Memilih Taman Kanak Kanak

Menentukan taman kanak kanak (tk) yang baik untuk anak bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan. Ada banyak faktor yang harus menjadi perhatian. Misalnya jarak sekolah ke rumah. Utamakan memilih sekolah yang mudah dijangkau dari rumah, radius 5km atau waktu tempuh 30mnt masih bisa ditoleransi. Jika sekolah berjarak terlalu jauh dari rumah, anak hanya akan kelelahan menempuh perjalanan.

Sesuaikan waktu belajar sekolah dengan irama/ritme biologis anak. TK adalah masa transisi anak dari kehidupan rumah ke kehidupan sekolah formal di SD. Meskipun berniat mengenalkan disiplin tapi memaksa anak bersekolah jam 7 kepada anak yang terbiasa bangun jam 9 hanya akan membuatnya malas malasan di sekolah. Sekolah yang terlalu siang juga sebaiknya dihindari jika anak memiliki kebiasan tidur siang.

Untuk mendapatkan informasi yang sebanyak banyaknya, tanyakan kepada tetangga, kerabat mengenai sekolah terbaik disekitar rumah. Jangan lupa gunakan google untuk mencari informasi. Beberapa sekolah sudah memiliki website atau blog. Jika sudah mendapatkan kontak sekolah, lakukan kunjungan jangan percaya sepenuhnya dengan informasi yang sudah didapat .

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke calon sekolah. Perhatikan lingkungan sekolah, apakah cukup bersih dan aman untuk bermain anak anak. Apakah halaman cukup luas untuk anak anak berlarian, bagaimana dengan permainan perosotan, ayunan dan permainan fisik/motorik lain. Apakah sekolah menyediakan ekstrakurikuler untuk anak mengembangkan minatnya yang lain, misalnya kesenian, olahraga atau sains.

Perbandingan jumlah murid dan jumlah guru juga menjadi perhatian. Idealnya 10 murid diasuh oleh seorang guru. Jika jumlah murid terlalu banyak, guru akan kewalahan dan anak anak bisa diluar kontrol. Guru sebaiknya berpengalaman mendidik, sabar dan menyayangi anak anak. Guru lulusan D3 pgtk atau S1 kependidikan (S.pd) jauh lebih baik daripada yang bergelar Magister Pemasaran.

Cobalah untuk mengobrol dengan orang tua/pengantar dari anak anak yang sudah sekolah di sana. Apakah mereka cukup puas dengan sekolah itu. Kalau perlu lakukan juga wawancara dengan pengelola sekolah , kepala sekolah atau guru. Tanyakan mengenai metode belajar yang diterapkan. Konsultasikan juga tentang usia masuk dan kemudahan untuk mendapat kursi di tingkat berikutnya/sd. Beberapa sekolah mengharuskan anak berusia lebih dari 4tahun, karena mengikuti aturan diknas yang mewajibkan anak berusia setidaknya 6 tahun untuk masuk sekolah di SD negeri. Dan jangan lupa tanyakan mengenai biaya , apakah ada keringanan jika ada saudara yang sekolah di tempat yang sama, meski berbeda tingkat.

Perhatikan juga media komunikasi orangtua dengan sekolah, karena orang tua harus selalu mendapat laporan atas kegiatan anaknya. Apakah sekolah menyediakan buku penghubung yang dikirim rutin tiap hari atau minggu. Ada juga sekolah yang menyediakan waktu khusus sabtu/minggu untuk orangtua yang ingin berkunjung dan berkonsultasi dengan sekolah.

Jika sekolah membuka program trial, ajaklah anak untuk bergabung dan lihat bagaimana reaksinya. Kalau anak suka dan kelihatan senang, pilihan bisa dijatuhkan. Sebelum menjatuhkan pilihan pastikan satu hal, bahwa yang akan bersekolah adalah anak bukan orang tua(ir/wp)

Iklan

3 responses to “Memilih Taman Kanak Kanak

  1. Ping-balik: TK Di Sekitar Serua, Pondok Petir, Pamulang Timur « Taman Serua Sawangan

  2. contoh buku penghubung yang baik dan effektif seperti apa?

  3. Buku penghubung berfungsi untuk media komunikasi orangtua dengan sekolah. Sekolah bisa menyampaikan perkembangan anak kepada orang tua melalui buku ini.
    Informasi mengenai jenis kegiatan, antusiasme anak, komentar dari guru dan feedback yang diharapkan dari orangtua rasanya sudah cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s