-hitung. Les calistung ini pun 3 s/d 5 kali seminggu tapi biayanya jauh lebih murah dibanding TK biasa.

  25. kasihan sekali anak lulus TK harus bisa kalistung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s