Majalah Sys Admin Berhenti Terbit

Seorang pembaca Slashdot mengabarkan bahwa Sys Admin akan berhenti terbit. Edisi cetak untuk Agustus 2007 akan menjadi edisi terakhir. Sys Admin adalah sebuah majalah bulanan untuk administrator Unix. Samag banyak mengulas tentang security, linux, backup, monitoring, automation hingga tip & trik dan script script untuk mengelola sistem.

Saya mengenal samag pada tahun kedua kuliah. Berawal dari iseng menjelajah ke sudut sudut perpustakaan sekolah sampai akhirnya kesasar ke jurnal majalah asing di sisi sebelah timur. Waktu itu saya sedang gandrung dengan linux setelah belum lama dikenalkan oleh seorang teman. Di salah satu edisi yang saya temukan, samag mengulas tema security lengkap dengan script contoh dan link nya. Scipt script itu saya coba di komputer di kosan dan berhasil dengan sedikit modifikasi.

Dari sana awalnya saya menjadi pembaca setia samag. Saya menjadi rutin ke perpustakaan, sambil berharap edisi terbaru sudah datang. Pada saat teman teman yang lain mencari buku kalkulus dan fisika di bagian tengah, saya asik di sisi timur sedang membaca samag atau sedang di lab menelusuri link yang ditulis di samag. Ketika mulai bekerja, saya masih rutin membaca samag versi online bukan cetakan.

Cerita penutupan samag menambah daftar panjang media cetak yang ditutup. Di tahun 2007 ini saja media terbitan lokal PC Magazine Indonesia, Komputer Akt!f dan Snap! sudah ditutup. Perkembangan dunia internet memaksa media cetakan untuk mencari jurus baru untuk bertahan. Saat ini orang lebih menyukai membaca dalam versi online dibanding dengan cetakan. Apalagi dengan adanya RSS, orang cukup berlangganan ke sebuah website maka akan mendapatkan update yang terjadi di website itu.

Saya sendiri sekarang langganan RSS dari Search Data Center, Security Fix, Server Specs dan tentu saja Slashdot. Tapi masih tetap membaca Kompas, karena iklan media cetak tidak kalah menariknya untuk dilihat.(ir/wp)

2 responses to “Majalah Sys Admin Berhenti Terbit

  1. wah.. ternyata majalah IT banyak juga ya 🙂 saya sendiri dulu waktu kuliah cuma tau info komputer, chip & mikrodata 🙂 setelah kerja di bidang IT malah sangat jarang baca majalah IT .. hikss..

  2. Oh iya, 3 majalah itu dulu juga laris. Temen temen suka beli, saya mah numpang baca aja 😀 namanya juga anak kos kosan. Apalagi sumplemen cd -nya, bisa nyobain program (tapi utamanya sih game) aneh aneh.

    Iya, neh. Sekarang jarang banget baca majalah IT, lebih seneng langsung dari sumbernya.

Tinggalkan Balasan

