Imelku Dijual Moderator

Belum genap seminggu bergabung dengan sebuah milis, email address saya sudah dijual moderator milis. Alih alih mendapat knowledge sharing, seperti yang tertulis di deskripsi milis, alamat imel saya malah di ubar ke ratusan pengguna lain.

yahooGroups seharga USD 500Terlepas dari apakah program dari kapanLagi.com ini adalah scam atau bukan, tindakan moderator sangatlah di luar etika. Moderator yang seharusnya menjaga data anggotanya malah mengumbar alamat imel anggota tanpa ijin terlebih dahulu demi uang 5 juta rupiah.

Masalahnya, saya tidak pernah menemukan kontrak perjanjian (term of service, TOS) antara anggota dan moderator atau owner milis. Yang ada adalah TOS antara pengguna dengan pemilik layanan, misalnya yahooGroups atau googleGroup. Rasanya sudah saatnya ada sebuah kontrak perjanjian (TOS) antara anggota dan moderator atau owner yang mencakup hal hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh kedua belah pihak, termasuk sanksi bagi pelanggarnya.

Mulai sekarang saya akan lebih berhati hati lagi sebelum bergabung dengan sebuah milis. Apakah anda pernah menjadi korban scam? (ir/wp)

6 responses to “Imelku Dijual Moderator

  1. Keliatannya sih nguntungin tapi malah mbuntungin…

  2. Saya juga pernah mengalami kaya gini nih … nybelin abis 😦

  3. saya juga pernah, pelaku yang sama di milis yang berbeda.

    kayaknya 5ibedu in jadi moderator dibeberapa milis deh…

  4. Kayaknya emang musti ada TOS antara anggota milis dengan moderator, ya.

  5. Iya kayaknya, untung aku belum pernah dikerjain ama dia.

  6. kalau memang kejadiannya seperti itu, tuntut saja moderatornya. Hal seperti itu sangat tidak etis.

Tinggalkan Balasan

