Virtualisasi

Virtualisasi barangkali adalah buzz-word paling populer di tahun 2008. Gartner memprediksi, virtualisasi akan menjadi teknologi yang banyak diambil dalam rencana strategis perusahaan di tahun 2009.

Konsolidasi server di datacenter menjadi alasan utama virtualisasi. Biaya listrik yang mahal untuk catudaya dan pendinginan mengakibatkan pengelolaan banyak server menjadi tidak murah. Virtualisasi memudahkan deploy-and-destroy untuk keperluan pengujian dan pengembangan aplikasi. Virtualisasi juga menawarkan pengelolaan DRC yang mudah.

Jika ingin mencoba merasakan virtualisasi, di pasar tersedia banyak software yang free ataupun yang opensource. Vendor virtualisasi paling populer, VMware, menyediakan VMware Server 2. Microsoft juga mempunya produk Virtual Server 2005. Sun tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan produk VirtualBox. Atau jika ingin mencoba lebih lanjut model bare metal yang os independent, sehingga dapat dijalankan tanpa menginstal dulu sistem operasi. Misalnya dengan VMware ESXi, Microsoft Hyper-V Server 2008, atau proyek Xen yang didukung oleh Citrix.

Bingung memilih teknologi virtualisasi, di wikipedia ada artikel yang membandingkan teknologi virtualisasi yang ada. Di Techrepublic juga ada artikel yang membandingkan beberapa vendor virtualisasi .

Dulu, tahun 2002-an, saya menggunakan vmware untuk membangun aplikasi yang akan dihosting di server Windows NT. Karena tidak memiliki server NT, akhirnya saya menginstall NT di atas Windows 2000 pro dengan vmware. Sekarang, sebuah VMware Server ada di test-bed untuk dicoba kemampuannya dengan lingkungan di kantor. Tapi untuk beralih sepenuhnya ke virtualisasi, saya masih ragu ragu. Apakah anda sudah mengimplementasi virtualisasi? (ir/wp)

Iklan

2 responses to “Virtualisasi

  1. Ping-balik: Waktu Yang Selalu Salah di Guest OS « Indra Riawan

  2. Ping-balik: Pendinginan Datacenter « Indra Riawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s