Pojok Kampung Dan Bandar Jakarta

Untuk anda yang tinggal di Surabaya dan sekitar Jawa Timur, tentu sudah familiar dengan ‘Pojok Kampung’. Pojok Kampung adalah tayangan berita yang disiarkan setiap hari di stasiun tv lokal JTV di bawah bendera Jawa Pos News Networks (JPNN) . Yang unik dari Pojok Kampung adalah bahasa pengantar yang digunakan menggunakan logat surabaya atau ‘suroboyoan’. Meski kadang mengandung kata kata kasar, misalnya janc*k, modhar, menonton berita dengan gaya suroboyoan sangat menarik.

Jika di Surabaya ada Pojok Kampung, maka di Jakarta juga ada acara serupa. Stasiun tv lokal Jak-TV menyiarkan ‘Bandar Jakarta’ setiap hari jam 21.30. Seperti halnya Pojok Kampung, Bandar Jakarta juga menggunakan bahasa pengantar betawi. Tidak hanya bahasa , pembaca beritanya juga berbusana betawi. Selain itu, setiap menjelang jeda selalu di akhiri dengan pantun. Sangat khas betawi. Di akhir tayangan ada ulasan mengenai kosakata dalam bahasa betawi.

Bandar Jakarta muncul hampir bersamaan dengan masuknya Jawa Pos ke Jak-TV, mungkin local news menjadi strategi JPNN untuk menarik pemirsa Jakarta. Terlepas dari strategi bisnis, muatan lokal memang seharusnya mendapat porsi lebih banyak.

Hampir semua kota besar di Indonesia sudah memiliki stasiun tv lokal. Saat ini tercatat sudah ada 21 stasiun tv lokal yang tergabung dalam jaringan City TV Network (CTV). Sedangkan tv lokal yang tergabung ke Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATLI) sebanyak 28 stasiun. Wikipedia mencatat ada hampir seratus tv lokal , di luar siaran TVRI daerah.

Kehadiran tv lokal dapat mengangkat kembali budaya lokal yang tidak tersentuh oleh jaringan tv nasional . Tv lokal juga dapat mengenalkan budaya lokal ke anak anak, karena muatan lokal di kurikulum pendidikan lebih banyak diisi oleh ‘muatan lokal tapi rasa global’.(ir/wp)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s