Pendinginan Datacenter

Saya sering mendapat pertanyaan seperti ini, kenapa ruang datacenter dingin sekali? Masih ada sebagian anggapan yang salah soal pendinginan datacenter. Prinsip yang harus dipegang adalah menjaga perangkat datacenter bekerja optimal dengan memantau agar tidak terlalu panas. Sehingga pendinginan seharusnya dilakukan langsung terhadap perangkat yang tersimpan, bukan di ruangan datacenter.

Proses pendinginan dengan pendekatan tradisional dilakukan secara menyeluruh ke ruangan datacenter. Fan fan dari mesin pendingin (chiller) di arahkan secara merata ke semua penjuru ruangan. Akibatnya, ruang data center menjadi sangat dingin. Bahkan di sudut ruangan yang tidak ditempati oleh perangkat. Dengan cara ini energi untuk pendinginan akan habis untuk mendinginkan sudut ruang yang kosong.

Pada perkembangan selanjutnya, dikenalkan sebuah konsep yaitu, Hot-Cold Aisle. Hot-Cold Aisle adalah metode untuk mendesain rak dalam datacenter dengan mengatur arah aliran udara. Rak di simpan dengan sedemikian rupa sehingga aliran udara dingin masuk ke datacenter, melewati tumpukan perangkat di rak lalu berganti menjadi udara panas yang di bawa ke luar ruangan.

Ilustrasi Hot-Cold Aisle (42U.com)Rak diatur dalam satu barisan saling berhadapan. Pada barisan berikutnya, rak diatur saling membelakangi. Jadi, dalam satu lorong kita hanya akan menemukan pintu depan rak, dan dilorong berikutnya kita akan bertemu dengan pintu belakang rak.

Dari depan ke belakang
Perangkat datacenter umumnya telah dilengkapi dengan fan pendingin yang mengalirkan udara dari bagian depan ke belakang. Dengan mengatur rak saling berhadapan (atau membelakangi), fan akan mengisap udara dingin dari lorong pintu depan (cold aisle) masuk ke perangkat. Udara panas dari perangkat dikeluarkan ke lorong pintu belakang (hot aisle).

Dari bawah ke atas
Udara dingin dari chiller dialirkan di bawah raised floor dan dikeluarkan melalui lantai yang berlubang (perforated raised-floor). Udara panas dari sisi belakang rak lalu disedot oleh fan yang di letakkan di bagian atas untuk di buang ke luar ruangan atau di bawa kembali ke chiller.

Di negara yang mengalami 4 musim, udara panas dari datacenter dialirkan ke sistem penghangat ruangan pada musim dingin. Sehingga beban mesin penghangat dapat berkurang, bahkan tidak digunakan sama sekali.

Dengan konsep pengaturan aliran udara diharapkan penggunaan energi untuk penginginan dapat dikurangi, karena udara dingin langsung dialirkan ke rak. Udara panas dari perangkat juga dikeluarkan sehingga proses menjadi optimal.(ir/wp)

Artikel lain:
Memilih lokasi datacenter yang ideal.
Datacenter untuk pemerintah.
Disaster recovery plan.
Virtualisasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s