Pemerintah Hanya Menjamin 100 Juta Dana Masyarakat

Brosur LPSSejak adanya krisis ekonomi, pemerintah tidak lagi memberikan jaminan sepenuhnya atas dana yang disimpan oleh masyarakat di bank. LPS -lembaga penjamin simpanan- adalah lembaga yang dibentuk pemerintah untuk menjamin simpanan di bank. LPS beranggotakan seluruh bank yang beroperasi di Indonesia baik bank konvensional, bank syariah sampai dengan bpr.

LPS mendapatkan dana untuk penjaminan dari iuran yang dibayar oleh tiap tiap bank. Masing masing bank peserta membayar premi dua kali setahun yang besarnya 0,1% rata rata saldo dari seluruh total simpanan.

Simpanan yang dijamin berupa tabungan, giro, deposito, sertifikat deposito. LPS memiliki skema penjaminan yang diberlakukan secara bertahap.

  • 22 September 2005 – 21 Maret 2006 : Seluruh simpanan dijamin.
  • 22 Maret 2006 – 21 September 2006 : Simpanan dijamin sampai dengan IDR 5 milyar.
  • 22 September – 21 Maret 2007 : Simpanan dijamin sampai dengan IDR 1 milyar.
  • 22 Maret 2007 dan selanjutnya : Simpanan dijamin sampai dengan IDR 100 juta.

Jadi sejak 22 Maret 2007 kemarin, pemerintah hanya menjamin simpanan sampai dengan 100 juta per nasabah per bank. Kelebihan dari 100 juta akan dibayar setelah penjualan aset bank bersangkutan secara proporsional.

Tapi bisa juga simpanan tidak dijamin, meski nilainya kurang dari 100 juta, jika simpanan tidak dicatat di bank, atau nasabah diuntungkan secara tidak wajar atau nasabah merupakan yang menyebabkan bank menjadi tidak sehat. Misalnya, nasabah mendapat bunga diatas bunga penjaminan. Itu sebabnya LPS menerbitkan bunga lps yang menjadi acuan tiap bank.

Berikut adalah contoh perhitungannya yang diambil dari brosur lps: Sebuah bank XYZ memiliki nasabah Asep dengan saldo 60jt, Budi 70jt dan Cita 100jt. Asep, Badu, Cita mempunyai sebuah rekening bersama (joint account) dengan saldo 150jt. Asep membuka sebuah rekening untuk kepentingan (beneficiary) anaknya Dona bersaldo 40jt. Sehingga jumlah simpanan masing masing adalah Asep 110jt (60 dari rekeningnya + 50 dari rekening bersama), Badu 120jt (70 dari rekeningnya + 50 dari rekening bersama), Cita 150jt (100 dari rekeningnya + 50 dari rekening bersama), Asep qq Dona 40jt.

Jika bank xyz ditutup, lps akan membayar klaim pinjaman atas Asep 100jt, Badu 100jt, Cita 100jt, Asep qq Dona 40jt. Sedangkan simpanan yang akan dibayar dari hasil likuidasi bank XYZ adalah Asep 10jt, Badu 20jt, Cita 50jt.

Untuk nasabah yang memiliki dana lebih dari 100jt, kebijakan ini bisa di cermati dengan memecah dana menjadi sekitar 100jt-an dan membaginya ke beberapa bank. Saatnya memecah simpanan ke beberapa bank lain.(ir/wp)

Iklan

One response to “Pemerintah Hanya Menjamin 100 Juta Dana Masyarakat

  1. Ping-balik: Hati Hati Dengan Kredit Anda « Indra Riawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s