Pekerja Berseragam

Hampir semua dari kita mengenakan seragam ketika bersekolah tingkat dasar dan menengah. Tapi bagaimana dengan memakai seragam untuk bekerja?

Pekerja di layanan publik, misalnya pns atau tentara, umunya memakai seragam. Beberapa perusahaan swasta juga menyediakan seragam untuk para pekerjanya. Pekerja di Trans Corp memakai seragam hitam hitam dan Media Group dengan biru laut. Ada juga yang mewajibkan seragam untuk bagian tertentu, misalnya bagian produksi, front liner, unit pendukung (sopir, office boy/girl ).

Seragam digunakan sebagai identitas pemakainya. Jika seseorang yang mengaku dari PLN atau PDAM datang ke rumah hendak memeriksa meteran tapi dia tidak memakai seragam, apakah anda memperkenankannya masuk? Atau ketika di jalan anda dihentikan seseorang yang mengaku polisi tapi tidak berseragam, apakah anda akan berhenti? atau malah tancap gas karena mengira dia rampok.

Seragam juga digunakan untuk membangun rasa kebersamaan. Pada sebuah liputan di transTV, Chairil Tanjung tampak berbaur dengan karyawan Trans corp dengan seragam hitam. HM Sampoerna juga selalu menggunakan setelan ketika masih menjadi bos di Sampoerna. Mereka masih nampak berkarisma meski menggunakan seragam, bahkan terlihat lebih membumi. Terlepas dari pakaiannya dipesan di Armani dan seragam anak buahnya diborong dari Mangga Dua.

Pekerja akan diuntungkan karena tidak perlu menyiapkan anggaran khusus untuk pakaian kerjanya. Setiap pagi juga tidak direpotkan dengan memadupadankan atasan-bawahan. Biaya yang dikeluarkan perusahaan bertambah untuk belanja seragam. Tapi perusahaan dapat menciptakan citra di masyarakat. Perusahaan juga dapat ‘mengendalikan’ karyawan, karena karyawan lebih menjaga perilaku ketika mengenakan seragam.

Selama sekolah di Bandung, saya menggunakan seragam. Setidaknya setelan putih-biru tidak membuat saya minder dengan teman teman yang lain, karena tidak ada kemeja lain. Bagaimana dengan pakaian kerja anda?(ir/wp)

Iklan

3 responses to “Pekerja Berseragam

  1. Pakaian Kerja saya sudah seragam walaupun yg diberikan kantor baru sampai 3 hari..
    Senin, Selasa, Rabu, Kamis n jum’at nyari sendiri

  2. Seragamnya dipake Sabtu, Minggu ?? Waktu kerjanya 24×7 ??

  3. wah kalo di tpt saya kagak ada boz. kecuali utk bagian tertentu (kasir/security). paling kalo jumat pake batik itu pun ga seragam juga 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s