Berganti Nomor Polisi

Pajak motor saya habis masa berlakunya bulan ini. Saya berniat mengurus sendiri pembayaran pajaknya, agar dapat merasakan proses yang berjalan lagipula di Ciputat sudah ada cabang kantor Samsat Tangerang. Sekitar jam 8 saya sudah tiba di Samsat Ciputat, sengaja datang pagi agar tetap bisa pergi ke kantor setelah semua urusan selesai. Seperti di kantor layanan masyarakat lainnya, saya tidak menemukan informasi apapun yang bisa membantu. Tidak ada petunjuk aliran kerja yang bisa membantu bagi yang pertama kali datang, seperti saya.

Setelah bertanya ke beberapa orang, akhirnya saya menuju ke loket formulir sebagai tahap awal proses. Dengan menyiapkan fotokopi stnk, fotokopi bpkb, fotokopi ktp, stnk asli, ktp asli dan uang 2ribu sebagai pengganti formulir pendaftaran. Tapi petugas menolak, dengan alasan motor saya ber-prefix 7 dan harus diganti di samsat BSD.

Nomor polisi seharusnya menempel ke kendaraan. Sepanjang kendaraan masih digunakan dan berada di wilayah kepolisian yang menerbitkan. Perubahan terhadap nomor polisi berarti perubahan pula terhadap stnk dan bpkb.

Saya tidak meminta nomor khusus untuk motor saya ini. Nomor yang ada di motor saya diberikan oleh polisi. Seharusnya polisi yang memperbaiki sistemnya agar tidak ada prefix 7 yang digunakan oleh motor. Sedangkan motor yang sudah menggunakan prefix 7 biarkan saja sampai habis berlaku stnknya. Ketika stnknya habis berlaku baru diberikan nomor baru yang seharusnya gratis karena kesalahan dilakukan oleh polisi sendiri.

Tapi kenapa musti saya jadi direpotkan begini.(ir/wp)

One response to “Berganti Nomor Polisi

  1. Ping-balik: Membayar PKB Di Samsat BSD « Indra Riawan

Tinggalkan Balasan

