Tips Bertransaksi Aman Di ATM

Aksi pembobolan ATM yang marak diberitakan minggu minggu ini tentu membuat kita, para pengguna ATM, menjadi was was. Kejahatan ATM yang muncul belakangan ini diindikasikan sebagai penggadaan kartu. Pembobolan dengan kartu duplikat bisa terjadi jika kartu berhasil digandakan dan pin untuk kartu berhasil didapatkan.

Berikut beberapa tips agar aman selama bertransaksi di ATM.

  1. Datang ke ATM yang anda yakin aman, insting dan naluri alamiah bisa memberikan sinyal yang kuat apakah ATM ini aman atau berbahaya.
  2. Pada saat tiba di atm, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa sekeliling mesin guna memastikan tidak ada yang mencurigakan, misalnya kamera tersembunyi atau alat pengganda kartu (skimmer). Batalkan transaksi jika anda merasa tidak aman atau menemukan kejanggalan di sana.
  3. Pastikan tidak ada orang yang dapat melihat kearah keypad ketika Anda memasukkan pin. Beberapa atm sudah dilengkapi penutup, tapi anda juga bisa menutupnya sendiri dengan tangan yang lain. Tambahan dari saya, gunakan jari jempol untuk menekan keypad dengan tetap memposisikan jari yang lain di keypad. Jadi seolah2 anda menekan dengan telunjuk tapi sebenarnya pin dimasukkan oleh jempol.
  4. Jika anda gagal login dan mengakibatkan kartu tertelan, tetap tenang dan jangan panik segera telp ke callcenter. Ada baiknya menyimpan nomor telp callcenter di phonebook, Jangan mudah percaya dengan nomor telp yang tertempel di ATM. Banyak penipuan yang memanfaatkan kelengahan nasabah dengan memasang callcenter palsu.
  5. Jika transaksi telah dilakukan, pastikan uang, kartu dan slip sudah diambil sebelum meninggalkan atm. Beberapa atm lampunya akan berkedip dan mengeluarkan suara jika transaksi sudah selesai tapi kartu masih menempel. ATM lain bahkan menarik kembali dan menelan kartu yang tidak diambil dalam rentang waktu tertentu.
  6. Untuk keamanan, pastikan mengganti pin secara teratur. Meski kartu berhasil digandakan kartu tidak akan dapat digunakan jika pin yang digunakan salah.

Semoga tips ini bermanfaat untuk kita aman bertransaksi di ATM. Disadur secara bebas dari GASA (Global ATM Security Alliance)(ir/wp)

Terkait:
Pembobolan Mesin ATM.
Kemanan Mesin ATM.

4 responses to “Tips Bertransaksi Aman Di ATM

  1. Ping-balik: Pembobolan ATM « Indra Riawan

  2. hindari bertransaksi di atm yg sepi karena kesempatan untuk melakukan modifikasi atau mengerjai mesin atm lebih besar karena kurangnya pengawasan atau penjagaan.
    lebih baik bertransaksi di atm dekat kantor bank atau mall yg ramai..

  3. Betul. Di luar negeri kasus kasus seperti ini justru banyak terjadi di kota kota kecil yang mesin atm-nya jarang di periksa.

  4. tips manfaat sekali untuk di share, makasih pak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s