Hati Hati Dengan Kredit Anda

Bagaimana anda membayar tagihan kartu kredit anda? Apakah selalu tepat waktu atau lebih sering telat bayar? Jika selama ini anda sering telat bayar, sebaik anda mulai hati hati. Saat ini bank sudah memiliki sistem yang mencatat sejarah cicilan setiap kredit/hutang.

Bank Indonesia melalui Biro Informasi Kredit menghimpun seluruh data kredit yang tersebar di berbagai lembaga keuangan menjadi sebuah pusat informasi kredit. Lembaga keuangan yang menjadi anggota BIK adalah seluruh bank (bank umum, syariah, bpr), lembaga pembiayaan dan penerbit kartu kredit.

Data kredit, seperti lembaga pemberi kredit, jumlah kredit, tunggakan, tersedia secara online dan realtime. Saat ini data data ini hanya bisa diakses oleh bank dan lembaga keuangan peserta SID (sistem informasi debitur). Tapi masyarakat dapat memeriksa kebenaran data kreditnya dengan datang langsung ke counter BIK di Gerai Info BI, lobi Menara Sjafruddin Prawiranegara, jl MH Thamrin no 2 Jakarta.

Untuk itu, jaga selalu reputasi kredit anda dengan membayar cicilan tepat waktu. Dan ingat, riwayat kredit anda dapat diakses oleh seluruh lebaga pemberi kredit. Jadi, Jangan sampai keinginan untuk memiliki rumah/mobil gagal melewati proses bi checking hanya karena pernah menunggak kartu kredit. Disadur bebas dari program edukasi masyarakat Bank Indonesia.(ir/wp)

Artikel lain:
Pemerintah Hanya Menjamin 100 Juta Dana Masyarakat

Iklan

One response to “Hati Hati Dengan Kredit Anda

  1. Ini yang repot. Kalo nunggak masuk black list, tapi kalo bayar tepat waktu ndak ada kompensasi. Seandainya kalo kita bayar tepat waktu terus dikasih belanja gratis sepuasnya, pasti ndak bakalan ada lagi istilah nunggak di Indonesia 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s