Akhirnya Ke Facebook

Setelah lama mengabaikan ajakan teman teman, akhirnya awal bulan Desember saya bergabung juga dengan Facebook. Dulu, waktu awal perkembangannya FB sangat susah diakses sehingga saya lebih memilih Friendster. Tapi sekarang, akses ke Friendster lambat sekali bahkan sering gagal login.

Setelah beberapa minggu menggunakan FB, ada beberapa yang saya sukai dari layanan ini. Akses ke FB dan menunya lebih responsif (menggunakan ajax?). Pengguna lebih banyak, jaringan saya di Friendster ada 70 jaring sejak 2004, sedangkan dengan FB bisa menghubungkan dengan 105 teman kurang dari sebulan. FB menyediakan update dari setiap jaringan, misalnya ganti no hp, pindah alamat rumah, tambah teman bahkan tersedia rss-nya. FB memungkinkan untuk suggest a friend, sehingga memudahkan untuk memperbesar jaringan.

Sayangnya, hampir situs jejaring tidak memungkinkan proses import dari jaringan lain. Ketika saya berpindah dari FS ke FB, saya harus mencari teman teman satu per satu. Andaikan saya bisa meng-ekspor jaringan saya di FS dan mengimpornya di FB tentu akan lebih mudah. Padahal sudah ada xml, atau memang belum ada standar terbuka untuk situs pertemanan?

Media online, entah itu blog atau situs jejaring, merupakan salah satu usaha agar lebih searchable. Dengan semakin mudah ditemukan di internet, semakin mudah orang mengenali saya. Atau dengan kata lain, ini merupakan cara untuk menjual diri. Selain itu, dengan blog dan situs jejaring dapat menjalin hubungan, baik bisnis maupun pribadi. Saya berhasil menghubungi teman sma setelah terpisah tanpa kabar selama 12 tahun berkat Friendster.

Untuk menjaga keamanan ketika sudah tersambung dengan jaringan manapun, saya sengaja tidak menulis informasi dengan detil. Teman teman dekat tentu sudah paham betul siapa saya. Saya sengaja membatasi diri untuk menggunakan layanan ini tidak lebih dari sejam sehari, untuk menghindari kecanduan.

Profil jaringan saya bisa dilihat di Friendster, LinkedIn dan Facebook. Do you connected?(ir/wp)

Iklan

One response to “Akhirnya Ke Facebook

  1. blog’e tak link yo mas indra..:d..[tusti]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s