DDS vs LTO

Media penyimpan tape masih banyak digunakan. Terutama untuk media penyimpanan backup database. Media tape digunakan karena lebih handal dibanding dengan media disk atau CD/DVD. Selain itu, kapasitas yang besar juga membuat tape menjadi pilihan utama. Terdapat 2 format media simpan dengan tape yaitu DDS dan LTO.

LTO vs DDSDigital Data Storage (DDS) mengambil format yang sama dengan Digital Audio Tape (DAT) yang dulu digunakan stasiun radio untuk menyimpan koleksi lagu. Format ini dikembangkan oleh Sony dan HP, itu sebabnya di pasar hanya tersedia drive dan cartridge dari merek Sony dan HP. DDS telah berkembang dari DDS1 (1,3 GB), DDS2 (4 GB), DDS3 (12 GB), DDS4 (20 GB). Selanjutnya HP mengembangkan DAT72 (36 GB) dan DAT160 (80 GB).

Linear Tape Open (LTO) merupakan format terbuka yang kenalkan oleh Seagate, HP dan IBM. LTO dikembangkan setelah generasi DDS dan dimaksudkan sebagai pengganti format DDS untuk menangani kapasitas yang lebih besar. LTO telah berkembang dari LTO1 (100 GB), LTO2 (200 GB), LTO3 (400 GB), LTO4 (800 GB).

Jika masih bingung akan menggunakan DDS atau LTO, HP menyediakan alat untuk membantu pemilihan produk tape. Anda sendiri membackup ke media apa?(ir/wp)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s