Perjalanan Dengan Anak

Menghabiskan waktu liburan bersama anak sungguh menyenangkan, sekedar berjalan jalan ke luar kota atau pulang kampung. Berikut beberapa tip yang dapat memudahkan perjalanan dengan anak.

perbekalan dek agi

Intinya adalah persiapan. Siapkan buah, jus, susu, makanan kecil dan mainan. Jangan sampai perjalanan yang sudah direncakan menjadi berantakan karena anak kelaparan. Bawa juga bantal, guling, selimut, atau boneka yang menjadi kesukaan dan menemani dia berangkat tidur. Siapkan juga baju ganti untuk persiapan di perjalanan dan simpan ditempat yang mudah dijangkau.

Check list berikutnya adalah hiburan. Bawa mainan, boneka, buku, dvd jika perlu bawa juga portable dvd player dan mp4 player atau ipod. Agar tidak salah bawa, sebaiknya tanyakan dulu ke anak mainan yang hendak dia bawa. Siapkan di tas terpisah dan biarkan dia membawa tas yang berisi mainannya sendiri. Ini sekalian untuk melatih anak tanggungjawab atas kebutuhannya sendiri.

Periksa lagi barang bawaan untuk keperluan anak. Barang barang yang bisa dibeli di kota tujuan, misalnya susu dan diaper, sebaiknya membawa untuk kebutuhan perjalanan saja.

Jika jadwal perjalanan anda flesibel, pilih waktu yang tepat. Sebagian dari orang tua memilih waktu perjalanan malam hari ketika anak tidur. Tapi perhatikan juga hal hal yang mungkin mengganggu tidurnya, misalnya suara berisik pesawat, goncangan kereta atau mobil.

Untuk menghabiskan waktu selama perjalanan, keluaran mainannya atau putar dvd kesukaannya atau akukan permainan kecil.

Kendaraan Umum
Belilah tiket terpisah untuk anak dengan usia diatas 2 tahun jika perjalanan dilakukan lebih dari 2 jam. Selain untuk kenyamanan anak, orangtua juga tidak kecapekan sepanjang perjalanan.

Jika ini adalah perjalanan pertamanya, siapkan segala kondisi yang mungkin terjadi. Misalnya perbedaan tekanan udara dan posisi take off pada pesawat akan menimbulkan rasa yang aneh bagi anak.

Kendaraan Pribadi
Pelajari rute untuk melihat tempat tempat strategis misalnya, tempat istirahat, penginapan, restoran, pom bensin. Atau jika menemukan sebuah lokasi wisata sempatkan untuk mampir sekedar untuk istirahat.

Jika bayi anda berusia kurang dari setahun, jangan pelit untuk membelikan car-seat demi keamanannya. Pasang car seat dengan benar, menghadap ke belakang, sehingga bayi tidak terlempar jika terjadi pengereman mendadak.

Jika sudah sampai di tujuan, buat anak senyaman mungkin. Pastikan dia merasa senyaman di rumah. Beberapa anak mengalami gangguan tidur pada lokasi baru. Jangan lupa membawa pengantar tidurnya, bantal, guling atau buku.

Majalah Kiplinger menulis beberapa tip perjalanan dengan anak. Situs informasi bandara juga menulis beberapa tips perjalanan dengan anak menggunakan pesawat terbang. Jadi, selamat berlibur(ir/wp)

Artikel Lain
Pijat Bayi
Paranoid Pada Anak
Amankan Bayi Anda Di Rumah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s