Waktu Yang Selalu Salah di Guest OS

Masalah yang sering muncul ketika menggunakan mesin virtual adalah waktu. Seringkali mesin menunjukkan waktu yang berbeda dengan yang seharusnya. Meskipun sudah kita coba untuk kembalikan ke jam yang sesuai, tetap saja beberapa hari kemudian menunjuk ke waktu yang salah.

Masalah ini disebabkan oleh clock yang digunakan mesin virtual bukanlah clock yang dihasilkan oleh rtc (real time clock). Pada mesin virtual, segala bentuk hardware diemulasikan oleh software. Sehingga, sinyal clock yang didapat oleh guest os bukanlah sinyal clock yang dihasilkan oleh crystal rtc.

Ada beberapa solusi untuk masalah ini. Pertama, dengan membuat sebuah layanan time server (ntp) di jaringan kita. Penunjuk waktu seluruh komputer, termasuk mesin mesin virtual, diarahkan ke server ini. Dan server ini disinkronisasi ke time server global yang tersedia bebas di internet.

VMware
vmwaretools-winJika menggunakan vmware, tersedia vmware tool yang salah satu fungsinya untuk mensikronisasi penunjuk waktu di mesin guest dengan waktu di mesin host. Tool ini dapat diakses dari menu VM -> Install VMware Tools pada Server Console. Selanjutnya paket akan di mounting ke cdrom. Paket installer nya disesuaikan dengan guest os.

Setelah pilihan Time Synchronization diaktifkan, guest akan selalu mengambil waktu host sebagai referensi. Jika guest tidak mengunakan tampilan gui, cukup edit file konfigurasi guest os (.vmx). Tambahkan entri ini:
toolScripts.afterPowerOn = "TRUE"
toolScripts.afterResume = "TRUE"
tools.syncTime = "TRUE"

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s