Data Center Untuk Pemerintah

MSN News mengabarkan negara bagian Tennessee di Amerika Serikat berencana membangun dua buah datacenter baru. Datacenter baru ini untuk menggantikan data center lama yang sudah berumur lebih dar 20 tahun. Sebuah datacenter akan dibangun di ibukota negara bagian Nashville. Sementara satu lagi, sebagai pusat Disaster and Recovery, dibangun di kota Smyrna yang berjarak 25 mil dari Nashville. Datacenter ini akan menyimpan seluruh server yang digunakan oleh instansi pemerintah, dari layanan sim, kesehatan sampai pelaporan di dewan kota. Pembangunan ini direncanakan selasai tahun 2010 dengan mengahabiskan anggaran tidak kurang dari USD 68 juta (IDR 612 milliar).

Tennessee adalah negara bagian dengan luas wilayah 109.247 km persegi dan populasi penduduk sekitar 6 juta. Sebagai pembanding, luas pulau Jawa adalah 132.107 km persegi, dan total luas Indonesia 1,919,440 km persegi. Populasi Jakarta tahun 2004 (perkiraan) 8 juta, sedangkan populasi Indonesia tahun 2005 (perkiraan) 222 juta. Nashville sebagai ibukota Tennessee merupakan kota pusat industri musik dan alat kesehatan. Smyrna, sebuah kota industri kecil yang juga menjadi pabrik pusat Nissan Motor.

Jakarta
Dengan jumlah penduduk yang lebih besar dari Tennessee selayaknya pemerintah daerah provinsi DKI Jakarta juga membangun datacenter, lengkap dengan pusat pemulihan dari bencana. Mari berandai andai sejenak, jika pemprov DKI Jakarta akan membangun datacenter dimanakah lokasi paling tepat? Apakah akan dibangun di komplek balai kota di Merdeka Selatan?

Fasilitas datacenter ini diharapkan dapat menampung seluruh server server dari semua dinas dan lembaga yang ada di pemprov DKI. Dari server yang dimiliki oleh KPUD, PMI, sampai dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

Menilik kategori bencana yang terdiri dari bencana alam dan bencana yang diakibatkan perilaku manusia. Maka penyebab utama bencana adalah gunung meletus, gempa, banjir, kebakaran, huru hara/konflik. Melihat kondisi Jakarta, faktor paling prioritas yang menjadi perhatian adalah banjir dan huru hara.Balaikota Jakarta di Merdeka Selatan Jika akan tetap menempati balaikota di Merdeka Selatan akan sangat riskan terhadap huru hara. Komplek Balai Kota di Merdeka Selatan bersebelahan dengan kedutaan Amerika yang selalu menjadi tujuan demo kelompok anti amerika. Bahkan mungkin sasaran terror bom. Meskipun kawasan Merdeka Selatan termasuk ring-1 yang dijaga ekstra ketat, tapi akan masih sangat riskan untuk menempatkan sebuah fasilitas komputer disana. Ketika banjir besar 2007 kemarin, kawasan ini sempat terendam meski tidak sampai merendam gedung.

Selain lebih tahan dari ancaman bencana, lokasi baru yang akan dipilih haruslah berada di wilayah kerja pemprov DKI, mudah diakses dengan kendaraan tapi jauh dari keramaian kota. Lokasi baru yang paling cocok adalah Meruya Utara dan Cilangkap. Menurut peta daerah konflik dan bencana 2007 dan 2006 dari Departemen Pekerjaan Umum, kedua daerah ini relatif aman dari banjir dan konflik. Tidak terjadi konflik besar atau bencana dicatat pada tahun 2006 dan 2007 di dua lokasi ini.

Kavling DKI di Meruya Utara Kelurahan Meruya Utara berada di Kecamatan Kembangan kodya Jakarta Barat. Meruya Utara adalah ujung barat Jakarta yang berbatasan langsung dengan kabupaten Tangerang. Lokasi ini jauh dari keramaian pusat kota. Tapi hanya beberapa kilometer dari Kebun Jeruk dan Kedoya, pusat bisnis di Jakarta Barat. Bisa dijangkau melalui tol Jakarta – Merak dengan keluar di pintu tol Puri Kembangan. Jika rencana lingkar luar sudah berhasil menghubungan ruas Ulujami ke Kembangan, lokasi ini akan diapit oleh 2 ruas tol. Pemerintah propinsi memiliki lahan didaerah ini sehingga tidak perlu lagi anggaran untuk pembebasan lahan.

Hanya saja di Meruya sedang berperkara masalah kepemilikan tanah, sehingga pemilihan lokasi ini harus lebih hati hati. Rencana ruas tol Ulujami Kembangan juga menjadi kendala, karena perubahan arah jalur tol dapat menyebabkan penggusuran terhadap fasilitas datacenter. Ancaman bahaya banjir datang dari sungai Angke yang berada di sebelah barat lokasi. Data banjir dari Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) menunjukkan bahwa daerah Meruya sempat tergenang ketika banjir 2002 dan 2003 .

CilangkapKelurahan Cilangkap berada di kecamatan Cipayung kodya Jakarta Timur. Cilangkap adalah ujung timur Jakarta yang berbatasan dengan kabupaten Bekasi dan kabupaten Bogor. Lokasi ini berada di daerah untuk kawasan pemukiman dan berada tak jauh kota satelit Cibubur. Bisa dijangkau melalui tol Jakarta – Ciawi dengan keluar di pintu Cibubur. Atau melalui jalan Raya Bogor belok ke Ciracas Raya lalu melewati Cipayung Raya.

Menurut data kimpraswil, daerah cipayung aman dari ancaman bencana dan konflik pada tahun 2002 dan 2003 .

Indonesia
Jika membangun datacenter untuk pemprov DKI Jakarta terlalu ideal, bagaimana jika pemerintah Republik Indonesia yang membangun sebuah fasilitas datacenter. Datacenter ini diharapkan dapat menampung semua server dari seluruh departemen dan lembaga pemerintah . Server server yang selama ini bertebaran di kantor Pusat Pengolah Data (PULAHTA) departemen atau disimpan di perusahaan hosting (untuk menyediakan akses web bagi masyarakat) disimpan dalam satu lokasi. Pemusatan lokasi ini juga dapat memudahkan jika suatu saat antar departemen ingin melakukan interkoneksi dan pertukaran data. Juga memudahkan pelaporan untuk pejabat eksekutif, karena hanya diperlukan sebuah link dari Istana Negara ke lokasi ini.

Selanjutnya adalah menentukan lokasi. Apakah fasilitas datacenter ini akan ditempatkan di komplek Istana Negara. Atau datacenter ini akan dititipkan digedung Departemen Kominfo. Menempati lokasi di komplek Istana Negara memang aman, bahkan amat aman. Tapi akan merepotkan operasional harian datacenter itu sendiri. Teknisi yang akan membuat sebuah termination node fibre optic harus melewati pemeriksaan kemananan berlapis lapis sehingga pekerjaan mereka menjadi tidak efektif.

Menempati gedung Depkominfo di Merdeka Barat juga bisa menjadi alternatif. Seluruh kegiatan komunikasi dan informasi nasional memang dikordinasikan oleh departemen Komunikasi dan Informasi (depkominfo) . Tapi jika ego departemen masih tinggi, justru akan menjadi hambatan karena fasilitas datacenter berada di lokasi yang tidak netral. Lokasi baru yang bisa jadi pertimbangan adalah Cilangkap atau Serpong untuk fasilitas utama, dan di Kutai Kertanegara untuk fasilitas pusat disaster and recovery.

Puspitek SerpongJika Cilangkap sudah dibahas sebelumnya maka, ulasan berikutnya adalah Serpong dan Kutai Kertanegara. Kecamatan Serpong adalah wilayah administratif kabupaten Tangerang, Banten. Fasilitas yang akan dibangun di Serpong bisa menempati lahan di kawasan Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (PUSPITEK Serpong). Puspitek Serpong bisa dijangkau dari Jakarta melalui jalur tol Jakarta – Bintaro – BSD selanjutnya disambung menyusuri jalan Serpong Raya. Atau bisa juga dicapai dengan jalur arteri melalui Ciputat – Pamulang – Serpong.

Menurut data kimpraswil, daerah Serpong aman dari banjir 2006, 2005, 2004, 2003. Tapi, penempatan datacenter di lingkungan puspitek harus hati hati karena di bagian belakang puspitek mengalir sungai Cisadane. Sebuah sungai besar yang juga membelah kota Tangerang. Selain itu, di kawasan puspitek juga terdapat laboratorium BATAN. Masih perlu dikaji lagi kemungkinan kebocoran radiasi yang ditimbulkan oleh lab ini.

Pulau Kalimantan adalah pulau paling aman dari gangguan bencana alam di Indonesia. Menempatkan sebuah fasilitas komputer di Kalimantan adalah sebuah pilihan yang tepat. Data dari peta seismik yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) , pulau Kalimantan adalah pulau paling jarang di landa gempa. Peta rawan tsunami dari BMG juga menunjukkan bahwa pantai di pesisir pulau Kalimantan paling aman dari tsunami dibanding pesisir pantai pulau lain di Indonesia. Data dari riwayat gempa bumi dunia dari badan peneliti geologi Amerika (USGS, United State Geological Survey) menunjukkan tidak ada gempa besar yang terjadi di Kalimantan sejak tahun 1917. Data dari peta bahaya gempa, peta densitas gempa dan peta gempa tahun 1990-2000 dari USGS juga menguatkan fakta itu.

Kabupaten Kutai KertanegaraKutai Kertanegara adalah sebuah kabupaten di Kalimantan Timur. Kabupaten ini kaya dengan hasil utama minyak bumi, gas alam, batubara. Ibukotanya, Tenggarong, dapat diakses dari Samarinda dengan jalur darat atau sungai. Data dari kimpraswil tahun 2006, 2005, 2004 daerah Kuker aman dari bencana besar. Tapi keberadaan sungai Mahakam harus diwaspadai. Pada saat terjadi hujan yang deras sangat mungkin air sungai meluap seperti terjadi di Samarinda tahun 2004. Selain itu kontur geografisnya yang berbukit bukit juga dapat menyebabkan longsor.(ir/wp)

Artikel Lain:
Rencana Pemulihan Dari Bencana (Disaster Recovery Plan, DRP)
Suhu dan Kelembaban DataCenter
Memilih Lokasi Datacenter Yang Ideal

Iklan

7 responses to “Data Center Untuk Pemerintah

  1. wah analisis yang sangat bagus mas. ngomong2 soal DC atau DRC memang pemilihan lokasi memang menjadi issue pertama yang paling alot utk dibahas. apalagi untuk institusi keuangan/perbankan yg notabene IT adalah tulang punggung operasional.

    tp sekedar pendapat saja, sepertinya konsolidasi datacenter/server di level nasional (seluruh departemen/instansi) sepertinya terlalu susah untuk diwujudkan. selain karna arsitektur teknologi yang berbeda kompleksitasnya juga akan terlalu riskan kalau di pool di satu tempat. bila terjadi sesuatu hal maka seluruh departemen akan lumpuh total .. jd sepertinya utk level nasional memang lebih baik desentralisasi di masing2 departemen/instansi.

  2. Tulisan ini didasari pernyataan menteri kominfo, M Nuh. Menurutnya, menkominfo adalah CIO bagi pemerintah. Jika menkominfo CIO, maka kominfo menjadi seperti IT dept di perusahaan umum.

    Ide awalnya mungkin hanya menitip server dulu, berlanjut ke sharing resources sampai (mungkin) outsource aktifitas TI ke kominfo.

    Kebayang jika suatu kabupaten harus beli lisensi oracle untuk aplikasi kepegawaian. Daerah lain ternyata juga akan membeli oracle untuk aplikasi RSUD mereka. Lalu setiap daerah beli lisensi untuk keperluan aplikasi mereka masing masing. Tapi jika menggunakan sharing resource, pemerintah cukup membeli satu lisensi untuk digunakan banyak aplikasi berbeda beda. (Maaf, saya tidak paham model lisensi oracle. Apakah per prosesor, per server atau per koneksi. Asumsi ini saya anggap oracle menggunakan lisensi per server)

    Selanjutnya, ketika suatu daerah sudah sukses mengimplementasi suatu sistem, misalnya RSUD, sistem yang sama bisa digunakan didaerah lain.

    Dengan begini kita juga semakin dekat menuju ke single national identification number, sehingga tidak ada lagi kasus pemilih ganda atau manipulasi askeskin.

  3. Bozz apa klo bangun DC di daerah serpong udah ada infrastruktur FO yang memadai buat koneksinya??

  4. Rasanya jaringan FO disana sudah cukup mapan. Setidaknya di German Center adalah pusat bisnis alternatif di luar Jakarta.
    Kabarnya sebuah operator CDMA akan memindahkan kantor pusatnya dari daerah Sabang, Jakarta Pusat ke Serpong.

  5. Boleh tak ambil bozz artikelnya??

  6. Ping-balik: Pendinginan Datacenter « Indra Riawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s