Non Disclosure Agreement

Perjanjian Kerahasian Perusahaan (Non Disclosure Agreement, NDA), adalah perjanjian yang harus disepakati oleh pekerja sebelum bergabung dengan sebuah perusahaan. Perjanjian ini dibuat karena ada beberapa hal yang tidak boleh (atau belum boleh) diketahui oleh umum. Informasi tentang klien, kondisi keuangan, bisnis proses, strategi bisnis, prosedur internal, sampai source code biasanya tercakup dalam NDA.

Dalam NDA umumnya juga menyebutkan jangka waktu berlakunya perjanjian. NDA bisa berlaku hanya ketika pekerja sedang bergabung dengan perusahaan. Tapi ada juga NDA yang berlaku sampai beberapa tahun setelah pekerja tidak lagi bekerja di perusahaan, terutama jika menyangkut strategi bisnis. Poin poin yang dicakup dalam NDA sama sekali tidak boleh dibocorkan kepada siapapun, bahkan kepada pasangan masing masing.

Di perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya, sebuah perusahaan TI (ini juga termasuk NDA untuk tidak menyebut nama perusahaan), semua calon karyawan harus menandatangani perjanjian NDA pada hari pertama. Karyawan tidak akan mendapat account untuk bergabung ke intranet dan account email sebelum menandatangani NDA. Perjanjian ini mencakup beberapa hal misalnya, tidak menyebut nama klien tapi digantikan dengan sebuah kalimat deskriptif. Misalnya menyebutkan dengan “sebuah produsen distributor obat dan makanan dari Inggris” atau “sebuah perusahaan minyak dari Inggris”. Salah satu pasal menyebutkan bahwa seluruh source code yang telah dibuat menjadi hak milik perusahaan. Programmer hanya boleh menuliskan nama dan komentar di badan program.

Seorang teman bercerita, perusahaanya juga mengikat karyawan dengan NDA. Perusahaan ini adalah penyedia solusi TI open source. Perusahaanya juga menahan seluruh source code. Perusahaan ini mengharuskan karyawannya untuk tidak bekerja di perusahaan klien atau perusahaan yang menjadi kompetitor langsung untuk 3 tahun setelah karyawan tidak lagi bekerja diperusahaan itu.

Beberapa hal memang tidak boleh (atau belum boleh) disampaikan ke publik. Informasi tentang dapur perusahaan, tentang pelanggan sebaiknya tetap terkunci didalam. Apalagi dengan perkembangan blog. Sedikit saja informasi dari dapur perusahaan (insider information) bisa dengan gampang terpublikasi melalui blog karyawan. Tapi bagaimana dengan algoritma yang sudah didapatkan oleh programmer untuk menyelesaikan suatu persoalan? Meskipun source code ditahan perusahaan tapi algoritma masih menempel di kepala programer. Atau prosedur internal, memang prosedur tidak boleh dipublikasikan tapi kebijakan yang dijalankan karena prosedur bisa dicontek oleh siapa saja yang mengalami kebijakan itu.(ir/wp)

Iklan

15 responses to “Non Disclosure Agreement

  1. biasanya NDA juga menjadi poin penting / diatur dalam salah satu pasal kontrak kerja/perjanjian kerja dengan vendor / konsultan (dalam konteks oursourcing IT).

  2. Oh, iya. Betul, pak. NDA juga berlaku untuk B2B, dimana proses TI perusahaan di kerjakan oleh third party vendor. Tapi bagaimana jika pasal yang disepakati justeru dibocorkan oleh staf dari vendor?

  3. kalau pengalaman saya di sini, setiap staf vendor kita wajibkan untuk menandatangani dokumen NDA yang berlaku selama pengerjaan proyek dan setelah proyek selesai (tenggang waktu tertentu). sanksi nya cukup berat lho sampe ke pengadilan segala kok 🙂

  4. Dear Pak Indar,

    bolehkah minta contoh format for NDA antara karyawan harus memegang rahasia perusahaan.
    tapi ada beberapa departemen.misalnya purchasing, marketing, accounting, store, HRD saya rasa content nya pasti berbeda.
    terima kasih.

  5. Dear Pak Indra,

    iya nih.. tolong kasih contoh untuk beberapa departement, versi Indonesia ya…
    atau dari selain P Indra, Terima kasih..

  6. Pak Indra.

    boleh minta contok untuk NDA antar Perusahaan, company saya perusahaan retail

    Thanks

  7. bisa dijelaskan perbedaannya dengan Mutual Disclosure Agreement atau MDA? tks

  8. Bisa di kasih contoh NDA g y,,??
    lo bisa di posting y,,,

  9. Pak Indra,

    Can I ask for a template of NDA (in Bahasa) between two companies before a project engagement, protecting product recipees, price information and others.

    Thank you

  10. Bisa Kasih contoh gak?
    Saya Masih bingung Thanks ya..

  11. Pak Indra,

    Boleh minta contoh / template NDA dalam bahasa indonesia? between perusahaan kami web development dengan client.

    Cheers

  12. Yth, Pak Indra,

    Bisakah pak indra kasih contoh NDA, antara karyawan dengan suatu perusahaan,mohon konfirmasinya,dalam bahasa indonesia

    Thanks

  13. Pak Indra bisa saya minta contoh/template NDA antara karyawan dg perusahaan? kebetulan saya lg diserahakan utk membuat Draft NDA nya.

    Terima kasih sebelumnya atas sharingnya pak

    Salam.

  14. Yth, bpk. mohon sharing contoh/template NDA antara karyawan dengan perusahaan. kebetulan saya diserahi bikin draftnya. mohon krn deadline. segera.

  15. Saya belum tahu apa yang terjadi bila sang programmer mengembangkan sebuah aplikasi dengan “ilmu-ilmu”(bukan dengan republish code) yang dia dapatkan dari perusahaan sebelumnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s