Lupus

Beberapa minggu lalu saya mendapat kabar bahwa salah seorang bibi saya terserang lupus. Awalnya dokter mendiagnosanya dengan sakit liver. Tapi kemudian dokter mendiagnosa sebagai penyakit Lupus. Ketika berjumpa lebaran lalu, kondisinya memang mulai turun. Badannya yang biasanya gemuk subur nampak kurus dan lemah.

Sejauh pengatahuan saya, lupus hanya diderita orang yang tinggal di perkotaan karena gaya hidup tidak sehat. Ternyata salah, Lupus dapat menyerang siapa saja. Penyebab sebenarnya Lupus belum dapat dipastikan.

Lupus, atau bahasa medisnya dikenal sebagai Systemic Lupus Erythematosus (SLE), adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri. Antibodi yang harusnya melindungi dari serangan benda asing justru menyerang jantung, kulit, sendi, ginjal, bahkan sistem syaraf. Gejala yang umum timbul antara lain, ruam pada kulit, nyeri pada persendian, anemia.

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan Lupus. Obat yang diberikan sebatas mengobati gejala yang ditimbulkan olehnya. Gejala yang muncul pada tiap penderita berbeda beda, sehingga obat yang digunakan juga berbeda.

Informasi tentang Lupus bisa dibaca dari Yayasan Lupus Amerika, Lupus di About.com, Lupus di Mayo Clinic. Adakah yang mengetahui tentang Lupus ini lebih jauh?(ir/wp)

15 responses to “Lupus

  1. jadi inget lupus, ikon anak muda tahun 80-an😉

  2. Lupus-nya Hilman, ya? Lengkap dengan rambut buntut kucing? eighties, banget😀

  3. ada temanku yang terkena penyakit lupus. sering ia terlihat sesak nafas.kasihan sekali aku melihatnya……..tp TUHAN?adakah penyambuhan penyakit ini????????/

  4. dan ada temnku wanita yang terserang penyakit vertigo..ku semakin bigung melihat kondisi temnku itu…sebagai orang arab yang bercita2 sebagai dokter saya akan mencari tahu bagaimana cara menyembuhkan penyakit in.

  5. Penderita Lupus kini kian banyak terutama menyerang kaum hawa usia produktif
    beberapa minggu lalu sayapun harus dampingi putri sulungku di R.S. Kramat 126 Jakarta karena mendadak kambuh/ aktif lupusnya. Serangan waktu itu mendadak lemas dan suara hilang, segera saya bawa ke rumah sakit terdekat sambil menghubungi ketua Yayasan Lupus Indonesia Tiara, berdasarkan advis dari Tiara saya diberikan no hp dokter Diah yang tahu tentang penyakit lupus dari di RS Kramat 126 bersama Prof Zubairi tempat putri saya berobat. Dokter Diah saya hubungkan dengan dokter jaga yang menangani di rumah sakit, setelah itu dokter tersebut langsung bikin surat rujukan ke RS Kramat 126, tengah malam itu kami langsung ke UGD RS Kramat 126, sayapun langsung temui dokter jaga dan jelaskan penyakit yang diderita putriku dan sejala serangan lupusnya. Setelah diperiksa oleh dokter tersebut termasuk pita suaranya, dokter menyatakan pita suaranya bagus dan Insyaallah bisa sembuh. Putriku langsung di rawat dan Alhamdullilah subuhnya telah bisa bicara kembali dan telah bisa mengerakkan badan. Menurut diagnosa dokter bahwa putri saya yang bikin dia sakit hari itu ada gangguan di usus 12 jari, dan banayk pikiran. Berkat rahmad Allah swt. sehari sebelum Idul Adha yl. telah boleh pulang. Penderita lupus bisa hidup normal walaupun penyakitnya belum bisa disembuhkan karena belum ada obatnya, yang penting bisa menjaga kondisi fisik biar lupusnya tidak aktif/ kambuh lagi. meminum obat sesuai petunjuk dokter harus dilakukan setiap hari, tidak boleh capek, tak boleh kontak langsung sinar matahari dan tidak boleh stress. Kini putriku istirahat dulu dari kerja karena kayaknya pekerjaannya yg bikin lupusnya aktif. Mukzizat penyembuhan dari Allah Swt yg saya harapkan selalu karena pada-Nya tempat berharap satu-satunya, karena lupus konon belum bisa sembuh total dan obatnyapun belum ada yang dapat menyembuhkan. Semoga jangan ada lagi penderita lupus baru, amin

  6. Pak anwar, terimakasih untuk sharing pengalamannya.

  7. Saya seorang ibu rumah tanggaumur 43 th yg juga mempunyai tanda2 terserang LUPUS 10 th yg lalu. Saya kena sebagai akibat konsumsi obat TB . Kalau dulu memang saya stres pikirkan penyakit ini tapi sekarang saya hanya pasrah saja dan ikhlas walau wajah saya penuh dengan bintik2 merah. Alhamdulillah sampai sekarang saya masih bisa beraktifitas walau hrs menjaga jgn sp terlalu capek dan tidak sekuat org normalYang bisa dilakukan hanyalah pasrah dan sabar.

  8. Terima kasih sharingnya bu Neni. Baru tahu kalo obat TB bisa mengakibatkan lupus.

  9. hai….izinkan saya memperkenalkan produck yang bisa menyembuhkan penyakit yang mematikan ini.dimana sudah banyak orang tertolong melalui terapi ini,dengan meminum tahitian noni juice, dan di dalam kandungan juice ini 80% adlah prexeronine dan saat masuk kelambung berubah menjdi xeronine dan di a yang sangat di butuhkan oleh sel2 tubuh kita , dia akan membetulkan sel2 tubuh kita system kekebalan tubuh kita dan memfungsikan organ2 tubuh yang tidak singkron lagi dan kita tau bahwa lupus adalah penyakit yang menyerang organ kekebal;an tubuh sendiri karena anti bodinya berkembang biak dengan tidak terkontrol………banyak yang sudah tertolong atau anda bisa browsing cari tau tentang tahitian noni juioce ini dan ada di 86 negara dan di indonesia baru 2 tahun, memang banyak produck yang menggunakan nama noni, tapi kani adalah yang pertama dan memiliki riset yang di akui oleh who dan mendapat penghargaan dari pbb. atau anda bisa menghubungi saya di 08111838575
    best,
    edo

  10. Dalam hidup saya, saya tdk pernah coba alkohol, rokok, saya tdk suka segala makanan yg di kemas ,saya bukanlah orang yg suka pergaulan bebas, sejak remaja,saya selalu hidup sehat,tapi saya terkena lupus, sayang sekali kalau ada yg beranggapan orang yg terkena lupus karena gaya hidup kota, lupus hanya utk orang yg hidup bebas.lupus itu tiap orang beda2,lupus yg saya punya menyerang sendi , merah di muka,dan rambut di alis dan jidat hilang, saya berobat ke jerman, dan dokter melarang saya terkena matahari, tdk makan daging, susu dan segala produk susu, tdk minum kopi, gula dan hanya makan sayur dan buah, dan sampai sekarang merah di wajah saya hilang,mudah2an ini bisa membantu penderita lupus yg lain

  11. Adik saya sudah 20 th menderita lupus . Adakah yang mau menbantu saya memberitahu alamat dan email Yayasan Lupus Indonesia? Kami sangat butuh bantuan anda. Terimakasih

  12. Dari Veronika (veronikasatriani@y*.com)

    sekretariat yayasan lupus indonesia
    Jl. Tanah Mas II/H 78
    Jakarta 13210

    atau dapat mengakses http://www.lupusindonesia.org

  13. Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya juga sedang menulis perihal Lupus di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/12/26/pengobatan-lupus-dengan-transfer-factor/

  14. Ini ada artikel tentang pengobatan LUPUS dari majalah Trubus. Untuk melihatnya klik nama saya. Terima kasih

  15. Untuk para Odapus agar tetap semangat dan berdoa pada-Nya semoga diberikan kesembuhan, yakinlah bila Allah Swt. berkehendak pasti sembuh.
    Beberapa catatan setelah mendampingi Odapus sekitar 3 tahun, kondisi ybs. bisa stabil/masa remisi hampir 10 bln belakangan ini yaitu :
    – Melakukan kontrol secara teratur dan minim obat sesuai resep dokter;
    – Mengontrol kegiatan diluar rumah; – Menciptakan aktifitas/ berkreasi didalam rumah;
    – Berpikiran positif dan tetap semangat;
    – Tidak minum/ makan obat alternatif sembarangan karena kondisi para odapus tidak sama;
    – Bergabung dengan YLI dan aktif mengikuti kegiatan-kegiatannya dirasakan sangat bermanfaat;
    – Dukungan keluarga serta doa pada Sang Khalik tentu faktor yang sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s