Mengantar Pemudik Ala Nusantara

Lebaran adalah masa panen bagi perusahaan transportasi. Tapi apakah peningkatan pendapatan sejalan dengan peningkatan kualitas. Perusahaan otobis Nusantara pada musim balik lebaran kemarin memberikan layanan yang berbeda kepada penumpangnya. Meeting point yang biasanya berada di terminal Kudus dipindahkan sepenuhnya ke pool mereka yang berada di Jl raya Kudus – Demak.

Ketika saya datang ke lokasi beberapa kru mengarahkan ke bagian belakang workshop. Lupakan gambaran sebuah garasi yang jorok, kotor dan penuh tumpahan oli. Garasi Yang AsriDisini justeru saya menemukan sebuah garasi yang lapang, rapi dengan taman dan kolam dibagian tengah. Yang lebih mirip sebuah taman di komplek perumahan elit dengan lapangan yang ditanami rumput hijau dengan bunga disekelilingnya. Bis bis parkir di bangunan besar yang menyerupai sebuah hanggar pesawat dengan jalan berlapis beton.

Saya sampai di salah satu hanggar yang disulap menjadi sebuah ruang tunggu besar.Ruang Tunggu Penumpang Lupakan juga gambaran sebuah ruang tunggu di terminal yang berisik dengan bangku kayu kusam. Diruang ini saya dapat duduk di kursi yang nyaman. Dua buah tv plasma memutar tayangan tv berlangganan dari Astro menemani menghilangkan kebosanan. Diujung sebelah kanan disediakan check in counter untuk seluruh trayek perjalanan baik ke Jakarta maupun Bandung. Diujung sebelah kiri nampak sebuah panggung hiburan.

Dibagian belakang berjejer stand dari beberapa perusahaan yang ikut menjadi sponsor. Tapi stand ini tidak saja untuk menawarkan produk tapi juga memberikan layanan gratis. Stand Indosat, memberikan sebuah sambungan telepon gratis untuk digunakan. IndoNet menyediakan beberapa komputer untuk mengakses internet secara gratis. Saya sebenarnya ingin memposting tulisan ini dari sini, tapi urung. Antangin dan Fresh Tea memberikan minuman gratis untuk penghangat badan atau sekedar penawar dahaga.

Sebuah mobil golf disediakan untuk mengantar penumpang yang hendak shalat atau ke toilet yag berada di hanggar seberang. Kru yang melayani cukup banyak, sehingga jangan kuatir akan tersesat disini. Mereka mengenakan baju berseragam yang penuh dengan logo perusahan sponsor. Dari perusahan pelumas, asuransi, operator seluler, sampai jamu . Mirip baju yang dipakai pit crew F1. Masing masing memegang radio komunikasi yang tidak sekedar untuk gaya.

Saya menemukan sebuah spanduk dengan tulisan “Prototype Cyber Bus, Powered by Indosat 3.5G” yang ditempel di ruang check in. Sebenarnya saya masih penasaran dengan cyber bus mereka itu. Tapi waktu tunggu yang mepet membuat saya batal untuk menelusuri lebih jauh.

Taxiway BisDiluar ruang tunggu, beberapa bis berderet rapi di sebuah lapangan yang luas sesuai dengan trayek masing masing. Pada puncak balik, H+7, lapangan ini menampung sekitar 90 bis untuk diberangkatkan. Padahal pada hari biasa Nusantara hanya memberangkatkan 20-30 bis.

Dua jempol untuk tim Nusantara. Mereka mampu membungkus iklan untuk melayani pelanggan. Dengan begitu, untung datang dan pelanggan pun senang. Punya cerita lain seputar perjalanan?(ir/wp)

Iklan

9 responses to “Mengantar Pemudik Ala Nusantara

  1. Lah… sampeyan kok blusukan ke garasi Nusantara Kudus tho mas? Sayangnya, saya sudah ndak merasakan mudik pake Nusantara ke Kudus mas. Lha wong anak istriku sudah hijrah ke Depok je. Terakhir dari garasi ini ya lebaran tahun 2007 😀

  2. Abis dipaksa kesitu sih. Awalnya saya pikir berangkat dari terminal Kudus, tapi setelah saya perhatiin di tiketnya, ternyata di pindah ke garasi. Untung sempet baca tiket, kalo nggak bisa bengong semaleman di terminal

    Baru ngeh sekarang kalo garasi Nusantara gede sekali.

  3. memang terasa nyaman kembali ke jakarta menggunakan PO. Nusantara dari kudus,disamping armadanya yang laik jalan mereka juga pandai mensiasati para penggunanya,dari mulai gambar bus,sampai dengan pelayanan di garasinya,tempat dan kondisinya memang dapat diacungi jempol,garasinya sendiri lebih besar kapasitas penumpangnya dari pada terminal bus kudus.setiap tahun saya menggunakan armada Nusantara dari pertama kalinya sejak dia beroprasi sampai sekarang bahkan sekarang pelayanan nay tetap di prioritaskan. dan memang masyarakat kudus sendiri mengacungi jempol untuk armada yang satu ini.terima kasih P.O Nusantara.bravo to you dan semakin maju lagi
    pesan : jangan cepat puas dengan apa yang ada sekarang terus berkreasi tanpa mengurangi kenyamanan penumpang.

  4. mas indra.. salam kenal sebelumnya..
    PO Nusantara mempunyai garasi yang luas emang. garasi “kotornya” kalo dari pintu masuk utama langsung belok kanan, kalo lurus emang nemuin jalur lapan yang tengahnya ada air mancur, yang sebenernya itu arena test drive buat bis-bis baru kepunyaan nusantara. dan kebanyakan yang diparkir didepan taman air mancur tadi (arena test drive) adalah bis nusantara yang Symphonie(pariwisata), ada 1 truk scania, 1 bus scania front enggine(warna ijo) ma 1 bus Volvo B12M(warna coklat)..

    nah Volvo B12M ini yang merupakan cyberbus yang bukan lagi prototipe. bisa diliat di homepagenya http://www.omahmlaku.com/
    harga sewa 5juta/18jam dan cuma cukup buat 11orang saja, dilengkapi ma ama home teater, tempat tidur double bed, dapur kering, GPS sistem, dll..
    *alhamdulillah sudah pernah ngerasain..
    fotonya di http://bocahterminal.multiply.com/photos/album/16/AKu
    di link itu bus coklat ada slendang putih B12M
    dan bis hijau muda disebelahnya scania front enggine yang katanya mo dibuat patas Purwokerto – kudus

    ruang tunggu di cerita mas indra, agak masuk lagi kalo dari arena test drive tadi kan??
    itu sebenernya bengkel bodi nusantara,
    jadi kalo nusantara mo ganti striker bodi bis, ato benerin yang peok2 disini tempatnya,..

    hehehe.. terlalu sering diundang ke Garasi Nusantara di Kudus, jadi mengerti banyak.. 😀

  5. Wah dari bismania, ya’?Pantesan bisa blusukan ke garasi.
    Diceritain lagi dong tentang omahmlaku -nya Nusantara.

  6. iya mas ceritain lagi dong tentang po nusantara..kabar2 terbaru dari nusantara..yang katanya setelah 1 scania irizar masuk akan masuk lagi irizar-irizar lainnya..dan benar ga kbrnya bahwa MB kewalahan ngelanyani pesenan chasis dari nusantara sampai-sampai nusantara mau dikasih chasis impor dari malaysia.

  7. Ping-balik: Contact Us « Indra Riawan

  8. wah nusantara pelayanannya ok,sangat bertanggung jawab,terhadap penumpang,maju terus Nusantara.

  9. sebagai pengguna nusantara saya oke…
    kalau semarang – bandung yang pagi sudah ada..
    kenapa tidak Purwodadi – Bandung juga ada to..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s