Pijat Bayi

Aktifitas sepanjang hari dapat menyebabkan keletihan pada bayi. Keletihan tubuh ini dapat di pulihkan dengan pijatan. Jika bayi belum pernah dipijat sebelumnya, mungkin akan menolak tapi setelah beberapa kali bayi akan menyukai aktifitas ini.

Tekanan pijatan disesuaikan dengan usia bayi, mulai dari usapan di kulit, gerakan memutas, sampai tekanan yang lebih kuat. Pijatan diberikan pada bagian kaki, tangan, dada, wajah dan punggung.

Bagian kaki dapat dimulai dari telapak kaki, jari jari kaki, tungkai, sampai ke paha. Tangan dimulai dari telapak tangan, jari jari tangan, lengan sampai bahu. Wajah dimulai dari pelipis di atas alis, tulang hidung, jidat, dagu, bagian di bawah mata, sampai ke leher. Punggung dari bagian atas, pinggang sampai ke pangkal paha.

Ilustrasi pemijatan yang dilengkapi gambar dapat dilihat dari Make Way For Baby .

I Love You
Ada metode lain, yaitu i love you. Metode ini cocok untuk bayi usia muda sehingga tekanan hanya diberikan pada bagian dada dengan membuat bentuk I L U.

Posisikan bayi terlentang dengan bertelanjang dada. Gerakan pertama membentuk huruf “I” dengan melakukan usapan mulai dari dada kiri-atas turun sampai ke rusuk kiri. Gerakan kedua, huruf “L” dengan melakukan usapan mulai dari dada kanan-atas turun ke rusuk atas lalu disambung sampai rusuk kiri. Terakhir, huruf “U” dengan usapan dari dada kanan-atas turun ke rusuk kanan disambung sampai rusuk kiri lalu diteruskan ke dada kiri-atas.

Hati hati melakukan pijatan pada daerah dada. Jangan sampai terlalu menekan ke perut. Beberapa dokter tidak menyarankan pemijatan pada bagian perut, karena bisa mengganggu organ dalam bayi.

Perhatikan juga reaksi yang timbul selama proses. Jika bayi nampak gelisah, berusaha memalingkan kepala, memukul jidat, meringis kesakitan, berontak bahkan menangis sebaiknya hentikan dulu. Mungkin dia sedang tidak nyaman karena tekanan terlalu kuat atau sebab lain(ir/wp).

Artikel Lain:
Mainan Untuk Anak 2 Tahun
Ulasan Tayangan TV Untuk Anak
Amankan Bayi Anda Ketika DI Rumah

Iklan

14 responses to “Pijat Bayi

  1. Hi…Thanks untuk infonya, saya sedang mencari cara-cara pijat untuk anak saya yang berumur 7 tahun, mudah-mudahan tidak terlalu terlambat. Cheers,

  2. hmm… mungkin suatu saat nanti akan ada pijat refleksi komersial khusus bayi he.he. peluang bisnis yang patut dipertimbangkan 🙂

  3. Bisnis yang terkait bayi dan anak anak relatif menjanjikan. Karena ada pola pikir di masyarakat “berikan yang terbaik buat anak”. Harga berapapun pasti dibayar demi anak. Lihatlah ramainya toko keperluan bayi, FO anak, toko mainan anak atau pasar mainan yang tidak pernah sepi.
    Untuk bisnis pijat yang terorganisir rasanya belum ada. Sejauh yang sudah ada adalah tukang pijit perorangan. Gimana, mau dimulai ?

  4. Ping-balik: Perjalanan Dengan Anak « Indra Riawan

  5. pijat bayi tuh penting loh bwt pertmbhan anak….

  6. menarik aku nemuin tulisan ini, tapi setahu aku gerakan I L U dilakukan pada daerah kolon asenden, transversum dan desenden. huruf I dimulai pada daerah perut bawah tepatnya pada daerah asenden, selanjutnya untuk huruf L dilakukan pada daerah asenden + transversum, dan untuk huruf U dilakukan pada daerah asenden, transversum dan desenden ( jadi huruf u terbalik). tujuan dari pijat ini sendiri membantu bayi mengeluarkan flatus. dan untuk saran dokter yang menyatakan jangan lakukan pijat pada bagian perut, menurut saya tidak masalah asal tekanan yang kita berikan disesuaikan dengan usia si bayi. cukup berikan sentuhan halus dan sedikit tekanan pada usia infant.

  7. Thank’s atas infonya, boleh donk tekniknya dibahas lebih detail lagi mungkin ditambah gambar or video lbh oke, mungkin ada teknik lain selain ILU

  8. bagus juga infonya, tapi kaya kata mama syifa..kalo ada gambar or video dong, minimal yah kasih tau link yang ada gambarnya gitu

  9. eh..bener juga pijat sangat mengasikan,hampir tiap malam putri saya minta di pijat,dan pulasdeh tidurnya.

  10. Iya, efeknya anak jadi keterusan minta pijat mulu. Dengan pijat anak memang jadi pules tidurnya, terutama anak2 yang mengalami kolik atau kecapekan seharian bermain.

  11. iya..memijat anak2q bner2 nynengin.g plu sewa dukn bayi.trus gimana pijat kepala unt bentuk kepala?ada triknya g tho?

  12. lucu sekali bayi minta dipijit hehehe..

  13. klo bisa tampilin vidio cara mijat bayi juga dong, biar bisa di pelajari sdri dan bisa di gunakan dalam keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s