Keong Mas

Keong MasKeong Mas sebenarnya adalah binatang pengganggu bagi tanaman padi. Binatang ini sejenis siput yang hidup di sawah. Biasanya muncul ketika usia padi masih beberapa minggu. Pada masa ini, padi sangat rentan gangguan. Petani seringnya membersihkan gulma berbekal 2 kantung, kantung pertama berisi gulma dan sampah untuk dibuang di kantong lain tersimpan keong.

Keong Mas mempunyai banyak nama, beberapa daerah menyebut sebagai Keong Sawah, Tutut Nenek, Tutut Monyong, Koul Nenek, Koul Monyong, Keong Nenek. Di kampung Saya dikenal sebagai Koul (dibaca seperti kata soul) saja.

Ukurannya bervariasi dari yang kecil seukuran biji kelereng hingga sebesar bola pinpong. Yang ukuran besar biasanya dimasak dengan di sate. Sedang yang ukuran kecil dimasak dengan kuah berbumbu dan sedikit santan. Rasanya? kenyal dan seru. Seru, karena untuk memakannya perlu usaha ekstra. Daging keong disedot (di-slurup) hingga terlepas dari cangkang yang telah dilubangi bagian belakangnya. Konon daging keong ini juga bergizi tinggi dan dapat dijadikan obat.(ir/wp)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s