Keamanan Mesin ATM

Antara pagi ini melaporkan, tingginya angka kejahatan di atm. Kejahatan yang terjadipun bermacam macam, dari sekedar tipu tipu berhadiah, ‘menelan’ kartu, penggandaan kartu atm, hingga pembobolan mesin atm. Kerugian yang ada mencapai puluhan juta bahkan sampai milyaran, jika pembobol membawa serta kabur mesin atm.

Dua minggu lalu SANS, melaporkan permasalahan yang hampir sama. Di sana disebutkan, mesin atm berpontensi menjadi korban malware. Seseorang bisa saja memasang program backdoor dan mengeluarkan semua dari mesin atm dengan program itu. Karena ternyata hampir semua mesin atm berbasis Windows XP.

Beberapa tahun yang lalu Slashdot juga membahas hal yang mirip. Seorang peneliti dari New York berhasil mendapatkan default password untuk membuka mesin atm hanya dengan bantuan Google. Dan yang dikawatirkan adalah, banyak mesin atm yang tidak dirubah default password pada saat deployment.

Sebagai perangkat ti, mesin atm tetap harus mendapat pengamanan yang sama dengan perangkat ti yang lain. Misalnya pengamanan secara fisik, sistem operasi, aplikasi dan jaringan data. Pengamanan fisik misalnya dengan melengkapi akses dengan password yang rumit, mengganti password default. Pengamanan pada sistem operasi misalnya dengan patching, memasang antivirus. Aplikasi yang tertanam di mesin atm juga sudah harus bug-free untuk memastikan tidak ada nya lubang/celah keamanan. Patching pada sistem operasi dan aplikasi wajib rutin dilakukan untuk menghindari virus, trojan dan malware yang sering memanfaatkan kelemahan sistem. Pengamanan di jaringan bisa dlakukan dengan firewall, membatasi akses dengan access control.

Pengamanan juga harus dilakukan oleh pengguna atm dengan menyimpan pin dan tetap waspada pada saat berada di atm. Apakah Anda pernah menjadi korban penipuan melalui atm?(ir/wp)

Iklan

2 responses to “Keamanan Mesin ATM

  1. Ping-balik: Tips Bertransaksi Aman Di ATM « Indra Riawan

  2. pernah.. hehe kehilangan saldo rekening tanpa transaksi apa pun. saya sangat tertarik dengan password default mesin atm.. mohon penjelasan lebih lanjut..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s